13 Manfaat Menggunakan Aplikasi Kasir Untuk Bisnis Anda

-

Perkembangan teknologi memungkinkan sebuah sistem modern yang dapat membantu operasional bisnis Anda secara lebih handal. Sistem tersebut dikenal dengan sebutan Point of Sale (POS). POS juga dapat disebut sebagai aplikasi untuk kasir atau sebuah cash register bisnis.

Aplikasi ini digunakan di kantor atau lokasi bisnis di mana barang atau jasa dijual kepada klien atau pelanggan. Dengan memanfaatkan teknologi Internet, program ini tidak hanya digunakan oleh gerai ritel fisik namun juga toko online.

Dengan aplikasi POS, Anda dapat mencatat semua transaksi penjualan  menggunakan komputer dan menyimpan semua informasi penjualan di perangkat Anda atau di dalam cloud (sebuah database online), termasuk memasukkan informasi barang atau jasa yang dijual beserta harga, dan jumlah yang terjual.

Apakah Anda pernah melihat mesin kasir dengan menggunakan sebuah tablet atau komputer? Mesin kasir tersebut tidak lain menggunakan sebuah aplikasi atau Software point of sales. Semakin canggih dan berkembangnya teknologi alat tersebut dapat dengan mudah membantu Anda dengan manfaat dari fitur-fiturnya.

Namun, apakah Anda tahu apa saja manfaat dari aplikasi kasir POS tersebut? Terdapat banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi kasir toko atau POS. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Proses Akuntansi jauh lebih mudah dan sederhana

Dengan aplikasi kasir, semua proses akuntansi dapat disederhanakan. Anda hanya perlu melihat pada tabel penjualan harian yang terekam secara otomatis saat adanya transaksi. Berbeda dengan mesin kasir konvensional di mana staff Anda akan dihadapkan pada ratusan struk yang menumpuk untuk dihitung secara manual agar dapat mengetahui pemasukan saat itu.

2. Mengurangi Kesalahan Dalam Transaksi
Aplikasi kasir mengizinkan Anda untuk mengecek kembali produk – produk yang Anda input. Dengan begitu Anda dapat mengurangi kesalahan transaksi penjualan. Melakukan transaksi dengan mesin kasir konvensional staff Anda akan rentan dengan kesalahan. Aplikasi kasir membantu Anda dan staff Anda untuk dapat mengurangi kesalahan transaksi penjualan tersebut. Bahkan Anda dapat memperbaiki kesalahan transaksi terakhir.  

3. Meminimalisir Kesalahan yang Dilakukan oleh Staf
Selain dapat mengurangi kesalahan transaksi penjualan, Anda dan staf Anda akan mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki persediaan barang. Dengan begitu Anda dan staff Anda dapat memperbaiki laporan keuangan. Secara ringkas, aplikasi kasir dapat meminimalisir kesalahan yang dilakukan manusia dan dapat menyelamatkan uang Anda.

4. Mempermudah Anda Mengecek Transaksi Sebelumnya
Jika Anda menggunakan aplikasi kasir, Anda akan lebih cepat dan mudah untuk melacak transaksi pada hari sebelumnya. Dengan mesin kasir konvensional, Anda akan kesulitan dalam mengecek transaksi pada seminggu atau sebulan sebelumnya. Namun aplikasi kasir mempermudah Anda melakukan itu semua.

5. Mengontrol Stok Persediaan
Aplikasi kasir dapat digunakan untuk mengontrol stok persediaan Anda. Anda dapat melihat produk apa saja yang paling laris terjual di toko Anda. Dengan berdasarkan data tersebut, Anda dapat menyetok kembali produk yang sudah mulai menipis. Jadi Anda dapat mengantisipasi agar tidak kehabisan produk di tengah operasional bisnis Anda. Dengan begitu Anda tidak akan mengecewakan pelanggan Anda.

6. Menunjukkan Stok Barang Saat Itu Juga
Dengan menggunakan aplikasi kasir, Anda dapat melihat stok barang anda saat itu juga. Hal ini bahkan tidak mampu dilakukan oleh mesin kasir terbaik sekalipun. aplikasi kasir memiliki fitur untuk memotong langsung stok barang.

7. Mempermudah Pembuatan Laporan Tentang Stok
Karena aplikasi kasir menyediakan fitur untuk mengontrol stok Anda, maka Anda dapat dengan mudah membuat laporan tentang stok barang. Anda tidak perlu kesulitan lagi. Terlebih lagi dapat mempermudah Anda mengetahui keuntungan dan kerugian bulan itu, ditambah dengan fitur yang dapat memudahkan Anda memperkirakan laba kotor yang akan Anda dapatkan bulan itu melalui jumlah penjualan dan total persediaan. Anda akan mengetahui apakah Anda untung atau justru mengalami kerugian.

