CRM atau singkatan dari customer relationship management merupakan sebuah strategi yang dilakukan untuk membina dan mengelola hubungan baik antara pebisnis dengan pelanggan. Bentuk hubungan tersebut dapat dilakukan, baik pada pelanggan baru maupun pelanggan lama.
Dengan adanya penerapan CRM pada bisnis akan memperkuat hubungan dan komunikasi dengan pelanggan, karena sejatinya CRM merupakan sebuah wadah yang menjembatani antara kebutuhan pelanggan dengan produk yang ditawarkan oleh pebisnis. Dewasa ini, implementasi CRM pada sebuah perusahaan tidak hanya dilakukan melalui kegiatan offline saja, melainkan dapat dibantu oleh teknologi informasi salah satunya dengan penggunaan piranti lunak CRM.
Sudah banyak piranti lunak yang menawarkan jasa CRM dengan berbagai fitur dan layanan, mulai dari sekedar pengumpulan database sampai dengan pengolahan dan pembinaan lebih lanjut. Pada bisnis F&B penerapan strategi CRM mempunyai peran yang penting bagi keberlanjutan bisnis.
Karena bisnis F&B merupakan bisnis yang berkaitan dengan pengalaman dalam mengonsumsi sebuah produk, sehingga pendekatan CRM dirasa perlu guna mengetahui tingkat kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, pada artikel ini KAWN akan mencoba membahas apa saja manfaat yang diperoleh bisnis F&B dengan menerapkan pendekatan CRM, melansir dari www.jurnal.id berikut adalah beberapa manfaat tersebut.
Baca Juga: 4 Indikator Kepuasan Pelanggan untuk Bisnis Anda
CRM Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

CRM merupakan kumpulan database pelanggan yang sudah pernah atau baru mengonsumsi produk yang Anda tawarkan. Pada piranti CRM pun Anda dapat mengetahui siapa-siapa saja pelanggan yang loyal terhadap produk maupun yang hanya sesekali membeli.
Data dan informasi ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk menghubungi kembali pelanggan-pelanggan tersebut guna melakukan survei kepuasan pelanggan terhadap produk. Dengan adanya kegiatan ini akan memberikan jawaban atau masukan dari pelanggan seputar bisnis, yang mana sangat bermanfaat untuk digunakan pada pengembangan bisnis kedepan.
Selain itu, pemberian rewards kepada pelanggan tertentu juga penting dilakukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Sebagai contoh, pemberian ucapan ulang tahun melalui email kepada pelanggan merupakan kegiatan sederhana namun bermakna bagi peningkatan loyalitas pelanggan.
Baca Juga: Cara Efektif Tingkatkan Loyalitas Pelanggan
Efisiensi Biaya Promosi

Manfaat kedua yang diperoleh bisnis F&B dengan menerapkan strategi CRM adalah efisiensi biaya promosi produk. Biaya promosi yang dimaksud adalah biaya pemasaran produk baru maupun produk lama.
Dengan adanya database yang terkumpul, Anda menjadi lebih hemat dan cermat melakukan kegiatan periklanan dengan menggunakan strategi tertentu. Sebagai contoh, ketika bisnis Anda baru saja launching kemudian Anda membutuhkan promosi agar produk tersebut dikenal oleh masyarakat.
Tentu Anda akan membutuhkan biaya yang lebih besar ketika mengalokasikan dana untuk beriklan ke media konvensional, seperti media cetak, online maupun televisi. Kondisi tersebut akan berbeda ketika Anda sudah memiliki database yang tersimpan pada platform CRM. Anda tinggal melakukan pendekatan melalui email marketing, call center atau chat marketing untuk mempromosikan produk tersebut kepada para calon pelanggan yang potensial.
Baca Juga: Database Pelanggan, Kenali Pentingnya untuk Bisnis Anda
Peningkatan Time to Market

Time to market dapat diartikan sebagai penentuan waktu yang tepat untuk melakukan penetrasi pemasaran kepada pelanggan. Time to market setiap lini bisnis berbeda-beda bergantung dengan jenis produk yang ditawarkan.
Sebagai contoh, pada lini bisnis tour & wisata, time to market dapat diprediksi pada saat awal tahun atau akhir tahun, dimana bertepatan dengan libur panjang dan bonus tahunan. Namun,untuk memastikan kapan time to market yang tepat untuk melakukan pemasaran bisnis, dapat dilakukan dengan menggunakan piranti CRM.
Pada kasus bisnis F&B time to market akan sangat berguna untuk menentukan kapan program promosi disebarluaskan kepada pelanggan dan kapan harus berhenti sejenak. Data tren pembelian oleh pelanggan pun dapat ditampilkan juga melalui pendekatan CRM.
Pendapatan Semakin Meningkat.

Repeat order merupakan salah satu goals dari pendekatan CRM pada bisnis. Strategi up selling dan cross selling pun juga dapat dilakukan apabila repeat order tidak berhasil diterapkan pada pelanggan.
Tentu untuk melakukan semua strategi tersebut Anda membutuhkan kegiatan CRM berupa email marketing, chat marketing maupun call center untuk menjangkau dan membina hubungan kembali dengan calon pelanggan. Secara tidak langsung apabila kegiatan-kegiatan tersebut sukses dilakukan maka, pendapatan bisnis pun akan semakin meningkat.
Baca Juga: Apa itu Email Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis F&B
Skala Prioritas Pelayanan

Manfaat terakhir yang diperoleh bisnis F&B dengan menggunakan pendekatan CRM adalah dengan adanya penentuan skala prioritas pelayanan kepada pelanggan. Dengan adanya data pada CRM Anda menjadi tahu, pelanggan mana saja yang membutuhkan penanganan prioritas dan mana yang tidak terlalu prioritas.
Sebagai contoh, ketika ada pelanggan yang sebelumnya merupakan top spender pada bisnis, kemudian lambat laun menjadi menurun bahkan hilang. Pada CRM grafik data tersebut dapat ditampilkan dan memberikan masukan
kepada pebisnis untuk menentukan tindak lanjut seperti apa kepada pelanggan tersebut.
Baca Juga: Ketahui Pentingnya Feedback Pelanggan Terhadap Perkembangan Bisnis Online Shop Anda
Berikut tadi adalah beberapa penjelasan mengenai CRM dan manfaatnya terhadap bisnis F&B. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pengembangan bisnis Anda dan jangan lupa untuk terus gunakan aplikasi kasir online KAWN sebagai pendamping bisnis Anda. Kami tunggu komen di kolom komentar dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!