Apa Itu Webinar serta Manfaatnya Terhadap Bisnis Anda

-

Apa itu webinar? Lalu apa manfaat dari webinar? Karena sering kali mendengar istilah webinar, mungkin ini adalah pertanyaan yang muncul di benak Anda, namun jika Anda adalah pelaku bisnis, mungkin Anda sudah cukup familiar dengan istilah webinar ini.

Baca juga : 5 Trend Bisnis Online Potensial saat Masa New Normal

Jika Anda belum mengetahui apa itu webinar, maka webinar merupakan sebuah singkatan dari kata web dan seminar. Yakni sebuah seminar yang dilakukan melalui sebuah situs web atau aplikasi tertentu berbasis internet. Teknik ini sendiri memungkinkan pembicara atau pengisi materi membagikan informasi lewat internet maupun media elektronik lainnya.

Baca juga : 7 Trik Memanfaatkan Media Sosial untuk Tingkatkan Penjualan

Dalam dunia bisnis, webinar juga bisa dijadikan aktivitas marketing yang berbentuk video conference yang dapat diikuti oleh banyak peserta dari seluruh penjuru dunia untuk saling berdiskusi atau memperkenalkan produk. Tidak hanya terkoneksi secara virtual dan mampu menjangkau orang-orang yang tidak terjangkau dengan pertemuan fisik, webinar juga merupakan alat pemasaran yang sangat efektif dan efisien. Untuk itu, seperti  yang KAWN lansir dari mebiso.com, berikut adalah manfaat webinar terhadap bisnis Anda.

Mengumpulkan Leads

Leads atau database yang potensial dapat diraih dengan menggunakan sesi webinar, karena memungkinkan bagi Anda untuk melanjutkan follow up secara kontak langsung di luar sesi webinar. Anda harus pintar-pintar memanfaatkan dan menjaga momen saat webinar tengah berjalan, agar prospek tidak kabur karena bosan atau tetap hadir tapi malas mendengarkan Anda.

Baca juga : 10 Teknik Jitu Menghasilkan Lebih Banyak Leads untuk Bisnis

Selain itu, masukan pertanyaan-pertanyaan yang mengharuskan mereka meninggalkan data mereka dalam form pendaftaran webinar, seperti nama depan, nama belakang, telepon yang bisa dihubungi, alamat email, perusahaan dan jabatan pekerjaan. Pastikan form pendaftaran tidak terlalu panjang agar mereka tidak merasa terhalangi dan memilih untuk membatalkan keikutsertaan.

Mengumpulkan Feedback

Feedback merupakan komentar yang sangat penting bagi brand bisnis Anda, terutama jika Anda mendapatkannya langsung dari komunikasi dua arah yang dilakukan melalui webinar. Anda dapat berinteraksi langsung secara instan dengan para calon pelanggan Anda, serta mendengarkan masukan dari mereka dan menganalisa solusi yang tepat bagi mereka untuk kemudian disesuaikan dengan produk Anda.

Baca juga : Media Sosial x Bisnis

Media Promosi yang Sangat Efektif dan Efisien

Promosi online seperti webinar akan sangat lebih efektif dan menghemat biaya dibanding Anda melakukan promosi offline seperti event, offline campaign dan lain sebagainya. Melakukan promosi offline tentunya akan memakan banyak biaya dan waktu, karena beberapa hal teknis yang harus Anda persiapkan.

Baca juga : Promosi Lewat Media Sosial Dinilai Lebih Efektif, Mengapa?

Namun, jika Anda menggunakan webinar untuk memberikan informasi mengenai produk Anda, maka jangan lupa untuk senantiasa memberikan kualitas materi yang bagus, karena hal ini merupakan kunci agar audience tidak meninggalkan sesi webinar disaat webinar Anda sedang berlangsung.

Baca juga : Cara Jitu Menyelenggarakan Webinar

Webinar Sebagai Alat Demonstrasi Bisnis Anda

Bila bisnis Anda sedang meluncurkan sebuah produk baru, media apa yang akan Anda gunakan untuk mengedukasi calon pelanggan Anda? Apakah Anda masih menggunakan cara lama seperti promosi offline, sepertinya hal tersebut tidak lagi efektif ya, karena memerlukan banyak waktu, tenaga dan dana. Untuk itu, cobalah demonstrasikan produk Anda dengan menggelar webinar, lalu kenapa webinar?

Karena webinar merupakan cara yang strategis yang sering dipakai untuk mengedukasi audience, webinar pun dapat menjaring banyak audience dalam satu waktu dan pastinya dapat menghemat biaya. Tujuan dari demonstrasi ini adalah agar banyak orang tau tentang produk Anda, karena semakin banyak orang yang tahu fungsi produk dengan detail, maka produk Anda akan semakin banyak dikenal orang banyak. Pada sesi ini, Anda bisa memberikan edukasi untuk mereka yang belum terlalu paham dengan produk Anda.

Meningkatkan Brand Awareness dan Brand Engagement

Saat ini banyak hal dilakukan agar brand awareness semakin meningkat, mulai dari menjalankan promosi offline, beriklan pada media konvensional seperti televisi, radio dan sebagainya, bahkan sampai menjalankan promosi melalui media internet seperti webinar. Tentunya kecenderungan meningkatnya pengguna internet sangat berdampak pada pola para pebisnis untuk melakukan program promosi.

Inilah salah satu alasan mengapa banyak pengusaha yang memanfaatkan webinar karena dianggap efektif dalam meningkatkan brand awareness. Webinar dapat digunakan sebagai ajang untuk menceritakan keunggulan bisnis Anda, salah satunya dengan cara menyediakan info dan tips bermanfaat untuk calon pelanggan.

Selain itu webinar juga sangat efektif dalam Membangun brand engagement dengan calon pelanggan, karena webinar dapat menghubungkan secara langsung antara Anda kepada konsumen. Untuk itu isi dari seminar yang dibahas harus dapat merepresentasikan brand Anda, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Webinar merupakan teknologi yang akan memungkinkan para pemilik bisnis untuk mengadakan seminar, talkshow, diskusi dan berbagai kegiatan yang lain secara online tanpa harus berada di lokasi yang sama. Hal ini akan sangat memudahkan dan juga menghemat biaya. Beberapa tools yang mungkin bisa Anda coba untuk melangsungkan webinar seperti  Google Hangouts, WebinarJam, EverWebinar atau bisa juga Anda pakai aplikasi yang sangat sering digunakan di Indonesia, yaitu Zoom.  

Baca juga : Ketahui Apa Itu Zoom Webinar dan Cara Menggunakannya

Jadi apakah Anda sudah tahu apa itu arti webinar? Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan tulis di kolom komentar ya!