Sering Lemas? Ini Dia 5 Makanan Penambah Stamina

-

Kondisi badan yang lemas dan lesu dapat mengganggu performa saat beraktivitas, hal ini bisa saja menurunkan produktivitas pekerjaan Anda. Dengan padatnya aktivitas harian Anda, sepertinya tidak ada yang ingin memulai hari dengan badan lemas.

Baca juga : 5 Minuman Sehat yang Mudah dibuat

Ketika kondisi ini sudah menyerang, mungkin banyak dari Anda yang mengonsumsi obat penambah stamina, energy drink atau doping sebagai energy boosting. Akan tetapi, minuman multivitamin dan obat-obatan sejenis ini akan berdampak tidak baik pada kesehatan, apabila dikonsumsi terus-menerus.

Baca juga : Anda Minum Multivitamin Setiap Hari? Waspada Bahayanya

Daripada menanggung resiko gangguan kesehatan terus-menerus, ada baiknya Anda mengonsumsi makanan yang lebih alami dan menyehatkan. Melansir health.kompas.com, berikut macam-macam makanan penambah stamina yang lebih sehat untuk dikonsumsi.

Buah Pisang

Kalau kita ditanya tentang buah apa yang bisa menjaga stamina? mungkin kita sepakat kalau buah pisang lah yang paling pas untuk menjaga stamina tetap prima. Ya, buah pisang dari dahulu memang dipercaya sebagai buah penambah stamina, makanya tidak jarang kalau kita sering dianjurkan makan pisang sebelum beraktivitas atau berolahraga.

Baca juga : Ragam Manfaat Pisang untuk Maniskan Hidup

Buah pisang kaya akan kandungan gizi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh Anda. Antioksidan, serat pangan dan glukosa yang terkandung dalam buah pisang sangat baik untuk menjaga stamina Anda, sedangkan kandungan protein pada buah pisang sangat baik untuk menjaga fungsi dan kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan sistem saraf. Selain itu, kandungan asam amino pada pisang juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Ikan

Dalam pembentukan energi, protein menjadi sumber utama yang sangat dibutuhkan. Untuk itu, jika sehari-hari Anda banyak beraktivitas, maka sangat memerlukan asupan energi yang cukup. Kebutuhan akan protein bisa didapatkan dari mengonsumsi ikan secara teratur.

Ikan kaya akan protein, vitamin, mineral dan omega-3. Sebut saja ikan salmon, setiap 100 gram ikan salmon mengandung 142 kkal energi, 20 gram protein, omega-3 dan vitamin, yang merupakan perpaduan lengkap yang dibutuhkan untuk menjaga stamina tubuh Anda. Bagaimana, masihkah Anda malas makan ikan setelah tau manfaatnya?

Telur Ayam Kampung

Selain ikan, sumber protein lainnya yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan stamina adalah telur. Namun, jika ingin hasil yang lebih maksimal, boleh dicoba telur ayam kampung sebagai pilihannya. Sebab telur ayam kampung memiliki protein yang lebih tinggi dibanding telur ayam ras.

Telur ayam kampung mengandung banyak protein, sehingga tidak menyebabkan peningkatan gula darah dan insulin. Itulah sebabnya, kenapa telur ayam kampung bisa menjadi makanan andalan penambah stamina. Ditambah, kandungan asam amino esensial yang mampu mendongkrak stamina Anda.

Sayuran berdaun hijau

Setelah Anda mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan protein, tapi kenapa tubuh ini masih terasa lemas ya? Apakah Anda pernah mengalami kondisi ini, jika iya? Mungkin penyebabnya bisa jadi karena protein yang telah masuk kedalam tubuh tidak diedarkan dengan baik oleh darah.

Sementara itu, untuk menyebarkan protein dan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, darah membutuhkan hemoglobin yang terbentuk dari zat besi. Kandungan zat besi dapat diperoleh dari mengonsumsi banyak sayuran hijau. Seperti bayam, sawi, dan lain sebagainya. Terjawab sudah, kenapa tokoh kartun Popeye jadi sangat kuat setelah makan bayam? jadi jangan kaget ya kalau Anda merasa prima setelah memakan bayam.

Yogurt

Jika Anda ingin meningkatkan energi dengan cepat, makan lah yogurt. Yogurt merupakan makanan penambah energi yang sangat baik, karena mengandung laktosa tinggi yang mudah dijadikan energi tambahan bagi tubuh Anda.

Yogurt juga mengandung protein yang cukup tinggi, yang dapat memperlambat penyerapan laktosa, sehingga membuat tubuh Anda akan berstamina lebih lama. Selain dapat meningkatkan energi. Yogurt sangat terkenal sebagai makanan yang tinggi akan probiotik.

Probiotik merupakan bakteri baik yang membantu untuk memperlancarkan pencernaan. Bukan hanya itu saja, Yogurt memiliki kandungan vitamin B kompleks, magnesium, kalium, fosfor, zat besi serta zinc. Jadi, kalau mau sehat pencernaan dan stamina terjaga, rajin minum yogurt ya!

Itulah beberapa makanan yang dapat meningkatkan stamina Anda. Mulai sekarang, ayo jaga kesehatan Anda dengan mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan nutrisi. Dari daftar diatas, kira-kira kira mana nih yang sering Anda konsumsi? Tulis di kolom komentar ya!