Cerita Inspiratif Seorang Tamatan SD yang Menjadi Juragan Warteg Kharisma Bahari

-

Cerita inspiratif pengusaha sukses selalu menarik untuk disimak oleh siapa pun. Kali ini datang dari seorang pengusaha yang notabene hanya seorang tamatan SD. Dialah Sayudi sang pendiri sekaligus pemilik kerajaan Warteg Kharisma Bahari.

Siapa yang tidak kenal dengan Warteg Kharisma Bahari? Warung makan  yang menyediakan berbagai menu masakan rumahan ini hampir dapat ditemui di setiap daerah di Indonesia.

Baca juga: Bisnis Warteg Bisa Untung Berlipat dengan Tips Berikut!

Seperti kita ketahui, mayoritas pemilik warung ini berasal dari Kota Tegal yang merantau ke berbagai daerah, oleh karena itulah warung makan ini dinamakan warteg. Hal ini juga berlaku dengan Sayuti, merupakan penduduk asli Kota Tegal yang merantau ke Jakarta. Sehingga menyajikan cerita inspiratif yang menarik untuk disimak.

Kesuksesan Sayudi dalam membangun bisnis warteg patut diacungi jempol. Selama lebih dari 20 tahun berdiri, Warteg Kharisma Bahari berhasil mencapai lebih dari 800 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga: Ingin Membuka Cabang Usaha Baru, Ikuti Tips Penting Berikut Ini!

Tertarik dengan cerita inspiratif Sayudi bersama Warteg Kharisma Baharinya! Simak baik-baik ya!

Cerita Inspiratif Sayudi Berawal Saat Menjadi Pedagang Asongan

source : kaskus

Latar belakang yang sederhana, penuh perjuangan, pantang menyerah dan mau belajar bisa menjadi intisari dari cerita sukses seorang Sayudi dengan Warteg Kharisma Baharinya. Cerita sukses Sayudi dimulai awal tahun 1990an, dimana saat itu dia memberanikan diri untuk mengadu nasib di Jakarta dengan menetap di rumah kakaknya yang lebih dulu merantau ke Jakarta.

Sedikit informasi, Sayudi berasal dari keluarga yang bisa dibilang sangat sederhana, dimana Ayah dan Ibunya merupakan seorang petani di desanya. Untuk dunia pendidikan, Sayudi hanya menyelesaikan pada jenjang Sekolah Dasar (SD).

Baca juga: Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Indonesia, Ada yang Tidak Lulus SMA Lho!

Saat di Jakarta, demi memenuhi kebutuhan hidupnya, Sayudi berjualan asongan dengan gerobak seadanya yang dipangkal di sebelah warteg milik kakaknya. Berada di kawasan Terminal Pulo Gadung, Jakarta Timur membuat Sayudi kerap kali berurusan dengan Satpol PP setempat.

Sekian lama menjalani profesinya sebagai pedagang asongan, akhirnya Sayudi memutuskan untuk mengikuti jejak kakaknya dengan membuka usaha warteg juga. Namun sayangnya, karena sepi peminat, warteg yang dia bangun itu tidak bertahan lama, dan harus menutup usahanya ini.

Sayudi pun bingung karena saat itu kondisinya sudah memiliki istri dan seorang anak. Sehingga, membuat Sayudi kembali menggeluti menjadi pedagang asongan di terminal demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Seiring berjalannya waktu, muncul ide dari sang istri untuk membangun usaha warteg lagi. Sang istri, Khotimah mendorong Sayudi untuk mulai berbisnis warteg demi hidup yang lebih baik lagi. Dari sinilah tercetus membangun usaha warteg dengan merek dagang “Warteg Kharisma Bahari.

Dikutip viva.co.id, nama bahari diambil dari slogan Kota Tegal atau kota kelahiran Sayudi. Untuk itu, jangan heran jika banyak warteg yang diberi nama bahari. Agar berbeda dari lainnya, sayudi sendiri menambahkan embel-embel “kharisma” di bagian tengahnya.

