Aplikasi Kasir berbasis Point-of-Sales Tingkatkan Penjualan

-
Point of Sale (kawn.co.id)

Bukan rahasia bahwa memiliki software point-of-sales seperti aplikasi kasir yang baik adalah kunci bukan hanya untuk meningkatkan penjualan Anda, tetapi juga membuat pelanggan Anda bahagia. Anda dapat melatih staf penjualan Anda dalam teknik terbaru untuk menutup penjualan dan tidak ada keraguan bahwa pelatihan staf yang berkelanjutan dapat memainkan peran besar dalam kesuksesan bisnis Anda.

Mungkin Anda sulit untuk membedakan software aplikasi POS dengan aplikasi kasir? POS (Point of Sales) adalah seperangkat sistem yang terdiri dari komputer sistem operasi, hardware dan software yang didesain sesuai dengan keperluan dan dapat diintegrasikan dengan beberapa alat pendukung agar dapat membantu mempercepat proses transaksi. Untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang dagang dan manufaktur pada umumnya menggunakan sistem POS dalam menunjang kegiatan usahanya, kenapa? Ada beberapa alasan:

Pertama, adalah kustomisasi antar satu usaha dagang dengan usaha dagang yang lain berbeda. Hal ini tidak bisa diakomodir oleh mesin kasir yang notabene mesin kasir tidak bisa di setting sebaik aplikasi kasir dengan sistem POS.

Alasan kedua adalah kebutuhan controlling terhadap stok yang cepat dan akurat,
Alasan ketiga adalah fasilitas cetak nota atau faktur yang berbeda beda, tidak selalu menggunakan ukuran kertas struk kecil. Alasan keempat adalah kebutuhan setiap pemilik usaha yang berbeda-beda. Misalkan kebutuhan akan laporan hutang piutang dalam tempo beberapa hari atau bahkan bulan.

Program aplikasi kasir Point of sales telah ada selama lebih dari dua dekade, dan popularitas mereka telah meningkat secara substansial dalam lima tahun terakhir karena pemilik bisnis ritel terus mencari cara inovatif untuk meningkatkan efisiensi bisnis mereka dengan data penjualan, inventaris dan pelaporan yang tidak tersedia dengan cash register tradisional.

Namun terkadang beberapa pertanyaan penjualan sederhana dapat mengangkat penjualan Anda ke level yang baru dan Anda dapat menggunakan perangkat lunak untuk membantu Anda melakukan hal ini.  Berikut ini terdapat 3 hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan Anda secara keseluruhan.

Produk Tambahan
Setelah pelanggan tiba di kasir untuk menyelesaikan pembelian, Anda dapat menggunakan elemen yang berbeda dari perangkat lunak Anda untuk meminta staf penjualan menanyakan beberapa pertanyaan terkait terkait pembelian tertentu. Anda dapat menghubungkan ini dari pengalaman Anda sendiri ketika Anda ingat berapa kali Anda diminta oleh kasir untuk meyakinkan pesanan Anda, teknik sederhana ini dapat meningkatkan penjualan secara fenomenal.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa jika mereka mengubah pertanyaan mereka menjadi ‘apakah Anda ingin kopi itu atau ditambahkan gula? Atau sekedar menanyakan ukuran pesanan Anda?’ akan menghasilkan tingkat penjualan yang lebih tinggi. Intinya adalah bahwa pertanyaan harus ditanyakan, dan dengan mengajukan pertanyaan untuk membangkitkan minat pada produk terkait di Point of sales dapat menjadi alat yang sangat efektif.

Lifeline Produk
Ketika seorang pelanggan membeli produk yang kemungkinan akan dikonsumsi dalam jangka waktu yang singkat, Anda memiliki peluang besar untuk membuat penjualan tambahan dengan menawarkan diskon untuk pesanan massal. Misalnya, pelanggan Anda membeli barang yang kemungkinan akan dikonsumsi dalam tiga atau empat minggu.

Staf penjualan dapat diminta untuk menanyakan sesuatu seperti ini “Apakah Anda ingin memanfaatkan penawaran diskon kami di mana Anda dapat memiliki tiga produk ini dengan harga dua?” Skrip penjualan yang sederhana seperti ini pada Point of sales dapat menghasilkan penggandaan penjualan untuk produk tersebut dengan sedikit atau tanpa usaha ekstra.

