Central Kitchen, Cara Baru Efisiensi Biaya Operasional Bisnis

-

Central kitchen atau dapur terpusat menjadi cara baru bagi pebisnis F&B untuk tingkatkan efisiensi biaya operasional bisnis. Ditengah makin maraknya jasa pengantaran hidangan secara daring, membuat banyak pebisnis F&B akhirnya berpikir bahwa ketiadaan outlet bukanlah sebuah halangan dalam berbisnis.

Yang dibutuhkan hanyalah satu dapur yang dapat mengantarkan hidangan ke seluruh pintu rumah pelanggan. Menariknya, keberadaan central kitchen seolah menjawab perubahan pola konsumsi masyarakat yang terjadi saat ini akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Pandemi Membuat Masyarakat Tak Beli Bahan Makan di Pasar

Namun, apakah definisi dari central kitchen itu sendiri? Melansir dari kawn.co.id central kitchen merupakan sebuah konsep dapur terpusat yang mana pebisnis hanya membutuhkan satu dapur untuk memproses semua pesanan pelanggan.

Biasanya bisnis F&B yang mengusung konsep ini adalah jenis waralaba yang mengedepankan standarisasi rasa yang seragam di semua cabang bisnis. Selain itu, bisnis F&B dengan sistem daring pun bisa mengusung konsep ini, karena dianggap lebih praktis dan hemat dari segi biaya sewa lahan.

Baca Juga: Fitur KAWN

Pada artikel kali ini KAWN akan memberikan beberapa manfaat yang diperoleh dengan menerapkan sistem dapur terpusat atau central kitchen pada bisnis Anda. Simak ulasan di bawah ini dan semoga bermanfaat!

Central Kitchen Pusat Standarisasi Rasa

Anda punya restoran favorit, namun seringkali merasa tingkat kelezatan yang berbeda antara cabang satu dengan lainnya? Bisa jadi restoran tersebut adalah waralaba yang tidak mempunyai standarisasi rasa antara outlet utama dengan cabang.

Tentu, kondisi ini sepatutnya merugikan dari sisi bisnis. Mengapa? Karena inkonsistensi tersebut berpengaruh terhadap image brand dan juga loyalitas pelanggan.

Baca Juga: Cara Efektif Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

Tidak ingin kan, pelanggan Anda lari, padahal bisnis Anda punya potensi besar? Lakukan strategi dengan menerapkan sistem central kitchen pada bisnis Anda.

Melalui central kitchen, semua tenaga dapur, mulai dari koki dan asisten koki akan membuatkan bumbu inti dari semua menu sesuai dengan standarisasi perusahaan. Dengan begitu inkonsistensi rasa dari semua menu, baik di outlet utama hingga cabang tidak akan berbeda dan dijamin pelanggan akan puas.

Efisiensi sewa lahan bisnis

Anda pebisnis F&B baru, namun belum punya modal besar untuk membuka outlet fisik? Tak usah pesimis, saat ini Anda bisa memadukan penggunaan central kitchen dengan ghost kitchen untuk memaksimalkan penjualan dan menghemat biaya sewa lahan.

Cukup dengan satu dapur untuk memproduksi hidangan kemudian memasarkannya melalui ghost kitchen merupakan perpaduan pas untuk mendulang cuan bisnis. Anda bahkan tidak membutuhkan outlet fisik untuk melayani makan/minum di tempat. Hidangan tersebut akan segera meluncur ke lokasi pelanggan dengan sistem take away oleh pihak ghost kitchen.

Baca Juga: Ghost Kitchen Jadi Tren F&B Selama Pandemi

Lebih Mudah Memantau Kuantitas dan Kualitas Bahan Baku

Manfaat ketiga, yang menjadi andalan dari penggunaan central kitchen adalah kemudahan untuk memantau bahan baku dari segi kuantitas maupun kualitas. Sebagai contoh apabila Anda mempunyai cabang bisnis yang banyak, dimana  human error dapat terjadi pada tingkat supervisi bahan baku, tentu kondisi ini akan membahayakan.


Pertama, apabila bahan baku tersebut sudah kadaluarsa maka dapat membahayakan kesehatan pelanggan atau pada kasus lain misalnya, stok bahan baku tertentu lupa untuk di restock padahal menu tersebut sedang laris-larisnya terjual. Dengan menggunakan central kitchen, Anda dapat dengan mudah dan cepat memantau stok bahan baku dan juga kualitas dari bahan baku. Ketelitian dan kemudahan pengecekan pun dapat lebih akurat apabila Anda menggunakan aplikasi kasir online KAWN.

Aplikasi kasir online KAWN menyediakan fitur manajemen stok yang berfungsi untuk memantau perihal stok, mulai dari kuantitas dan kualitas. Fitur ini juga memberikan peringatan bagi Anda apabila stok mulai menipis atau sudah mendekati masa kadaluarsa. Sehingga, potensi kerugian pun dapat diminimalisir.

Baca Juga: Plus Minus Membeli Usaha Waralaba

Demikian ulasan singkat mengenai serba serbi central kitchen dan pemanfaatannya pada bisnis F&B. Apabila Anda masih menemukan kendala jangan sungkan bertanya di kolom komentar ya! Sampai berjumpa kembali.