Kacang-Kacangan, Ketahui Jenis dan Manfaatnya untuk Kesehatan

-

Kacang-kacangan, mungkin bagi mereka yang gemar mengonsumsi cemilan atau makanan ringan sudah tidak asing lagi dengan bahan pangan yang satu ini. Di indonesia sendiri, kacang-kacangan begitu banyak jenisnya. Dimakan langsung atau diolah menjadi hidangan pun sama nikmatnya.

Baca juga: Makanan Khas Indonesia yang Mendunia, Pastinya Buat Anda Ketagihan!

Akan tetapi, selain lezat untuk dinikmati, banyak nutrisi yang terkandung dalam kacang-kacangan, mulai dari karbohidrat kompleks, asam lemak tak jenuh, serat, protein, antioksidan, berbagai vitamin hingga mineral. Karena hal tersebut, tentu saja banyak manfaat kesehatan yang Anda dapatkan saat menyantap kacang-kacangan.

Baca juga: Jus Buah, Temukan Ragam Manfaat Kesehatan Didalamnya

Pernyataan ini pun diperkuat melalui penelitian yang dilakukan oleh Penn State University, dimana seseorang yang rutin mengonsumsi beberapa kacang tanah dapat memelihara kesehatan jantungnya. Lantas, manfaat kesehatan apa saja saat Anda mengonsumsi kacang-kacangan? Seperti dikutip dari motherandbaby.co.id, berikut ulasannya.

Hijau, Kecil namun Menyehatkan: Kacang Hijau

source : google image

Kacang-kacangan yang bentuknya kecil dan berwarna hijau ini memang sering dijadikan bubur. Bahkan, karena rasanya yang sedikit manis, kacang hijau sering juga dipakai untuk isian dari berbagai macam makanan, sebut saja onde-onde, bakpau atau bahkan bakpia.

Namun, pernahkah Anda berpikir, kalau biji kecil berwarna hijau ini justru sangat baik untuk kesehatan? Dikutip dari hellosehat.com, kacang hijau mengandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, mulai dari protein, lemak, karbohidrat, vitamin C, kalsium, kalium hingga zinc.

Tak ayal, segudang manfaat kesehatan pun bisa Anda dapatkan hanya dengan mengonsumsi kacang hijau secara rutin, seperti :

  1. Menurunkan resiko penyakit jantung
  2. Meredakan nyeri saat haid
  3. Menurunkan kolesterol
  4. Menurunkan resiko kerusakan hati
  5. Menurunkan tekanan darah
  6. Meningkatkan imunitas tubuh
  7. Mencegah kanker

Mampu Menangkal Radikal Bebas Penyebab Kanker: Kacang Kedelai

source : google image

Bukan hanya kacang hijau, kacang kedelai juga baik sekali untuk menangkal radikal bebas. Hal ini disebabkan, karena kacang kedelai kaya akan kandungan isoflavon yang berfungsi sebagai antioksidan penangkal kanker.

Selain itu, kacang yang merupakan bahan dasar pembuatan tempe ini juga kaya akan zat lainnya, seperti protein, asam amino esensial, vitamin C, fosfor, asam folat, serat, kalsium serta zat besi serta. Dimana, kandungan kalsium pada kacang kedelai mampu menjaga kesehatan tulang, agar terhindar dari osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Baca juga: Ini Manfaat Fosfor bagi Tubuh, Mineral Penting yang Perlu Dipenuhi

Mampu Menyehatkan Sistem Pencernaan: Kacang Polong

source : google image

Begitu banyak manfaat saat Anda mengonsumsi kacang polong, salah satunya adalah dapat menyehatkan sistem saluran pencernaan. Yup! Betul saja, kandungan serat yang dimiliki kacang polong memang sangat efektif untuk melancarkan pencernaan.

Namun, menyehatkan pencernaan bukanlah satu-satunya manfaat kesehatan yang dimiliki oleh kacang polong. Kacang polong juga merupakan sumber protein, vitamin B1, vitamin K, folat serta mangan yang semua zat tersebut baik untuk menjaga kesehatan, seperti menjaga gula darah dan mengatasi hipertensi.

Baca juga: Ketahui Beragam Makanan Penurun Darah Tinggi

Kaya Akan Protein dan Vitamin B: Kacang Tanah

source : google image

Banyak orang yang memanfaatkan kacang tanah untuk dijadikan berbagai macam cemilan atau kudapan. Selain itu, kacang tanah juga biasa dijadikan pelengkap makanan dan bahan dasar untuk membuat sambal.

Baca juga: Sambal-Sambal Khas Indonesia, Berani Coba Sensasi Pedasnya?

Dibalik rasanya yang cukup lezat, ternyata kacang tanah juga memiliki segudang manfaat kesehatan loh. Karena mengandung lemak tak jenuh, protein, vitamin B, vitamin E, folat serta mangan, kacang tanah baik sekali untuk menurunkan kolesterol jahat dan mengontrol berat badan.

Jaga Kesehatan Tulang dengan Mengonsumsi Kacang Merah

source : google image

Bagi Anda yang berasal dari tanah Manado, tentu sudah tidak asing lagi dengan kudapan manis nan menyegarkan, yakni es kacang merah. Namun, pernahkan Anda membayangkan, dibalik rasanya yang begitu lezat, ternyata ada banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: Siap Menggoyang Lidah Anda! Berikut 7 Hidangan Khas Manado yang Wajib Anda Coba

Salah satunya adalah magnesium yang baik sekali untuk menjaga kesehatan tulang. Akan tetapi, bukan itu saja, manfaat lainnya dari kacang merah yakni melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, mengontrol gula darah, mencegah sel kanker dan menurunkan berat badan.

Kacang-kacangan memang begitu banyak manfaatnya bagi tubuh kita. Akan tetapi, hal ini harus dibarengi dengan konsumsi yang sesuai anjuran pakar kesehatan. Namun, jika KawanKAWN memiliki pandangan lainnya tentang manfaat kesehatan dari kacang-kacangan, silahkan tuliskan di kolom komentar ya.

Ditunggu ya, artikel selanjutnya!