8. Menyediakan Pelayanan Yang Lebih Cepat
Setiap bagian dari proses pembayaran seperti mengecek transaksi kartu kredit, mencetak struk pembelanjaan customer dan sebagainya dapat dilakukan dengan lebih cepat jika Anda menggunakan aplikasi kasir. Pelayanan pun akan lebih cepat dan akurat.

9. Memberikan Kemudahan Bagi Pelanggan Anda
Mesin kasir konvensional seringkali hanya mampu mencetak tanggal dan jumlah penjualan. Dengan aplikasi kasir, bisnis Anda dapat melakukan lebih dari sekedar informasi tanggal dan jumlah penjualan. Karena perangkat POS terikat ke dalam sistem kontrol persediaan, Anda dapat memberikan informasi yang lebih rinci seperti nama produk, deskripsi produk, harga jual, dan total penjualan.

10. Dapat Membantu Strategi Marketing Toko Anda
Aplikasi kasir sangat membantu strategi marketing bagi toko Anda. Bagaimana caranya? Anda dapat meningkatkan retensi pelanggan Anda dengan memberikan diskon atau pesan khusus kepada pelanggan. Dalam aplikasi kasir ada fitur yang dapat mengatur pemberian diskon dan pengiklanan sehingga akan lebih terjadwal. Pengiklanan yang dimaksud dapat berupa informasi produk toko terbaru, atau produk toko yang paling laris terjual. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat menarik pelanggan Anda agar tertarik untuk datang kembali ke toko Anda. Otomatis aplikasi kasir telah menjadi sebuah alat yang membantu strategi marketing bisnis Anda.

11. Memiliki Biaya Perawatan dan Perbaikan yang Lebih Rendah
Jika dibandingkan dengan mesin kasir konvensional, aplikasi kasir biasanya memiliki biaya perawatan dan perbaikan yang lebih rendah. Karena terbatasnya perusahaan yang mampu memperbaiki mesin kasir tradisional, maka harga jasa perbaikan biasanya dipatok lebih mahal. Namun berbeda dengan aplikasi kasir. Perangkat yang sederhana, serta banyaknya vendor yang menangani perbaikannya, membuat biaya perawatan dan perbaikannya menjadi lebih rendah.

12. Mudah Didapatkan
Memilih mesin kasir konvensional biasanya akan lebih sulit dan merepotkan. Berbeda ketika Anda hendak membeli aplikasi kasir. Anda akan lebih mudah mendapatkannya dengan menggunakan KAWN. Mengenai kualitas dan manfaat yang akan Anda dapatkan tak perlu diragukan lagi. Karena kemudahannya, aplikasi kasir banyak digunakan oleh pebisnis modern. Biasanya jauh lebih nyaman menggunakan aplikasi kasir daripada mesin kasir konvensional. Karena aplikasi kasir dapat memberikan solusi atas segala jenis permasalahan yang biasanya terjadi pada sebuah toko. Generasi saat ini lebih senang menggunakan sebuah aplikasi modern dengan fitur yang lengkap. Aplikasi kasir dapat menjawab itu semua.

13. Membuat Anda Selalu Terhubung Dengan Usaha Anda
Sebagai pemilik bisnis, tentu Anda ingin selalu terhubung dengan bisnis Anda di manapun Anda berada. Di sinilah kelebihan aplikasi kasir dibandingkan dengan mesin kasir konvensional. Dengan fitur – fitur lengkap yang disediakan oleh aplikasi kasir, maka Anda akan mendapatkan pemberitahuan tentang penjualan harian, pemberitahuan tentang stok barang yang mulai menipis di toko Anda, atau informasi penting lainnya yang menyangkut tentang operasional bisnis Anda.

Beberapa aplikasi kasir sudah menonjolkan fungsi aplikasi kasir yang telah dijabarkan di atas. PT Technomedia Multi Sejahtera salah satu perusahaan yang bernaung di bawah IndoSterling Group, meluncurkan aplikasi kasir online bernama KAWN. Salah satu aplikasi kasir yang dapat menjalankan fungsi-fungsi tersebut. Aplikasi kasir berbasis point-of-sales ini hadir untuk memudahkan para pelaku usaha kuliner (F&B). Segala kendala yang selama ini kerap dialami pebisnis untuk menghitung transaksi sudah bisa teratasi dengan hadirnya aplikasi KAWN ini.

KAWN memberikan pula kesempatan kepada gerai F&B untuk GRATIS mencoba layanan selama 30 hari, dengan mengakses website KAWN.