Bukan Hanya Sebagai Penyedap Masakan, Kenali Ragam Manfaat Kesehatan dari Rempah-Rempah Berikut ini

-

Bersyukur bagi kita tinggal di Indonesia yang kaya akan banyak hal. Selain sumber daya alam dan budayanya, Indonesia juga kaya akan rempah-rempahnya yang sangat melimpah. Bahkan, seperti yang KAWN lansir dari kompas.com, pada zaman dahulu, rempah-rempah menjadi komoditas komersil yang diperebutkan oleh para penjajah dari berbagai negara.

Baca juga : Minum 3 Ramuan Jamu Tradisional ini untuk Sambut Era Normal Baru

Lantas, apa alasannya rempah-rempah dinilai begitu spesial di mata para penjajah? Tidak hanya membuat rasa masakan bertambah lezat, rempah-rempah yang biasa disebut tanaman herbal ini juga memiliki kandungan zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan bagi sebagian orang, saat mengalami gangguan kesehatan, ada yang lebih percaya dengan rempah-rempah ketimbang harus mengonsumsi obat-obatan. Untuk itu, kali ini KAWN akan coba merangkum beberapa rempah-rempah yang memiliki ragam manfaat untuk menjaga kesehatan manusia, berikut daftarnya :

Jahe

Source: Google Image

Saat pertama kali virus Covid-19 mewabah di Indonesia, jahe sempat menjadi primadona dan banyak dicari oleh masyarakat. Banyak yang meyakini kalau jahe dapat dijadikan penangkal virus Covid-19.

Baca juga : 5 Minuman Sehat yang Mudah Dibuat

Namun, sebelum virus Covid-19 masuk ke Indonesia, jahe sudah dipercaya dapat mengobati berbagai gangguan kesehatan. Selain dapat mengobati batuk dan mengatasi mual, jahe juga dapat menjaga kondisi tubuh, seperti menurunkan berat badan, meningkatkan nafsu makan serta menjaga kondisi jantung.

Bawang Merah

Source: Google Image

Pada saat masa kanak-kanak dulu dan ketika Anda mengalami demam tinggi, pernahkan tubuh Anda dilumuri oleh parutan bawang merah yang dicampur dengan minyak kayu putih? Jika iya, bawang merah memang terbukti ampuh menurunkan demam pada bayi dan anak-anak, karena kandungan senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai anti peradangan dan menurunkan demam. Fungsi lain dari flavonoid adalah dapat membantu mengurangi risiko kanker, penyakit jantung serta diabetes.

Baca juga : Ini Fakta Senyawa Flavonoid yang Perlu Anda Ketahui

Selain kandungan flavonoid, bawang merah juga memiliki kandungan senyawa fenol yang mampu mengatasi peradangan, mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, menurunkan kolesterol, mengontrol kadar gula dalam darah serta mengatasi infeksi akibat bakteri dan virus.  

Kunyit

Source: Google Image

Pantas saja kalau kunyit sering dijadikan minuman kesehatan, karena segudang manfaat yang dihasilkan dari rempah ini. Tidak hanya mudah didapat dan mampu memberikan cita rasa tersendiri pada masakan, kunyit ternyata mengandung zat kurkumin yang memiliki efek antioksidan dan anti peradangan yang baik bagi kesehatan tubuh. Sehingga, kunyit merupakan pilihan tepat bagi Anda yang sedang mengalami sakit kepala, sakit perut atau bahkan nyeri sendi.

Baca juga : Resep Jamu Kunyit Asam, Segar dan Mudah Dibuat

Sebagai antioksidan, curcumin dalam kunyit juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak, mengatasi infeksi pada luka dan memelihara fungsi hati. Selain itu, kunyit juga dapat menurunkan risiko beberapa penyakit berbahaya seperti jantung dan kanker.

Serai

Source: Google Image

Serai merupakan rempah-rempah yang sering dijadikan bumbu pelengkap masakan karena memiliki aroma yang khas. Bahkan, karena aromanya yang cukup kuat, tak jarang kalau rempah ini dijadikan bahan untuk aromatherapy.

