Freelance Bidang Kuliner yang Bisa Digeluti

-

Freelance menjadi salah satu jenis pekerjaan yang banyak digeluti saat ini. Perlu Anda ketahui, kategori pekerjaan bisa dibedakan berdasarkan posisi atau statusnya, mulai dari karyawan full time, part time, internship, atau bahkan freelance.

Khusus poin terakhir, saat ini banyak masyarakat yang menjadikan freelance sebagai side job atau bahkan pekerjaan utamanya. Lantas, apa itu yang dimaksud dengan freelance?

Diulas koinworks, freelance merupakan pekerja lepas yang membutuhkan skill tertentu dan tidak terikat dengan jam kerja atau peraturan suatu dalam suatu perusahaan. Kendati demikian, freelancer tetap memiliki batas waktu atau deadline saat menyerahkan hasil pekerjaan kepada klien.

Jika diulas lebih dalam, nyatanya freelance bisa dikategorikan berbagai bidang, mulai dari freelance pada bidang otomotif, bidang multimedia, olahraga atau bidang kuliner. Keberagaman ini tentu tidak lepas dari perkembangan teknologi yang semakin canggih seperti saat ini.

Baca juga: Teknologi yang Digunakan Aplikasi Kasir Online

Menariknya, banyak orang yang mempercayakan suatu pekerjaan yang spesifik kepada seorang freelancer. Alasannya, freelancer dianggap sudah ahli pada suatu bidang tertentu, tidak terkecuali pada bidang kuliner.

Lantas, jika mengerucut pada bidang kuliner, pekerjaan apa saja yang bisa dijalani secara freelance? Dikutip dari beberapa sumber, yuk kita ulas satu persatu.  

Freelance Food Photography

source : soocaphoto

Salah satu freelance yang paling banyak dijalankan saat ini adalah fotografi. Bahkan, jika ditelisik lebih dalam, banyak sekali jenis freelance pada bidang ini, mulai dari fotografi wedding & pre wedding, kelas fotografi, fotografi olahraga, menjual foto pada media daring serta food photography.

Menjamurnya pelaku bisnis kuliner, serta tingginya pengguna media sosial, membuat freelancer pada bidang ini semakin dibutuhkan. Food photography berfokus untuk mengambil gambar sebuah makanan agar terlihat lebih menarik.

Baca juga: Media Sosial x Bisnis

Namun, tidak hanya sekedar pengambilan gambar saja, beberapa teknik fotografi dibutuhkan guna menampilkan kelezatan dari sebuah hidangan. Tentunya, agar orang tertarik dengan makanan atau minuman yang ia lihat.

Freelance Food Writing

source : ediblehouston

Anda yang gemar menulis dan tertarik pada dunia kuliner, kenapa tidak menjadi seorang freelance food writer! Profesi ini biasanya sangat dibutuhkan pada perusahaan-perusahaan yang bergerak pada bidang media, baik itu digital maupun konvensional, seperti media cetak, televisi maupun radio.  

Menariknya, profesi ini bisa Anda jalankan dimana saja, bahkan di rumah sekalipun. Oleh karena itulah, Anda bisa jalankan profesi sambil mengerjakan pekerjaan lainnya. Menarik bukan?

Jastip Oleh-Oleh Makanan Khas Suatu Daerah

source : javatravel

Bagi Anda yang sering berselancar di media sosial mungkin tidak asing dengan kalimat “open jastip oleh-oleh khas” dari suatu daerah bukan! Jastip atau jasa titip memang hal baru dalam bisnis. Namun, meningkatnya penggunaan media sosial serta semakin banyaknya transaksi jual beli secara online membuat banyak orang berprofesi sebagai freelancer jastip.

Baca juga: Oleh-Oleh Khas Jogjakarta yang Wajib Dibawa Pulang

Cara kerjanya cukup mudah, pelaku jastip wajib menawarkan dan membelikan beberapa oleh-oleh kuliner khas dari suatu daerah tertentu. Keuntungannya diambil dari selisih harga, antara harga jual dengan harga dasar saat ia beli di kota tersebut.      

Freelance Kursus Memasak Online

source : cozymeal

Bisa dibilang, memasak merupakan salah satu skill yang tidak dimiliki oleh semua orang. Untuk menyiasatinya, banyak orang yang memenuhi kebutuhan perutnya dengan cara membeli makanan jadi atau makanan setengah jadi, seperti frozen food.

Baca juga: Bisnis Frozen Food, Nikmati Cuan Melimpah Saat Pandemi Covid-19

Bak gayung bersambut, fenomena tersebut dimanfaatkan banyak orang dengan membuka kelas memasak secara online. Menjadi freelancer kursus memasak baik dijalankan bagi dia yang memiliki skill memasak serta komunikasi yang mumpuni.

Tipsnya, buat materi pembelajaran yang mudah diaplikasikan dan juga bergizi tinggi. Oia, jangan lupa buat materi dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan juga ya!

Food Tester

source : tribun

Bisa dibilang, food tester merupakan orang yang paling berperan pada kualitas rasa dari suatu makanan. Akan tetapi, bukan soal rasa, seorang food tester juga harus memahami apakah makanan tersebut aman serta layak disajikan kepada calon konsumen. Biasanya, seorang food tester akan mencicipi makanan tersebut sebelum dihidangkan kepada konsumen.

Freelance dibidang ini sangat menarik bagi orang yang gemar mengonsumsi atau mencicipi suatu makanan atau minuman. Bayangkan saja, dari hobi ngemil, seseorang bisa menghasilkan cuan yang tidak sedikit.

Dikutip teknologipangan, salah satu perusahaan pangan asal inggris, Mondelez mencari pencicip rasa coklat pada makanan dan minuman. Tidak tanggung-tanggung, untuk pekerjaan yang dilakukan hanya 8 jam dalam seminggu ini, perusahaan menawarkan imbalan senilai Rp 1,8 juta per pekan. Menarik bukan?

KawanKAWN, berikut tadi 5 jenis freelance bidang kuliner yang bisa dijalani saat ini. Bagaimana, tertarik mencoba salah satunya? Yuk diskusikan di kolom komentar!