Apa itu Email Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis F&B

-

Mungkin jika Anda seseorang yang bekerja dibidang pemasaran, pastinya sudah sangat mengenal istilah email marketing, namun sebaliknya jika Anda tidak berkecimpung didunia pemasaran, mungkin email marketing merupakan hal baru bagi Anda. Lantas, apa itu email marketing? Dan apa saja manfaatnya dalam dunia bisnis F&B?

Baca juga : 4 Cara Memulai Bisnis F&B

Sederhananya email marketing adalah salah satu strategi marketing yang banyak dimanfaatkan oleh perusahaan untuk melakukan pemasaran dengan menggunakan email sebagai medianya. Dengan memanfaatkan email marketing, program promosi dapat dengan mudah diterima oleh konsumen. Selain tepat sasaran, strategi ini juga bisa Anda lakukan secara continue.

Baca juga : 5 Cara Melakukan Promosi Online untuk Bisnis F&B

Menariknya, banyak perusahaan lebih suka melakukan kegiatan marketing dengan basis online, menurutnya cara ini dinilai cukup efektif, karena konsumen dapat dengan mudah mengaksesnya selama 24 jam. Terlebih jika bisnis Anda bergerak di bidang F&B, Anda dapat dengan mudah memberikan informasi yang up to date tentang bisnis F&B Anda melalui media email marketing.

Baca juga : 7 Trik Memanfaatkan Media Sosial untuk Tingkatkan Penjualan

Diatas sudah KAWN jelaskan tentang apa itu email marketing, lantas apa saja sih jenis-jenis dari email marketing yang Anda tahu, berikut daftarnya :

Newsletter Email

Email jenis ini adalah yang paling banyak digunakan para pebisnis saat ini untuk mempromosikan brand-nya kepada konsumen atau calon konsumen baru. Tujuan dari newsletter ini bermacam-macam, ada yang hanya memberikan informasi tentang bisnis Anda, ada yang untuk mengundang visitor lebih banyak lagi dengan mencantumkan link website atau media sosial bisnis Anda, atau untuk menawarkan promo atau diskon khusus. Biasanya newsletter juga disertai desain unik dan menarik agar penerima email tertarik untuk membaca.

Digest Email

Bedanya digest email dengan newsletter ada pada rutinitas pengirimannya. Jika newsletter kebanyakan hanya beberapa kali kirim dengan periode yang terbilang acak, beda dengan digest email. Digest email akan otomatis dihasilkan oleh mailing list elektronik. Anda bisa mengatur periode email atau konten tersebut dikirimkan. Misalnya 1 minggu, 1 bulan, atau bahkan 1 tahun. Penerimanya juga bisa diatur, mau 10, 50, atau berapa pun, dalam sekali mengirim.

Email Transaksional

Email jenis ini biasanya dikirim setelah terjadi persetujuan pembelian, misalnya ketika konsumen telah melakukan order melalui website Anda. Anda bisa mengirim email ini untuk melanjutkan ke proses transaksi. Biasanya berisi tentang data diri pembeli, crosscheck rincian belanja atau pemberitahuan harga.

Email Sponsorship

Jika Anda ingin menjangkau masyarakat luas yang benar-benar baru alias belum pernah mengetahui bisnis Anda sama sekali, email jenis inilah yang harus dicoba. Inti dari email ini, Anda akan ‘menumpang’ ke newsletter vendor lain yang sudah lebih dulu dikenal oleh target pasar Anda.

Untuk menggunakan email sponsorship, biasanya Anda perlu membayar ke vendor yang ‘ditumpangi’. Jangan lupa untuk memilih vendor yang cukup potensial agar bisa membawa pengaruh pada bisnis Anda nantinya.

KAWN sudah jelaskan apa itu email marketing beserta jenis-jenisnya, untuk itu, apa sih manfaat email marketing terhadap bisnis F&B Anda? Melansir sirclo.com, berikut 5 manfaat email marketing untuk bisnis F&B, berikut penjelasannya.

