Ghost kitchen menjadi marak diperbincangkan satu tahun terakhir. Istilah yang menunjuk pada sebuah kemajuan teknologi dalam sektor bisnis food and beverage. Jika kita artikan secara harfiah menjadi “dapur hantu”, namun apakah makna itu sesuai dengan realitanya? Mari kita simak.
Baca juga: Mengenal Fungsi dan Manfaat Teknologi Point of Sale
Virus Covid-19 memang berdampak pada banyak lini kehidupan, terutama bisnis. Pembatasan ruang gerak membuat banyak orang harus mengurangi aktivitas di luar rumah. Sehingga banyak restoran maupun pebisnis f&b penjual makanan harus menjajakan dagangannya secara online.
Baca juga: 5 Bisnis Startup yang Terdampak dari Pandemi Covid-19
Secara singkat, ghost kitchen ditujukan bagi pebisnis f&b penjual makanan yang nantinya akan diantarkan oleh driver aplikasi layanan pesan antar kepada pembeli/pelanggan yang memesan. Keuntungan lain dari ghost kitchen adalah gabungan dari beberapa restoran/penjual makanan, sehingga pembeli dapat dengan mudah memilih restoran yang dikehendakinya. Sehingga, sampai saat ini ghost kitchen tetap menjadi favorit para pembeli.
Secara singkat, ghost kitchen adalah sebuah teknologi yang membuat pebisnis f&b tidak perlu membuat sebuah outlet/restoran secara fisik. Di dalam aplikasi ghost kitchen pebisnis f&b cukup menampilkan foto hidangan yang dijual, kemudian pelanggan akan memilih menu yang akan dipesan. Setelah pelanggan mengakhiri pesanannya, maka seorang driver akan menjemput pesanan tersebut dan mengantarkannya kepada pelanggan yang memesan.
Baca juga: Mau Daftar Menu Anda Terlihat Menarik, Ikuti 7 Tips Berikut
Nah, kira-kira bagaimana ya tips agar para pebisnis food and beverage bisa meraup keuntungan maksimal dengan teknologi ghost kitchen? Kita pelajari sama-sama yuk.
Ghost Kitchen, Kenali dan Pelajari di Setiap Aplikasi Pesan Antar

Media mempromosikan ghost kitchen memang banyak sekali. Anda pun bisa mencoba sendiri secara generik dengan promosikan nomor kontak yang Anda miliki. Atau jika Anda tidak ingin repot, bisa juga mendaftarkannya pada aplikasi pesan antar yang saat ini menjadi idaman banyak pelanggan.
Aplikasi pesan antar yang sudah ada saat ini sangat memudahkan bagi Anda selaku pebisnis food and beverage serta pelanggan pada umumnya. Sebelum Anda mempromosikan produk Anda di sebuah aplikasi pesan antar, pastikan Anda membaca dengan teliti bagaimana syarat & ketentuan yang berlaku di sana.
Baca juga: 10 Aplikasi Pesan Makanan Online Terbaik 2021
Misal, bagaimana prosedur pendaftaran, bagaimana perhitungan komisi, bagaimana pelanggan bisa menemukan toko/usaha Anda, serta antisipasi bagaimana jika pelanggan mengadukan keluhan atas pesanan mereka. Semua harus detail rinci Anda baca agar tidak menyesal di kemudian hari.
Kelola Media Sosial Dengan Profesional

Media sosial menjadi sarana bagi banyak orang saat ini untuk berinteraksi. Selain itu, media sosial juga sangat potensial untuk dijadikan media penjualan, baik secara langsung maupun tidak langsung (product branding). Sehingga, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengelola media sosial dengan serius.
Baca juga: Peran Linktree Pada Media Sosial Bisnis Anda
Manfaatkan Momen Campaign Di Aplikasi Pesan Antar

Aplikasi pesan antar menjadi tujuan utama para pembeli untuk mencari makan di saat mereka lapar. Melihat antusias pelanggan yang sangat tinggi, aplikasi pesan antar sangat senang untuk memberikan kampanye-kampanye di hari spesial setiap bulannya. Misal, momen akhir pekan, awal bulan, saat gajian, dan lain sebagainya.
Baca juga: Trik Sukses Meluncurkan Produk Baru
Sebagai pelaku bisnis food and beverage, Anda dapat memanfaatkan kampanye yang dilakukan aplikasi pesan antar ini untuk meningkatkan penjualan produk Anda. tidak sampai disitu saja, bagi Anda pemain baru dalam bisnis food and beverage, momen ini pun bisa dijadikan ajang Anda memperkenalkan produk Anda ke pasar.
Buat Promo Voucher yang Menarik Pelanggan

Tidak dapat dipungkiri jika pelanggan paling menyukai promo. Anda tidak perlu pusing memikirkan promo yang sulit-sulit. Misal, promo potongan biaya ongkos kirim, promo potongan untuk beberapa selected menu item, maupun promo bundling beberapa produk yang dapat Anda jadikan menjadi satu.
Baca juga:10 Strategi Pemasaran Produk dengan Pemberian Diskon Paling Menarik
Anda dapat menempatkan promo di halaman muka website, media sosial, maupun di layanan pesan antar yang sudah Anda daftarkan sebelumnya. Tidak perlu dengan nominal yang besar, namun cukup rutin Anda berikan. Pelanggan senang, penjualan Anda pun berkembang.
Alokasi Budget untuk Boosting Penjualan

Sudah merasakan manfaat berjualan di ghost kitchen? Kini saatnya Anda mulai memikirkan untuk alokasi budget iklan maupun berkolaborasi dengan influencer. Untuk tahap awal tidak perlu yang berlebihan, cukup sesuaikan dengan kemampuan Anda.
Baca juga: Cara Menentukan Budget Marketing Agar Tepat Sasaran
Beriklan di media sosial maupun di aplikasi pesan antar memang memiliki dampak yang besar, pelanggan dapat dengan mudah menemukan toko/nama usaha Anda. begitu pula dengan influencer yang memiliki banyak pengikut, akan lebih mudah jika calon pembeli melihat produk Anda di-preview oleh mereka. Lebih meyakinkan dan pastinya lebih mudah menarik perhatian pembeli.
Nah, bagaimana KawanKAWN menarik bukan teknologi ghost kitchen ini untuk dicoba? Atau sebenarnya selama ini Anda sudah mengikutinya namun belum tahu istilah ghost kitchen? Begitu pentingnya seorang pebisnis untuk mengupdate diri dengan informasi serta skill yang sedang berkembang saat ini. Ikuti terus artikel bisnis di blog KAWN semoga Anda dapat menginspirasi Anda. Salam sukses.