Google Analytics, Sarana Kenali Pelanggan Anda

-

Google analytics merupakan tools atau sarana yang digunakan untuk mengamati, mengenali dan melacak pergerakan pengunjung dari sebuah website. Saat ini sudah banyak website bisnis yang menggunakan google analytics sebagai senjata andalan dalam memahami karakter dan kebutuhan pelanggan.

Bagi Anda yang baru merintis bisnis, terlebih menjalankan bisnis secara daring, mungkin terkadang Anda merasa kesulitan menebak siapakah pelanggan bisnis Anda. Fitur pada google analytics dapat membantu Anda memberikan gambaran demografi, psikografi, status ekonomi bahkan lokasi dimana pelanggan Anda berada.

Pertanyaan mungkin muncul dibenak Anda, perihal bagaimana alat ini bekerja dan memberikan informasi lengkap mengenai siapa pengunjung website? Alat besutan dari induk perusahaan google ini menggunakan pendekatan big data dalam menyaring semua data dan informasi yang masuk ke dalam sebuah situs.

Baca Juga: Big Data, Dalam Pengembangan Bisnis

Sebagai ilustrasi, setiap pengunjung website pasti akan menggunakan browser untuk mengakses halaman yang akan mereka tuju. Browser yang digunakan oleh pengunjung akan memberikan alamat IP (internet protocol) yang mana kode tersebut digunakan oleh google analytics untuk mengamati dan melacak perilaku dan pergerakan dari masing-masing pengunjung website.

Namun, dalam penggunaannya, alat ini membutuhkan integrasi lebih lanjut dengan website Anda. Setelah terpasang barulah google analytics dapat merekam semua data pengunjung yang masuk ke website pada periode waktu tertentu.

Baca Juga: Peran Website Terhadap Perkembangan Sebuah Bisnis

Diatas adalah penjabaran singkat mengenai google analytics. Kemudian uraian dibawah ini adalah beberapa manfaat lain yang penggunaan google analytics pada bisnis.

Google Analytics, Pantau dan Analisa Kinerja Website.

source : pexels

Terdapat beberapa indikator pada google analytics yang mampu memberikan informasi mengenai seberapa baik buruknya kinerja website Anda. Contoh sederhana apabila trafik pengunjung website Anda ramai, maka secara umum kinerja website Anda dapat dikatakan baik. Namun, trafik tersebut juga harus ditelaah lebih lanjut, apakah trafik muncul karena momentum tertentu, misalnya promo atau Anda sedang menjalankan kampanye iklan secara daring.

Google analytics dapat memberikan semua laporan kinerja yang lengkap mengenai website Anda sesuai dengan periode waktu tertentu. Laporan ini tentu akan memberikan masukan berharga bagi Anda untuk melakukan perencanaan konten maupun desain visual yang efektif bagi pengunjung website.

Baca Juga: SEO dan Optimasi Halaman Website Bisnis Anda

Penentuan Target Market.

source : pexels

Seperti yang sudah dibahas, bahwa google analytics akan menampilkan beberapa data terkait dengan aspek demografi, seperti jenis kelamin dan usia, kemudian aspek psikografi, meliputi kesukaan pengunjung, penggunaan jenis gawai, sampai dengan aspek geografis yang berkaitan dengan bahasa dan domisili.

Data-data tersebut selain berguna untuk mendefinisikan siapa pelanggan Anda, tentu bermanfaat untuk menentukan target market pelanggan agar lebih tepat dan jelas. Dari sini positioning produk Anda juga dapat tergambar dengan jelas dan memudahkan dalam proses pengambilan keputusan dalam bisnis.

Baca Juga: Target Market: Pengertian, Cara Mengetahuinya dan Gunanya pada Bisnis

Bahan Evaluasi Kinerja Website

source : pexels

Website memiliki beberapa halaman yang memuat informasi agar lebih teratur dan nyaman dibaca oleh pengunjung website. Tentu tidak semua halaman pada website memiliki performa yang sama antara satu dan lainnya.

Google analytics dapat menyajikan data mengenai performa dari masing-masing halaman, mulai yang berperingkat baik sampai yang buruk. Data tersebut terlihat dari user behaviour flow pengunjung website yang dapat dilacak berdasarkan periode tertentu. Gunakan data ini dan diskusikan dengan divisi terkait untuk menciptakan halaman website yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Baca Juga: CRM dan Manfaatnya Terhadap Bisnis F&B

Strategi Pemasaran

source : pexels

Data pada google analytics ternyata juga dapat digunakan sebagai penentuan strategi pemasaran yang tepat. Misalnya, iklan promosi yang dibuat dapat ditembakkan atau disebarluaskan menyesuaikan dengan data lokasi, dimana pelanggan Anda berada.

Atau ketika Anda sudah mengetahui siapa target market bisnis, program promosi bisa dibuat berdasarkan karakter dari demografi dan psikografi pelanggan. Contoh apabila pelanggan Anda adalah seorang wanita muda, usia 15-20 tahun dan berstatus ekonomi menengah ke atas, kemudian produk Anda adalah minuman kopi kemasan, maka Anda dapat menyesuaikan program promosi maupun packaging produk menyesuaikan dengan karakter pelanggan tersebut.

Baca Juga: Ingin Tahu Produk Terlaris Bulan ini? Gunakan Fitur Dasbor & Laporan KAWN POS

Dear KawanKAWN, berikut tadi adalah beberapa manfaat dari segudang manfaat lainnya dari penggunaan perangkat google analytics pada website bisnis Anda. Apabila Anda merasa ada yang kurang, jangan sungkan untuk memberikan komentar pada kolom komentar. Sampai berjumpa di artikel berikutnya!