Follow Up Konsumen Penting Dilakukan Dalam Bisnis, Yuk Kenali Manfaatnya!

-

Follow up menjadi salah satu cara yang kerap dilakukan perusahaan guna membangun kedekatan dengan pihak konsumen. Tujuannya jelas, hal ini dilakukan agar bisnis tetap berjalan dan mampu mencapai target penjualan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Secara harfiah, follow up berasal dari Bahasa Inggris yang artinya adalah tindak lanjut. Dalam kehidupan sehari-hari, kata follow up kerap kita gunakan saat berkomunikasi dengan orang lain. Lantas, dalam dunia bisnis, apa yang dimaksud dengan follow up konsumen?

Dikutip pranataprinting, follow up merupakan tindak lanjut yang dilakukan oleh pebisnis kepada konsumen, dengan memberikan sebuah informasi, baik itu tentang produk maupun bisnis. Biasanya, dari proses follow up inilah memungkinkan terjadinya sebuah keputusan pembelian dari seorang konsumen.

Baca juga: Keputusan Pembelian, Berikut beberapa Faktor yang Mempengaruhinya

Oleh karena itulah, ada baiknya jika follow up kepada konsumen dilakukan secara berulang-ulang. Namun tentunya, proses ini harus dilakukan dengan jadwal yang terstruktur ya! Jangan lakukan follow up kepada satu konsumen setiap hari. Karena, alih-alih ingin mencapai closing penjualan, dengan begitu Anda malah mengganggu kehidupan kesehariannya. Hal ini bisa membuat citra buruk bisnis Anda di mata banyak konsumen.

Lantas, apa saja manfaat lainnya yang bisa diambil dari melakukan follow up kepada konsumen? Seperti yang dikutip dari beberapa sumber, berikut ulasannya.

Follow Up : Memberikan Informasi Produk Kepada Konsumen

source : voice link

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dengan melakukan follow up adalah, konsumen akan terinformasi secara lengkap tentang produk yang Anda jual. Ini juga bisa dilakukan saat Anda hendak meluncurkan produk baru. Setidaknya, ada 4 media yang bisa digunakan untuk melakukan follow up, mulai dar email, media sosial, telepon langsung atau bahkan SMS.

Baca juga: 7 Trik Memanfaatkan Media Sosial untuk Tingkatkan Penjualan

Selain itu follow up sangat penting dilakukan setelah Anda melakukan penawaran sebelumnya. Perlu Anda ketahui, banyak pertimbangan yang mendasari seorang konsumen untuk melakukan pembelian, salah satunya adalah hadirnya produk kompetitor.

Untuk itu, disinilah peran pentingnya follow up kepada konsumen, yakni meyakinkan dia tentang produk yang Anda miliki. Karena mungkin saja, konsumen akan membeli produk Anda setelah Anda lakukan follow up kepadanya.

Meningkatkan Penjualan dan Keuntungan

source : connects group

Satu hal yang akan terjadi, jika konsumen merasa yakin terhadap produk atau jasa Anda, yakni pembelian. Seperti dikutip komerce, tujuan utama dari melakukan follow up adalah untuk meningkatkan nilai penjualan produk, sehingga dapat meningkatkan pemasukan atau keuntungan bagi perusahaan.

Mendapatkan Ulasan atau Feedback Tentang Produk dari Konsumen

source : kubik leadership

Sah-sah saja melakukan follow up setelah terjadinya transaksi penjualan. Karena dengan begitu, Anda akan mendapatkan ulasan atau feedback tentang produk yang Anda jual dan digunakan oleh konsumen. Pasalnya, tidak sedikit manfaat yang Anda dapatkan dengan mengetahui ulasan atau feedback dari konsumen tersebut.

Dikutip laman KAWN, setidaknya ada 5 manfaat ulasan atau feedback pelanggan terhadap perkembangan bisnis:

  1. Dapat meningkatkan kualitas produk dan layanan.
  2. Mengukur kepuasan konsumen.
  3. Membangun citra positif terhadap bisnis atau produk Anda.
  4. Sumber informasi yang bisa diandalkan konsumen baru.
  5. Feedback konsumen bisa memberi Anda data yang bisa membantu keputusan bisnis.

Terjadinya Repeat Order

source : lakuuu

Melakukan follow up kepada konsumen yang sudah pernah membeli produk atau jasa Anda mungkin terkesan seperti membuang-buang waktu. Akan tetapi, sebenarnya itu merupakan kunci agar terjadinya penjualan di masa yang akan datang, atau yang biasa dikenal dengan repeat order.

Baca juga: 7+ Cara Jitu Meningkatkan Repeat Order

Kuncinya, lakukan follow up secara rutin dengan konsumen, baik sebelum atau sesudah terjadinya pembelian. Namun, ada baiknya jika Anda memberikan promo atau diskon pada pembelian selanjutnya. Karena dengan begitu, bukan tidak mungkin konsumen akan membeli produk Anda lebih banyak lagi.

Baca juga: Terapkan 5 Jenis Diskon ini, Dijamin Konsumen Bakal Happy

Membangun Hubungan Bisnis Jangka Panjang dengan Konsumen

source : teman bisnis

Terakhir, follow up mampu membangun hubungan baik antara bisnis Anda dengan konsumen yang bisa saja berlangsung cukup panjang. Lakukan follow up secara berkala, agar Anda dapat memahami kebutuhannya dan memberi Anda ide dalam hal peningkatan atau inovasi produk.

Baca juga: Inovasi Produk dan Pemanfaatannya Dalam Berbisnis

Pasalnya, saat hubungan Anda dan konsumen sudah terjalin dengan baik, Anda akan memiliki kesempatan untuk menawarkan lebih banyak produk maupun layanan kepada konsumen. Jalin hubungan baik kepada semua konsumen, baik konsumen yang sudah loyal maupun konsumen baru.

Hubungan baik yang sudah terbentuk ini kemudian akan berguna sebagai dasar terjalinnya hubungan bisnis dalam jangka waktu yang panjang. Sehingga, saat konsumen ingin membeli produk, dia tidak lagi ragu untuk langsung menghubungi Anda.

KawanKAWN, baru saja kita ulas tentang manfaat follow up dalam berbisnis. Namun, jika Anda memiliki opini lainnya, jangan sungkan-sungkan untuk tulis di kolom komentar ya! Kami tunggu.