Kenali 6 Karakteristik Seorang Entrepreneur, Mungkin Anda Salah Satunya?

-

Saat seseorang menyelesaikan masa studinya di sebuah universitas, biasanya ia akan dihadapkan oleh 2 pilihan, menjadi seorang karyawan atau justru memberanikan diri untuk menjadi seorang entrepreneur. Mungkin sampai saat ini masih banyak yang memilih menjadi seorang karyawan pada sebuah perusahaan, karena cenderung lebih cepat terealisasi dan minim resiko, namun lain halnya jika Anda merintis sebuah bisnis baru yang penuh dengan tantangan dan resiko.

Baca juga : 5 Bisnis yang Cocok untuk Pemula

Jika Anda memutuskan untuk menjadi seorang entrepreneur, tentunya banyak hal yang perlu dipersiapkan. Selain tentu saja modal dan konsep bisnis, karakteristik untuk menjadi seorang entrepreneur pun juga perlu dibangun. Memang keahlian dalam berbisnis tidak timbul sejak lahir, namun hal tersebut bisa dibangun berkat latihan dan kebiasaan.

Baca juga : 3 Tips Memulai Usaha F&B dengan Modal Kecil

Jadi, tidak menutup kemungkinan, bagi Anda yang tidak memiliki dasar kemampuan berwirausaha bisa melatihnya mulai dari sekarang. Lantas, apa saja karakteristik yang perlu dibangun jika Anda ingin menjadi seorang entrepreneur yang sukses? Melansir indeed.com berikut daftarnya :

Baca juga : 7 Hal Ini Bisa Tumbuhkan Jiwa Entrepreneurship

Berani Memulai Sesuatu

Tidak banyak orang yang memiliki kepercayaan diri untuk memulai suatu hal baru, terlebih dalam memulai sebuah bisnis. Untuk itu, berani memulai adalah sebuah modal yang sangat berharga bagi calon entrepreneur untuk mencapai keberhasilan. Karena modal uang yang cukup, konsep yang matang dan persiapan yang sudah direncanakan akan terasa sia-sia jika Anda tidak memiliki keberanian untuk memulai sebuah bisnis baru.

Cepat Beradaptasi

Karakter berikutnya yang tidak kalah penting adalah Anda harus mampu beradaptasi pada dunia bisnis. Dengan begitu, Anda akan dapat menjalankan bisnis yang selalu mengikuti perkembangan zaman.

Baca juga : Mengapa Kita Harus Mengikuti Perkembangan Zaman?

Idealis memang dirasa perlu untuk membangun sebuah usaha, itu artinya Anda memiliki prinsip dalam menjalankannya. Namun, Anda juga harus mampu menyesuaikan diri terhadap perkembangan zaman yang terus mengalami perubahan, agar tidak tertinggal dari para pesaing atau bahkan mengalami hal yang lebih buruk, yaitu kebangkrutan.

Baca juga : Di Balik Kisah Pahit Kejatuhan 'Sang Raja Ponsel' Nokia

Mari berkaca pada bangkrutnya perusahaan yang dialami oleh Kodak. Perusahaan yang pertama kali menemukan film gulung dan fotografi itu bangkrut karena lambat berinovasi. Kodak tidak menciptakan produk baru, dia bertahan dengan kamera sederhananya. Sementara perusahaan kamera lain berinovasi dengan menciptakan kamera digital. Keterlambatan tersebut kemudian menjadi mimpi buruk pada perusahaan Kodak hingga akhirnya Kodak bangkrut pada tahun 2012 lalu.

Berpikir Kritis

Sebagai seorang entrepreneur, Anda harus memiliki pemikiran kritis terhadap apapun yang terjadi pada bisnis Anda, terutama terhadap segala hal yang menjadi masukan atau hambatan. Anda harus pintar menganalisa masukan dan hambatan tersebut, yang kemudian bisa dijadikan solusi untuk segala permasalahan yang timbul pada bisnis Anda. Dengan berpikir kritis, mungkin saja bisnis yang Anda dirikan bisa semakin berkembang dan bergerak maju.

Ulet dan Tidak Mudah Menyerah

Jika Anda ingin menjadi seorang entrepreneur sukses, Anda wajib memiliki sifat pantang menyerah serta ulet di dalam diri Anda. Sifat tidak mudah menyerah memiliki andil besar untuk mencapai kesuksesan pada bisnis yang dijalaninya. Jika seorang calon entrepreneur memiliki sifat ini, dijamin ia tetap gigih berjuang ketika dihadapkan kepada berbagai masalah atau persoalan yang datang.

Baca juga : 5 Tantangan di Dunia Usaha yang Wajib Anda Tahu

Selain itu, sikap ulet juga wajib dimiliki para calon entrepreneur. Dengan mengadopsi sikap ulet maka otomatis akan terbentuk pribadi yang selalu mencari berbagai macam cara agar bisa sukses di bidang usaha yang sedang digeluti. Jadi, bagi Anda yang ingin memulai bisnis, tanamkan keyakinan bahwa Anda siap menghadapi tantangan atau bahkan kegagalan.

Disiplin

Mungkin dari zaman Anda sekolah, pastinya Anda sudah diajarkan dan mengetahui betapa pentingnya sikap disiplin, mulai dari melakukan segala sesuatunya dengan tepat waktu, hingga menjalankan pekerjaan yang sesuai dengan aturan. Dengan memiliki karakter disiplin, Anda akan memiliki fokus dan tujuan yang lebih jelas. Sehingga akan lebih mudah mencapai kesuksesan sebagai seorang entrepreneur.

Baca juga : Kedisiplinan Diri Adalah Kunci Segala Keberhasilan! Buktikan!

Menerima Kritik dan Saran

Kritik dan saran sangat dibutuhkan bagi kinerja bisnis Anda. Oleh karena itu, jangan sampai menolak untuk menerima kritikan dan saran yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Baca juga : Manfaat Kritik dan Saran Untuk Bisnis

Terlepas dari siapa yang memberi kritik dan saran, sebaiknya Anda terima saja. Jadikan itu sebagai motivasi Anda untuk berkembang dan melangkah lebih jauh, jangan dijadikan kritik dan saran sebagai masalah berat yang dapat menghancurkan bisnis Anda.

Itulah beberapa karakter yang setidaknya wajib Anda miliki untuk menjadi seorang entrepreneur sukses. Memang, dalam membangun sebuah bisnis baru, seorang calon entrepreneur wajib memiliki beberapa karakteristik tersebut. Namun selain itu, banyak juga faktor yang menunjang kesuksesan bisnisnya, seperti konsep, strategi marketing, bahkan sistem penunjang bisnis yang dipakai juga sangat mempengaruhi.

Untuk itu, KAWN yang merupakan aplikasi kasir online kini hadir dengan berbagai fitur yang dapat menunjang perkembangan bisnis Anda. Jadi, bagi Anda yang sedang merintis sebuah bisnis dan membutuhkan layanan aplikasi kasir online, jangan lupa klik disini untuk mencoba KAWN secara gratis selama 30 hari ya!