Giveaway, Kenali Jenis dan Cara Membuatnya

-

Giveaway menjadi salah satu strategi promosi yang saat ini begitu populer dan banyak dilakukan oleh para pebisnis. Giveaway merupakan strategi promosi berupa kuis berhadiah guna meningkatkan brand awareness. Akan tetapi, giveaway mensyaratkan sesuatu kepada pengikut jika mereka ingin ikut serta.

Baca juga: 7 Trik Memanfaatkan Media Sosial untuk Tingkatkan Penjualan

Sejatinya, ada 2 jenis giveaway yang biasa dilakukan saat ini. Melansir, qwords.com, berikut jenis-jenis giveaway yang perlu Anda ketahui.

Self Giveaway

Perlu kita ketahui, banyak hal yang perlu disiapkan saat Anda ingin menjalankan giveaway, mulai dari menentukan periode, menyiapkan hadiah, menentukan hashtag serta membuat syarat dan ketentuan. Nah, pada giveaway jenis ini, pebisnis akan melakukannya semuanya itu secara mandiri. Artinya tidak ada pihak ketiga yang membantu berlangsungnya program giveaway.

Biasanya, self giveaway dilakukan oleh pebisnis yang memang sudah berpengalaman dan memiliki banyak pengikut. Dengan begitu, tujuan dari self giveaway biasanya agar engagement bisnis Anda tetap terbangun. Tak heran, jika giveaway ini memberlakukan banyak syarat dan ketentuan yang wajib diikuti oleh calon peserta.

Berbeda dengan self giveaway, biasanya giveaway jenis ini dilakukan bagi pebisnis yang belum pernah atau memiliki pengalaman dalam mengadakan giveaway. Atau, bagi mereka yang memiliki banyak budget dan tidak mau repot untuk menjalankan semuanya.

Baca juga: Pentingnya Influencer Dalam Perkembangan Bisnis Online Shop

Sponsored giveaway adalah giveaway yang diselenggarakan oleh pihak ketiga atau yang biasa disebut dengan host. Seluruh kegiatan giveaway, mulai dari giveaway announcing hingga pemberian hadiah pemenang dijalankan oleh host. Untuk itu, Anda sebagai pemakai jasanya diwajibkan membayar biaya jasa yang sudah disepakati sebelumnya.

Baca juga: Agar Tidak Salah Pilih, Ketahui Jenis-Jenis Influencer yang Cocok untuk Bisnis Anda

Sponsored giveaway cocok dilakukan bagi pebisnis yang ingin meningkatkan brand awareness dan menjaring banyak pengikut. Untuk itu, dalam menjalankan giveaway ini tidak banyak syarat dan ketentuan yang berlaku, hanya saja satu syarat yang wajib untuk dilakukan, yakni seorang peserta wajib mem-follow akun media sosial bisnis Anda.

Pemanfaatan giveaway terhadap bisnis pun cukup beragam. Selain meningkatkan brand awareness, giveaway juga bisa menjadi media untuk menjaring banyak leads, membangun engagement dengan pengikut serta menjadi ajang promosi yang mudah dilakukan dan minim budget.

Baca juga: 5 Cara Melakukan Promosi Online untuk Bisnis F&B

Setelah mengetahui manfaat giveaway terhadap bisnis, Anda sebagai pebisnis pun langsung tertarik untuk menjalankannya juga bukan? Akan tetapi bingung untuk memulainya dari mana, serta elemen apa saja yang harus ada saat menjalankan giveaway.

Untuk itu, Anda tidak perlu khawatir. Pada kesempatan kali ini, KAWN coba mengulas beberapa cara untuk membuat giveaway yang menarik. Melansir ekrut.com, berikut yang dapat Anda lakukan saat menggelar giveaway.

Ketahui Tujuan Anda Mengadakan Giveaway

source : google image

Apa tujuan Anda saat ingin menggelar giveaway? Apakah ingin menambah pengikut, menjaring lebih banyak leads atau hanya ingin membangun engagement dengan followers. Menentukan tujuan giveaway sangatlah penting saat Anda ingin menggelar sebuah giveaway. Karena, saat Anda sudah menentukan tujuan, barulah Anda bisa melanjutkan action yang tepat untuk dijalankan, seperti menentukan konsep giveaway serta term and condition.

Baca juga: Database Pelanggan, Kenali Pentingnya untuk Bisnis Anda

Siapkan Hadiah yang Sesuai

source : google image

Selanjutnya, tentukan hadiah yang ingin Anda berikan. Namun, dalam menentukan hadiah Anda tidak boleh asal-asalan, karena ini sangat berkaitan dengan poin pertama.

Jika tujuan Anda ingin meningkatkan brand awareness, tentunya hadiah yang tepat adalah produk Anda sendiri. Dengan begitu, sang pemenang giveaway akan merasakan brand experience saat menggunakan produk Anda.

Baca juga: Bukan Asal Gimmick Saja, Apa Itu Brand Experience?

Buat Syarat dan Ketentuan yang Tepat

source : google image

Setelah Anda menentukan tujuan dan hadiah, selanjutnya, penting bagi Anda untuk menyusun syarat dan ketentuan. Karena tentunya, dengan syarat dan ketentuan yang Anda terapkan bisa menghasilkan tujuan dari giveaway yang Anda capai.

Beberapa hal yang perlu Anda atur agar giveaway berjalan dengan baik, salah satunya yakni periode kapan giveaway dimulai dan berakhir, serta kapan pemenang giveaway akan diumumkan. Selain itu, tentukan juga dengan jelas mengenai apa yang harus dilakukan saat seseorang ingin mengikuti giveaway, seperti like and comment, follow akun media sosial penyelenggara, jawab pertanyaan serta tag akun media sosial beberapa teman.

Baca juga: Media Sosial x Bisnis

Buat Hashtag

source : google image

Hal penting lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan saat membuat postingan giveaway, yakni menyertakan hashtag. Sebagaimana kita ketahui, hashtag merupakan tool untuk  mengelompokan konten, dengan tujuan agar audience lebih mudah untuk menemukan konten yang dicari.  

Baca juga: Tagline, Apa Pentingnya Terhadap Sebuah Bisnis

Caranya, buat hashtag yang berkaitan dengan produk, layanan, bisnis atau kampanye pada giveaway yang sedang Anda lakukan. Selain itu, pastikan bahwa hashtag bersifat eksklusif, banyak dicari, mudah dieja dan tentunya mudah diingat oleh audiens.

Promosikan

source : google image

Terakhir, penting dan wajib Anda lakukan saat menggelar giveaway, yakni promosikan giveaway yang Anda jalankan. Tentunya, hal ini bertujuan agar giveaway Anda bisa dilihat banyak orang dan participant. Cara termudahnya, yaitu promosikan giveaway pada semua platform media sosial dengan menyertakan hashtag yang telah Anda buat sebelumnya.

Saat ini, begitu banyak strategi marketing yang bisa Anda jalankan. Salah satunya adalah dengan menjalankan giveaway. Semoga, artikel diatas bisa menjadi referensi saat Anda ingin menjalankan strategi tersebut.

Sekian artikel dari KAWN, namun jika Anda mempunyai saran dan masukan yang lebih menarik seputar giveaway, jangan sungkan untuk komen di kolom komentar ya! Terima kasih.