Ada cerita menarik saat Sayudi mendirikan Warteg Kharisma Bahari, yakni sulitnya mencari tempat sewa. Namun, dari sinilah tercetus ide membuat warteg bersih dan terang ala Warteg Kharisma Bahari.

Saat mencari lokasi usaha, Sayudi selalu mendapatkan penolakan ketika hendak menyewa lokasi untuk warteg. Alasannya, banyak pemilik lahan yang enggan menyewakan tempatnya untuk usaha warteg dengan alasan kotor dan jorok. Stigma negatif inilah yang membuatnya untuk membuka warteg bersih dan terang. Menariknya, hingga saat ini, Warteg Kharisma Bahari dicap sebagai warteg yang bersih dan terang lho!

Baca juga: Kharisma Bahari Ubah Konsep Warteg yang Terkesan Kumuh Pakai Warna Hijau dan Bersih

Seiring berjalannya waktu, cerita inspiratif Sayudi berlanjut dengan membuka cabang lainnya. Bahkan, hingga pada satu waktu Sayudi memberikan kesempatan pengusaha lain untuk menjadi menjadi mitra waralaba Warteg Kharisma Bahari.

Warteg Kharisma Bahari Kini

source : lifepal

Pahit di awal, sukses kemudian bisa menjadi cerita inspiratif yang bisa Anda ambil dari sosok Sayudi. Lebih dari 20 tahun menjalani usaha kuliner, tentunya banyak pencapaian yang membuat kita kagum kepadanya.

Dikutip viva.co.id, pada akhir tahun 2021 lalu, Warteg Kharisma Bahari  sudah mencapai 800 lebih cabang yang tersebar di beberapa wilaya di Indonesia. Bahkan, karena saking banyaknya, dia sudah tidak lagi menghitung berapa jumlah wartegnya saat ini, menarik bukan!

Meski begitu, karena membuka sistem franchise, tentunya seluruh cabang Warteg Kharisma Bahari bukalah sepenuhnya punya Sayudi seorang. Dia mengungkapkan, saat ini mungkin hanya sekitar 10 warteg yang dikelolanya sendiri.

Baca juga: Plus Minus Membeli Usaha Waralaba

Saat ini, tersedia 3 pilihan paket kemitraan yang ditawarkan Warteg Kharisma Bahari, yakni paket small, medium dan large. Dengan begitu, sang franchisee bisa memilih paket mana yang sesuai dengannya.

Harapan Sayudi Terhadap Warteg Kharisma Baharinya

source : canva

Karena takut malah menjadi orang yang sombong, Sayudi tidak pernah menganggap dirinya sebagai orang yang sukses atau pintar. Akan tetapi, dia memiliki harapan yang untuk tetap membuat Warteg Kharisma Bahari sebanyak mungkin.

“Siap mewartegkan Jabodetabek” merupakan slogan dan juga harapan yang dia pegang dari dahulu. Namun setelah tercapai, lambat laun slogan dan harapan itu pun juga ikut berubah menjadi “siap mewartegkan Indonesia”. Kebayang dong, berapa jumlah cabang Warteg Kharisma Bahari jika harapan itu benar-benar terjadi. Sangat banyak pastinya!

Baca juga: Tagline, Apa Pentingnya Terhadap Sebuah Bisnis

KawanKAWN, itulah sepenggal cerita inspiratif dari sosok Sayudi bersama Warteg Kharisma Baharinya. Sangat menginspirasi bukan?

Oh iya, bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis kuliner juga, namun bingung mengelolanya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi kasir online KAWN lho! Aplikasi kasir online KAWN dilengkapi fitur-fitur mumpuni yang mampu memudahkan Anda saat berbisnis, seperti pencatatan penjualan lengkap, pencatatan stok hingga mengelola multi cabang. ingin mencoba free trial aplikasi kasir online KAWN selama 15 hari, silahkan klik disini ya!