Sertifikasi halal merupakan salah satu elemen pendukung produk yang sangat penting bagi pengusaha F&B. Terlebih bagi kita Negara Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, mereka akan cenderung memilih produk-produk yang teruji kehalalannya, yakni dengan memilih produk berlogo halal.
Seorang muslim akan berpikir dua kali atau bahkan berkata tidak untuk membeli produk yang tidak berlabel halal. Pasalnya, sertifikasi halal bisa menjadi dasar jika produk tersebut tidak mengandung bahan-bahan atau proses pengolahan yang dilarang oleh ajaran Agama Islam atau bisa dikatakan haram, salah satunya tidak mengandung alkohol.
Baca juga: Bagaimana Kriteria Makanan Halal Menurut Islam?
Tidak mudah, namun tidak begitu sulit juga bagi pengusaha F&B untuk memperoleh sertifikasi halal. Banyak proses yang mesti dijalani agar produk F&B dapat dinyatakan sebagai produk yang halal, mulai dari menyiapkan dokumen pendukung, proses audit hingga diterbitkannya sertifikasi halal. Dibawah ini adalah gambaran atau alur jika perusahaan Anda ingin mengurus sertifikasi halal:
Kami pun menyadari begitu pentingnya sertifikasi halal bagi produk F&B yang ada di Indonesia. Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapatkan konsumen dan produsen dengan mencantumkan logo halal pada suatu produk F&B? Disadur dari laman goukm.id, berikut pemaparannya.
Manfaat Sertifikasi Halal bagi Konsumen
Sertifikasi Halal Memberikan Ketenangan bagi Konsumen
Coba posisikan diri Anda sebagai konsumen yang dihadapkan dengan 2 pilihan produk yang sejenis. Dimana produk pertama berlabelkan halal, sedangkan produk berikutnya tidak memiliki label halal, kira-kira produk mana yang akan Anda pilih? Sebagai seorang muslim, tentunya Anda akan pilih produk pertama bukan!
Mengapa demikian? Pasalnya, produk dengan label halal sudah memenuhi beberapa kriteria yang telah diuji oleh MUI, seperti zat yang terkandung didalamnya, proses pengolahannya, cara mendapatkannya serta proses penyimpanannya. Karena itulah, memberikan ketenangan menjadi salah satu manfaat label halal yang bisa didapatkan oleh konsumen.
Selain itu, karena sudah melewati proses yang cukup ketat, kualitasnya pun pasti terjaga. Karena itulah, produk berlabelkan halal pada kemasannya sudah pasti aman dari segi kesehatannya. Namun, perhatikan tanggal kadaluarsa nya ya!
Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Bahan Baku Kemasan untuk Bisnis F&B
Manfaat Sertifikasi Halal bagi Produsen
Unique Selling Point pada Produk Anda
Manfaat pertama dengan mencantumkan label halal pada produk Anda adalah mendapatkan predikat unique selling point. Unique selling point atau USP sendiri merupakan suatu hal yang menjadi pembeda antara bisnis Anda dengan kompetitor lainnya. Karena itulah, USP bisa menjadi satu alasan mengapa konsumen Anda rela membelanjakan uangnya untuk membeli produk Anda dibandingkan produk kompetitor.
Baca juga: Mengenal Unique Selling Point (USP) dan Cara Menentukannya
Dapat Menjangkau Negara Muslim Lainnya
Salah satu manfaat lainnya dari sertifikasi halal, tentunya produk Anda juga bisa dipasarkan di berbagai negara muslim, seperti Malaysia, Brunei Darussalam serta negara-negara muslim di belahan dunia manapun. Jangan sampai, adanya kesempatan ekspor produk keluar negeri menjadi terhambat karena tidak adanya label halal pada produk Anda.
Produk F&B Anda bisa Masuk Ke Pasar Halal Global
Selain mampu masuk negara muslim, sertifikasi halal juga menjadi akses bagi produk F&B Anda untuk bersaing di pasar global. Kenapa demikian? Pasalnya, saat ini pasar global mewajibkan barang atau produk yang beredar memiliki sertifikasi halal.
Meningkatkan Penjualan
Ini menjadi manfaat terakhir dari adanya sertifikasi halal pada produk Anda, yakni dapat meningkatkan penjualan. Bagaimana tidak, saat konsumen sudah merasa yakin, dan produk Anda mampu masuk pasar global, bukan tidak mungkin keuntungan berlipat akan Anda dapatkan.
Akan tetapi, tentu saja harus dibarengi juga dengan berbagai macam strategi pemasaran yang jitu, salah satunya dengan menjalankan digital marketing. Digital marketing dinilai sangat cocok dengan pola hidup manusia saat ini, dimana kita tidak bisa lepas dari penggunaan gawai. Ada beberapa strategi digital marketing yang bisa Anda jalani, seperti social media marketing, email marketing serta website.
Baca juga: 7 Trik Memanfaatkan Media Sosial untuk Tingkatkan Penjualan
KawanKAWN, diatas merupakan beberapa manfaat dari sertifikasi halal terhadap produk F&B. Selain untuk menjamin keamanan bagi konsumen, produsen juga mendapatkan dampak positif dengan mengurus sertifikasi halal. Untuk itu, jika Anda menjalankan bisnis F&B atau kuliner, segerakan untuk mengurus sertifikasi halal ya!
Sekian artikel yang bisa KAWN ulas saat ini. Jika Anda memiliki pandangan lainnya atau pertanyaan seputar sertifikasi halal, silahkan tulis di kolom komentar ya! Terima kasih!