Kepuasan pelanggan
Berapa kali Anda tiba di rumah dengan produk hanya untuk mengetahui bahwa Anda memerlukan alat tambahan penting yang lain?  Tentu saja, saya harus kembali ke toko untuk membeli barang ini tetapi saya sangat kesal dan memutuskan untuk melakukan pembelian di tempat lain. Mengapa? Karena jika saya diberikan saran ketika saya melakukan pembelian, saya akan menjadi pelanggan yang lebih bahagia.

Program aplikasi kasir POS berkualitas tinggi (Point of sales) dapat melakukan keajaiban untuk keuntungan Anda. Beberapa fitur yang dapat disediakan oleh program Point of sales adalah:

Proses Transaksi dengan Cepat
Aplikasi kasir Point-of-Sale dapat meningkatkan kecepatan di mana staf Anda dapat memproses transaksi dengan memungkinkan mereka memindai item inventaris ke dalam sistem dengan pemindai barcode, dan dengan mengintegrasikan secara mulus dengan payment gateway.

Manajemen Inventori
Mudah dan akurat melacak inventaris produk Anda dengan memanfaatkan teknologi barcode yang menandai semua item inventaris Anda sejak saat mereka diterima di toko Anda hingga saat mereka dijual kepada pelanggan Anda.

Mengelola Daftar Pelanggan
Pelanggan Anda adalah salah satu bagian terpenting dari bisnis Anda. Program Point of Sale dapat membantu Anda melacak akun pelanggan Anda dan menunjukkan kepada Anda statistik pembelian seperti nilai pelanggan rata-rata, rata-rata pengembalian pelanggan, pelanggan teratas, dll.

Kelola Beberapa Lokasi
Beberapa program aplikasi kasir POS teratas memungkinkan Anda mengelola beberapa lokasi toko dari satu lokasi yang secara otomatis mensinkronisasi data di beberapa toko dan memungkinkan Anda melacak dan mentransfer inventaris serta menjalankan laporan dari beberapa lokasi.

Buat dan Kelola Pesanan Pembelian
Program kasir POS juga dapat membantu Anda membuat dan mengelola pesanan pembelian. Beberapa Point of sales bahkan dapat membuat rekomendasi pesanan pembelian otomatis (menu) berdasarkan statistik penjualan dan menu penjualan yang ditetapkan sebelumnya.

Hasilkan Laporan Komprehensif
Jika digunakan dengan benar, laporan komprehensif dapat berarti perbedaan antara bisnis ritel yang berjuang untuk bertahan hidup dan yang tumbuh dalam ekonomi saat ini. Semua data yang dikumpulkan oleh program aplikasi kasir POS dapat digunakan untuk menghasilkan laporan yang memberikan informasi analitik komprehensif yang dapat Anda gunakan untuk membuat keputusan bisnis cepat, yang sebelumnya tidak tersedia untuk pemilik bisnis ritel.

Integrasi Online
Beberapa program POS di pasaran kini menawarkan integrasi dengan toko web Anda, memungkinkan Anda mengelola inventori di toko dan online dari satu perangkat lunak. Integrasi dengan keranjang belanja berbasis web juga dapat membantu Anda mengelola akun pelanggan Anda di beberapa saluran pembelian, sehingga misalnya pelanggan dapat membeli barang secara online dan mengembalikannya ke salah satu lokasi ritel Anda tanpa kerumitan. Dengan pertumbuhan penjualan Internet, integrasi web telah menjadi bagian yang jauh lebih penting dari strategi bisnis ritel dan program aplikasi kasir POS Anda dapat memainkan peran integral.

Integrasi Perangkat Lunak Akun
Fitur penghematan uang dari program aplikasi kasir POS teratas adalah integrasi dengan paket perangkat lunak akun. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengekspor data langsung ke dalam paket perangkat lunak akun sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang tidak perlu dari data bisnis.

Untuk Anda yang sedang ingin merintis usaha, aplikasi kasir dirasa sangat penting. Salah satu aplikasi kasir berbasis POS adalah KAWN. KAWN hadir untuk menjawab dan mengurangi keraguan Anda dalam bisnis. Dengan KAWN Anda bisa mendapatkan kemudahan untuk mendukung usaha Anda. Pengaplikasian yang mudah dan praktis, bisa Anda coba untuk usaha membantu mmewujudkan usaha yang Anda inginkan. Lebih lengkap mengenai aplikasi kasir online KAWN, bisa Anda coba sendiri secara gratis di sini.