Bersifat Personal

Pada dasarnya email merupakan media pemberi informasi yang bersifat personal atau pribadi. Jadi, tentu saja email marketing yang bersifat personal ini akan memberikan perhatian yang lebih besar kepada loyal customer Anda atau bahkan terhadap calon konsumen baru. Saat konsumen Anda merasa nyaman menerima informasi berupa email, maka akan terasa jauh lebih mudah untuk menawarkan produk F&B Anda kepada mereka melalui email yang anda kirimkan.

Cepat Dalam Memberikan Informasi

Adanya email marketing dapat mempermudah program promosi Anda, termasuk menjangkau para konsumen dengan mudah dan cepat. Karena dengan menggunakan email marketing, informasi yang diberikan dapat langsung diterima oleh konsumen di mana pun mereka berada.

Hal ini berbanding terbalik jika Anda melakukan promosi dengan media lain, seperti media cetak, media televisi atau bahkan media luar ruang. Karena dengan media-media tersebut, ada proses yang cukup lama yang harus dijalani sebelum informasi tersebut dapat tersampaikan.

Tepat Sasaran atau Sesuai Target Market Bisnis Anda

Melalui email marketing, tentu saja memungkinkan Anda untuk melakukan promosi yang sesuai dengan target market bisnis F&B Anda. Dengan demikian, email yang Anda dikirim benar-benar tertuju pada konsumen yang membutuhkan produk F&B Anda.  

Sebagai contoh, jika bisnis F&B Anda bergerak dibidang penyedia katering harian, Anda bisa saja kirimkan email penawaran produk katering Anda kepada karyawan kantoran. Dengan begitu, mungkin saja mereka akan melakukan pembelian setelah menerima email marketing dari Anda.  

Membangun Interaksi Antara Bisnis F&B Anda Dengan Konsumen

Dengan menggunakan email marketing, membuat Anda dapat berinteraksi lebih dalam dengan konsumen Anda. Anda bisa menjalin hubungan baik yang tentu saja dapat menjaring feedback dari konsumen Anda, yang pastinya bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi terhadap produk bisnis F&B Anda.

Namun, email yang anda kirimkan jangan hanya dalam bentuk penawaran produk F&B atau promosi saja, melainkan anda dapat memberikan beberapa tips atau informasi penting yang berkaitan dengan produk Anda. Hal ini dilakukan agar konsumen tidak merasa jenuh saat menerima email dari Anda.

Hemat Biaya

Dengan menggunakan email marketing tentu saja biaya yang ditanggung akan lebih ringan. Anda hanya memerlukan jaringan internet dan akun email yang bisa Anda buat secara gratis.

Hal ini tentu berbanding terbalik jika Anda melakukan promosi melalui media lain seperti televisi atau media cetak, yang pastinya memakan budget yang cukup mahal. Selain itu tingkat responsif dari konsumen lebih tinggi jika menggunakan email marketing. Hal inilah yang membuat email marketing menjadi metode promosi yang paling sering digunakan oleh banyak pengusaha.

Jadikan email marketing Anda sebagai landasan untuk dapat nge-link ke website bisnis F&B Anda. Disaat Anda mengirim email marketing, jangan lupa, coba sisipkan link website bisnis F&B Anda, Hal ini guna untuk menambah trafik atau viewer pada website Anda, yang nantinya bertujuan untuk meningkatkan brand awareness bisnis F&B Anda.


Itulah penjelasan tentang email marketing dan beberapa manfaat terhadap bisnis F&B. Saat ini banyak strategi marketing yang bisa Anda lakukan untuk perkembangan bisnis F&B Anda, namun tidak ada salahnya jika anda mencoba email marketing sebagai media promosi bisnis F&B Anda. Apakah Anda pernah memiliki pengalaman menggunakan email marketing? Jika ya, boleh share pengalaman Anda di kolom komentar ya!