API Teknologi Perantara Antar Aplikasi

-

API atau yang dikenal dengan istilah application programming interface merupakan angin segar bagi dunia teknologi informasi. Kehadiran teknologi ini memberikan kemudahan, baik dalam proses pengembangan maupun dalam penggunaan aplikasi oleh users.

Layaknya sebuah jembatan penghubung, kehadiran API mempermudah sebuah perusahaan untuk melakukan integrasi layanan dengan perusahaan lain. Sebuah perusahaan teknologi tidak perlu repot lagi membangun sistem dari awal, ketika ada layanan tambahan yang ingin dijahit ke dalam sistem, baik yang sifatnya internal maupun eksternal.

Namun, mungkin beberapa diantara Anda ada yang masih awam dan belum mengenal betul apa itu API dan jenisnya. Melalui artikel ini KAWN POS akan memberikan uraian singkat mengenai API kemudian meliputi jenis serta contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: API: Pengertian, Jenis, Cara Kerja, Arsitektur, Dan 5 Contohnya

API Mempermudah Integrasi Layanan Lain

source : mulesoft

Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa API adalah sebuah perantara yang menghubungkan antara server dengan aplikasi. Melalui API, sebuah perusahaan teknologi informasi tidak perlu lagi membangun sistem yang sudah ada untuk menjahitkan dengan sebuah sistem atau layanan lain yang sifatnya tambahan.

Sebagai contoh, KAWN POS adalah aplikasi kasir online yang memiliki fungsi utama sebagai penyedia layanan pencatatan transaksi keuangan, laporan penjualan, pencatatan stok dan kegiatan operasional bisnis lainnya. Namun, terkadang sebuah bisnis juga membutuhkan layanan tambahan yang bersumber dari perusahaan diluar KAWN POS.

Pebisnis membutuhkan penyedia layanan transaksi keuangan, seperti institusi perbankan, layanan dompet digital, e-commerce atau layanan pesan-antar paket. Alangkah lebih praktis apabila semua layanan tersebut dapat terhubung di dalam satu aplikasi, sehingga bisa menyederhanakan proses bisnis sehari-hari. Kemudahan tersebut dapat terbantu dengan adanya integrasi antar API penyedia layanan.

Baca juga: PPOB, Bisnis Fleksibel yang Minim Modal

Jenis Layanan API

source : IDCloudHost

Dalam penggunaannya API memiliki beberapa jenis, seperti publik API yang merupakan API dengan sistem terbuka. Pengertian konsep terbuka disini adalah siapapun bisa mengakses data dan informasi pada penyedia layanan tersebut, tanpa harus meminta akses kepada penyedia layanan.

Beberapa perusahaan yang menyediakan layanan API terbuka adalah google maps. Kemudian ada private API atau layanan API sistem tertutup, biasanya jenis API ini adalah API internal perusahaan yang sifatnya lokal dan hanya diperuntukan bagi perusahaan tersebut. Misalnya integrasi antara back end dengan front end.

Baca juga: Kerap Beriringan, Apa Perbedaan Antara Front End dan Back End?

Selanjutnya ada patner API, yang mana jenis ini merupakan yang sering dilakukan antara perusahaan, namun tentu dengan perizinan antara kedua belah pihak. Contoh, adalah integrasi antara grabbike dengan layanan dompet digital OVO.  Dan terakhir ada composite API yang mana jenis API yang memungkinkan menyimpan data dari berbagai server dalam satu tempat, sehingga menghemat waktu pengguna ketika melakukan akses layanan tersebut.

Manfaat API

source : cleo

Poin terakhir ini akan fokus membahas manfaat penggunaan API dalam kegiatan bisnis. Manfaat yang pertama perusahaan dapat melakukan ekspansi fitur tanpa harus melakukan pengembangan dari awal.

Sebagai gambaran layanan aplikasi transportasi daring yang bisa memperluas lini bisnis dengan melakukan kerjasama dengan layanan pemetaan web. Kedua, manfaat dari integrasi API adalah efisiensi dalam pengembangan aplikasi.

Penjabaran dari manfaat kedua ini sangatlah nyata, karena pihak pengembang tidak perlu repot-repot melakukan meeting atau koordinasi yang menyita waktu dan tenaga. Cukup dengan kode API kemudian lakukan integrasi maka proses kerjasama pun bisa terjalin secara efisien.

Dengan adanya teknologi API beban penyimpanan data server akan jauh lebih ringan. Mengapa? Karena ketika perusahaan membutuhkan data dari rekan penyedia layanan mereka hanya tinggal meminta data tersebut dari server rekan penyedia layanan lain, sehingga server akan lebih hemat dalam menyimpan data.

Baca juga: Perangkat Lunak Pendukung Bisnis, UMKM Wajib Pakai Nih!

Uraian singkat diatas adalah beberapa serba-serbi mengenai teknologi API dan jenis serta manfaatnya pada dunia teknologi informasi. Apabila Anda mempunyai pertanyaan seputar penggunaan API, jangan sungkan untuk komen di kolom komentar ya!

Terus simak dan dapatkan artikel teknologi lainnya hanya di blog KAWN. KAWN satu harga, semua fitur. Sampai jumpa!