Apa itu QRIS dan Manfaatnya Bagi Pelanggan?

-

Pernahkah Anda mengunjungi coffee shop yang tidak menyediakan buku menu, malahan menggunakan pindai kode QR untuk mengakses menu? Jika iya, maka itu merupakan salah satu contoh revolusi teknologi yang mengubah pola konvensional menjadi serba digital.

Baca juga : Perbedaan E-Money dan E-Wallet yang harus Anda tahu

Menurut wikipedia.com kode QR (Quick Response) adalah sebuah jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan di Jepang. Kode QR resmi dipublikasikan pada tahun 1994 yang berfungsi untuk menyimpan informasi dengan cepat dan mudah.

Baca juga : Sejarah QR Code & Barcode Garis

Pada awal kemunculan kode QR hanya diperuntukkan untuk kebutuhan industri manufaktur saja. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi informasi, kode QR digunakan juga di berbagai sektor, tak terkecuali sektor finansial.

Baca juga : QR Code, Berawal dari Kasir Menuju Digital Payment

Saat ini, kode QR telah dimanfaatkan oleh Bank Indonesia sebagai medium penyimpan uang digital yang dapat menggantikan uang cetak. Kode QR tersebut dikenal dengan istilah QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). QRIS adalah penyatuan berbagai macam kode QR (Quick Response) dari penyelenggara jasa sistem pembayaran (PJSP) yang menggunakan kode QR (BI, 2020).    

Baca juga : Bank Indonesia Terbitkan Ketentuan Pelaksanaan QRIS

Dengan adanya QRIS proses transaksi pembayaran antara merchant dengan pelanggan dapat dilakukan hanya dengan pindai kode QR saja. Semua transaksi keuangan tersebut dapat tercatat dan tersimpan secara otomatis tanpa kekeliruan yang berarti. QRIS dapat diterbitkan oleh perusahaan bank dan non bank yang telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia.

Toko, swalayan, coffee shop, restoran dan warung dapat mendaftarkan diri untuk bergabung bersama QRIS dengan mengunjungi salah satu cabang PJSP yang sudah berizin BI, kemudian melakukan proses registrasi. Setelah proses registrasi dilakukan, maka PJSP akan menerbitkan kode QRIS yang dapat dicetak dan ditempel di bagian kasir.

Kode QRIS memungkinkan untuk integrasi dengan aplikasi kasir online yang menjadi rekanan merchant tersebut. Apabila merchant merasa kurang memahami penggunaan QRIS, maka petugas PJSP dapat memberikan pengarahan mengenai tata cara kerja dari sistem tersebut.

Lalu apa saja manfaat yang diperoleh oleh pelanggan dengan menggunakan sistem QRIS? Melansir dari bi.go.id terdapat beberapa manfaat yang diperoleh oleh pelanggan dengan sistem tersebut.

Transaksi Menjadi Lebih Cepat dan Mudah

Sesuai dengan namanya, yakni kode Quick Response, maka semua proses transaksi pun dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Cukup dengan mengunduh aplikasi QRIS lalu melakukan registrasi dan isi saldo, maka pelanggan dapat langsung menggunakan dompet digital tersebut sebagai medium pembayaran.

Baca juga : Kenali 5 Manfaat Transaksi Non Tunai

Transaksi Menjadi Lebih Aman dan Terjamin.

Pelanggan tidak perlu repot-repot membawa uang tunai yang banyak, karena uang tersebut dapat digantikan dengan dompet QRIS. Tentunya hal tersebut dapat mengurangi resiko kecopetan atau tindak kriminal lainnya. QRIS pun memiliki sistem keamanan yang berlapis, sehingga kemungkinan untuk diretas pun juga sangat minim dan pelanggan pun akan merasa lebih nyaman dan aman. Jangan takut menggunakan QRIS, karena QRIS diawasi langsung oleh Bank Indonesia.

Lebih Higienis

Saat pandemi seperti sekarang ini, rasanya menggunakan uang tunai akan membahayakan pelanggan, karena uang tunai dapat menjadi medium perantara segala macam virus. QRIS hadir sebagai solusi untuk mengurangi dan mencegah pelanggan terpapar oleh segala macam infeksi virus.

Baca juga : Bayar Tanpa Cash Bisa Cegah Penularan Virus Corona

Cukup dengan pindai tanpa menyentuh alat atau barang lainnya, pelanggan dan merchant dapat melakukan transaksi tanpa harus bersentuhan secara fisik. QRIS sangat direkomendasikan untuk digunakan pada saat pandemi virus Covid-19.

Nah, berikut tadi adalah beberapa pemaparan dan manfaat dari penggunaan QRIS bagi industri dan perdagangan. Bagi Anda seorang pebisnis F&B dan sedang menuju penggunaan QRIS, melalui aplikasi kasir online KAWN, Anda dapat mengintegrasikan kode tersebut langsung ke aplikasi. Kemudahan dan kepraktisan tersebut dapat Anda miliki dengan hanya klik disini lalu ikuti petunjuk yang telah disediakan. Mari melakukan transformasi digital mulai kini dan nanti.