Antrian Pelanggan Sering Mengular? Lakukan 5 Langkah ini Sebagai Solusinya!

-

Pepatah pembeli adalah raja rasa-rasanya memang patut dibenarkan adanya. Pasalnya pelanggan memegang peranan penting dalam perputaran roda suatu bisnis. Bisnis dapat terus berjalan apabila pelanggan tetap setia menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan oleh pebisnis.

Baca juga : 5 Manfaat Memahami Perilaku Konsumen Terhadap Perkembangan Bisnis

Menjaga loyalitas pelanggan, memang perkara susah-susah gampang. Banyak cara yang dapat dilakukan agar pelanggan tidak lari ke toko sebelah, mulai dengan memberikan promo, membina kedekatan sampai dengan pemberian perhargaan pun dapat dilakukan. Namun, apabila Anda lebih jeli lagi, tentunya masalah antrian pun turut memberikan pengaruh terhadap tingkat kepuasan pelanggan.

Baca juga : Terapkan 5 Jenis Diskon ini, Dijamin Konsumen Bakal Happy

Pada dasarnya semua pelanggan pasti menginginkan antrian yang cepat dan ringkas, meskipun antrian memang tak mungkin terelakan, setidaknya antrian yang sehat adalah antrian yang tidak mandek dan macet dalam waktu yang lama. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh pebisnis agar proses antrian dapat lebih cepat dan tidak membuat pelanggan merasa bosan. Seperti yang dikutip dari shiftindonesia.com berikut adalah tips untuk membuat antrian pelanggan jauh lebih cepat dan mengasyikan.

Siapkan Games atau Tayangan Hiburan


Menunggu akan terasa sangat membosankan apabila dilakukan tanpa dibarengi dengan aktivitas yang menghibur. Biasanya pelanggan yang membawa kolega atau teman sewaktu menunggu akan merasa aktivitas menunggu mungkin tidak terlalu menjemukan, karena dapat diisi dengan percakapan ringan ataupun sekedar bersenda gurau. Kondisi tersebut akan jauh berbeda apabila pelanggan datang sendiri tanpa siapa pun.

Baca juga : Sukses Bisnis Restoran karena Pelanggan "Happy"

Tempatkan wahana permainan atau tayangan hiburan sebagai senjata untuk membuat pelanggan Anda lebih sabar menunggu antrian. Permainan dapat berupa playstation, uno balok, congklak ataupun lainnya, sedangkan tayangan hiburan bisa berupa video lucu di youtube maupun siaran televisi. Gunakan Musik yang Menenangkan.

Sebagai seorang pebisnis yang baik, Anda harus peka terhadap emosi yang dirasakan oleh pelanggan ketika mereka mengantri lama. Bosan, kesal dan lelah mungkin merupakan emosi-emosi negatif yang mungkin dirasakan oleh pelanggan saat menunggu antrian, maka dari itu gunakanlah musik latar yang menenangkan akan sangat membantu merilekskan pelanggan dari semua emosi negatif yang muncul.

Gunakan Display Estimasi Waktu Tunggu

Pusat dari kebosanan dan rasa kesal dari pelanggan terhadap antrian adalah dengan melihat antrian panjang mengular dan cemas akan ketidakpastian waktu tunggu. Kecemasan yang dirasakan oleh pelanggan dapat diatasi dengan memberikan kepastian waktu tunggu yang dapat ditampilkan di area lobi antrian.
Dengan adanya papan waktu estimasi tersebut, pelanggan akan merasa lebih tenang dan mungkin dapat melakukan aktivitas lain selagi menunggu. Pelanggan akan jauh lebih produktif daripada hanya sekedar duduk termenung tanpa melakukan apapun.

Gunakan Fitur Manajemen Meja dari KAWN


Kalau pembahasan dari poin 1-3 lebih kepada menangani permasalahan emosional pelanggan dalam menunggu antrian. Nah, pada poin kali  ini KAWN akan berikan solusi ampuh tentang bagaimana cara agar antrian pelanggan tidak mengular pada saat jam sibuk.

Baca juga : Manfaatkan Emosional Pelanggan untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Anda

Terdapat faktor internal dan eksternal mengapa antrian bisa panjang dan cenderung membuat pelanggan maupun pelayan kewalahan. Faktor internal berupa pengaturan manajemen meja yang tidak teratur dan daya tampung toko yang tidak mampu mengakomodir semua pelanggan. Faktor eksternal biasanya berupa jumlah pelanggan yang membludak dari biasanya yang disebabkan oleh berbagai kasus, misalnya diskon besar-besarkan.

Terkait dengan pengaturan meja yang tidak teratur rapi, sebenarnya dapat ditolong dengan menggunakan aplikasi yang menyediakan fitur pengaturan tata letak meja, reservasi, pengetahuan durasi per meja dan status pesanan dari setiap meja. Antrian bisa menjadi sangat panjang apabila keempat hal tersebut tidak diatur dengan baik. Sebagai contoh, terkadang pelayan tidak mengetahui status pesanan dari setiap meja apakah sudah disiapkan atau belum, sehingga membuat pelanggan menunggu lama di meja dan berdampak pula terhadap semakin lamanya calon pelanggan lain yang masih mengantri di luar.

Tentu dengan menggunakan fitur manajemen meja dari aplikasi kasir online KAWN kondisi tersebut dapat diatasi dengan baik. Melalui fitur manajemen meja, pelayan akan terbebas dari kekeliruan penempatan meja pada jam-jam sibuk, menampilkan status reservasi dari masing-masing meja secara real-time, memberikan informasi terkait dengan durasi rata-rata pelanggan menghabiskan waktu di meja tertentu serta dapat mengurangi resiko antrian panjang. Coba klik disini untuk dapat merasakan kemudahan tersebut bersama KAWN!

Buat Simulasi Antrian Pola Zig-Zag


Hal terakhir yang dapat dilakukan untuk dapat menangani antrian pelanggan adalah dengan membuat pola antrian yang zig-zag dan tidak lurus kebelakang. Pola antrian zig-zag secara psikologis akan membuat perasaan pelanggan tidak down karena dengan pola seperti ini, antrian terkesan tidak panjang dan kesan lama menunggu pun tidak akan kentara sama sekali.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat KAWN berikan untuk dapat mengurangi resiko antrian pelanggan yang panjang. Semoga tips ini dapat membantu usaha Anda untuk lebih maju dan berkembang. Tentunya untuk lebih meningkatkan pelayanan bisnis, Anda dapat menggunakan KAWN sebagai aplikasi kasir online pendamping bisnis Anda. Nantikan tips-tips selanjutnya dari KAWN. Sampai jumpa!