Baca juga : Mengenal Manfaat dan Efek Samping Serai untuk Kesehatan

Selain itu, serai juga merupakan rempah-rempah yang menyimpan ragam manfaat kesehatan, seperti mengatasi diare, nyeri lambung, batuk dan pegal-pegal. Tak hanya melezatkan makanan dan mengobati masalah kesehatan, banyak orang yang meyakini kalau minum air serai hangat dapat menenangkan pikiran dan meredakan rasa cemas.

Kayu Manis

Source: Google Image

Selain serai, kayu manis merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki aroma dan rasa yang sangat khas. Karena, kayu manis kaya akan berbagai sifat antioksidan dan antibiotik, sehingga rempah ini sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti mencegah diabetes, anti-Inflamasi, mengurangi nyeri rematik serta baik untuk kesehatan jantung. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari rempah ini adalah dengan merendamnya di dalam air beberapa saat.

Daun Salam

Source: Google Image

Bagi Anda yang hobi masak pasti sudah tidak asing lagi dengan daun salam. Maklum saja, daun salam memang memiliki peran penting agar masakan terasa lebih lezat dan beraroma nikmat. Namun, selain terkenal sebagai bumbu masakan, daun salam merupakan tanaman rempah yang dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit.

Daun salam memiliki kandungan senyawa seperti niasin, serat, tanin, dan vitamin C yang mampu menurunkan kadar trigliserida. Beberapa zat tersebutlah yang membuat daun salam dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti mengobati asam urat, mengatasi masalah pencernaan, mengurangi nyeri serta mengobati flu dan batuk.

Selain dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, rempah ini juga terbukti dapat memelihara kesehatan, seperti mengontrol gula darah, menyehatkan mata serta menjaga kesehatan rambut. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari daun salam, Anda perlu merebus daun salam dengan air secukupnya, kemudian air rebusan daun salam tersebut Anda minum.

Bawang Putih

Source: Google Image

Bawang putih merupakan salah satu rempah wajib yang digunakan dalam masakan. Tidak heran jika keberadaannya di dapur begitu dibutuhkan. Namun, apakah Anda sudah mengetahui jika bawang putih merupakan obat herbal yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit?

Baca juga : 12 Manfaat Menakjubkan dari Bawang Putih

Seperti yang KAWN lansir dari sehatq.com bahwa bawang putih memiliki kandungan senyawa sulfur aktif, seperti diallyl disulfide dan s-allyl cysteine, yang mana jika bawang putih mentah dikunyah dalam mulut, maka zat-zat yang keluar dari bawang putih akan bereaksi membentuk kandungan allicin. Tentu saja proses ini berdampak baik pada kesehatan tubuh Anda, seperti menangkal pilek, radang dan batuk, menurunkan kolesterol, mengendalikan tekanan darah serta menjaga kesehatan jantung.

Biji Ketumbar

Source: Google Image

Dengan meminum segelas air rendaman biji ketumbar, Anda akan merasakan ragam manfaat rempah tersebut bagi kesehatan Anda. Manfaat kesehatan yang didapat antara lain mencegah dan mengobati diabetes, menyembuhkan diare, mengatasi masalah mata, mencegah radang sendi dan rematik, mencegah sakit perut, menyembuhkan masalah kulit serta mengobati penyakit cacar. Namun, karena bentuknya yang sangat mirip dengan biji merica, Anda perlu perhatikan dengan benar, mana biji merica dan mana biji ketumbar, jangan sampai tertukar ya!


Itulah beberapa rempah-rempah khas Indonesia yang memiliki ragam manfaat kesehatan selain sebagai bumbu masakan. Dalam pemanfaatannya sebagai obat herbal, mungkin ada beberapa rempah yang perlu proses pengolahan sebelumnya, akan tetapi ada juga yang langsung dikonsumsi tanpa harus diolah. Namun, selain segudang manfaat dari rempah-rempah tersebut, Anda juga perlu tahu beberapa efek samping jika salah cara mengonsumsi obat herbal tersebut.

Jika Anda pernah memiliki gangguan kesehatan lalu merasa sembuh setelah mengonsumsi rempah-rempah tersebut, boleh share pengalaman Anda di kolom komentar ya! ditunggu!