Giveaway time!!! Sebagai pegiat media sosial atau follower dari salah satu brand, apa yang terlintas di benak Anda jika mendengar kutipan tersebut? Dan action apa yang akan Anda lakukan setelah mendapat alert tersebut? Mungkin, hal yang pertama Anda lakukan adalah melihat rules dan hadiah yang disediakan. Setelah Anda membacanya, barulah Anda memutuskan untuk ikut atau tidaknya giveaway tersebut.
Baca juga: Media Sosial x Bisnis
Lantas apa yang dimaksud dengan giveaway? Melansir merdeka.com, giveaway merupakan salah satu strategi promosi untuk meningkatkan popularitas brand, dengan cara mengadakan kuis dengan beragam hadiah yang diberikan. Bahkan, dengan mengadakan giveaway, memungkinkan untuk meningkatkan pengikut serta terbentuknya engagement antara bisnis Anda dengan pengikut.
Baca juga: Pentingnya Influencer Dalam Perkembangan Bisnis Online Shop
Bahkan, selain pelaku bisnis, banyak pula akun media sosial artis atau influencer yang menjalankan hal serupa. Mungkin, beberapa tahun belakangan Anda pernah dikagetkan dengan giveaway sebuah mobil yang dilakukan oleh seorang youtuber terkenal.
Jika meninjau lebih dalam, apa sih manfaatnya? Mengapa sampai-sampai seorang youtuber tersebut rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk mengadakan sebuah giveaway fantastis. Tentunya ada alasan kuat yang mendasari itu semua, apalagi kalau bukan demi meningkatkan follower mereka di media sosial.
Baca juga: Agar Tidak Salah Pilih, Ketahui Jenis-Jenis Influencer yang Cocok untuk Bisnis Anda
Lantas, selian meningkatkan follower, adakah manfaat lainnya dari mengadakan giveaway? Dikutip dari niagahoster.co.id, berikut ulasannya.
Menjaring Lebih Banyak Leads

Tentunya ini menjadi output yang begitu penting dari diselenggarakannya sebuah giveaway, yakni menjaring leads atau calon potensial konsumen yang lebih banyak. Saat Anda mengumumkan daftar pemenang, Anda bisa meminta kontak penting sang pemenang, seperti email pribadi, nomor whatsapp dan akun media sosial lainnya. Dengan berbekal kontak tersebut, selanjutnya Anda bisa melakukan prospek kepada leads dengan memberikan informasi produk atau informasi seputar bisnis.
Baca juga: Apa itu Email Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis F&B
Terbentuknya Engagement Antara Pengikut dengan Bisnis

Selain meningkatkan follower dan leads, giveaway juga menjadi medium untuk membangun komunikasi antara Anda dengan audience, atau yang biasa dikenal dengan engagement. Engagement dinilai begitu penting, karena dengan begitu, media sosial bisnis Anda akan terlihat aktif.
Bayangkan, jika akun media sosial bisnis Anda memiliki banyak pengikut namun tidak ada satupun yang memberikan komentar atau like. Tentu saja, akun media sosial Anda akan terlihat mati karena tidak ada interaksi di dalamnya. Untuk itu, salah satu cara terbaik untuk membangun sebuah engagement, yakni dengan menjalankan giveaway.
Meningkatkan Brand Awareness

Tidak bisa dipungkiri, kalau brand awareness merupakan hal yang penting pada sebuah bisnis. Karena brand awareness mampu menciptakan kepercayaan konsumen, membangun loyalitas pelanggan serta mudah untuk menjaring konsumen baru. Salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness melalui media sosial adalah dengan menjalankan giveaway.
Baca juga: Pentingnya brand awareness dan cara meningkatkannya
Ajang Promosi yang Mudah Dilakukan dan Hemat Budget

Jika dibandingkan dengan beriklan pada media massa seperti televisi, OOH atau radio, giveaway merupakan strategi promosi yang ramah di kantong atau murah loh, kok bisa? Bukan rahasia lagi, kalau budget yang dikeluarkan untuk beriklan di televisi sangatlah mahal, bahkan, iklan yang hanya berdurasi 15 detik saja bisa mencapai puluhan juta rupiah untuk sekali tayang.
Hal ini berbanding terbalik jika Anda mengadakan giveaway, hanya membutuhkan beberapa hadiah dan jaringan internet. Anda sudah bisa menjalankan giveaway. Selain itu, giveaway juga mudah untuk dijalankan tanpa banyak pengetahuan teknis.
KawanKAWN, itulah beberapa manfaat yang didapat saat bisnis Anda menjalankan giveaway pada akun media sosial. Setelah tahu beberapa manfaat dari diadakannya giveaway, apakah bisnis Anda tertarik juga untuk mengadakan giveaway? Silahkan jawab di kolom komentar ya! Terima kasih!