Kenali Macam-Macam Soto yang Ada Di Indonesia

-

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman suku dan budaya, hal ini juga yang mempengaruhi ragam kuliner yang ada di Indonesia. Mulai dari makanan utama, lauk-pauk, kudapan ringan hingga minuman pun sangat beragam. Saking beragamnya, aneka kuliner tradisional di Indonesia memiliki citra rasa yang bervariasi, mungkin Anda mudah saja menemukan kuliner dengan cita rasa pedas di Sumatera Barat, atau Anda bisa mengunjungi Yogyakarta untuk mencari kuliner dengan citarasa yang manis.

Baca juga : 5 Jajanan Tradisional yang Beranjak Naik Kelas

Karena hal ini, tidak jarang jika kuliner kini telah menjadi ciri khas suatu daerah dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis ketika melakukan kunjungan ke daerah tersebut. Sebagai contoh jenis kuliner yang dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia adalah soto.

Baca juga : 5 Menu Restoran Tradisional yang Rasanya Bikin Ketagihan

Soto merupakan jenis masakan yang kuahnya dimasak terlebih dahulu sebelum dicampur dengan berbagai macam isian. Isi soto sangat bervariasi, mulai dari daging sapi, ayam, telur, mie, atau sayuran. Tentu saja, setiap daerah memiliki karakteristik soto yang berbeda-beda. Ingin mengenal lebih dalam tentang soto yang ada di Indonesia, seperti yang KAWN lansir dari id.wikipedia.org, berikut ulasannya.

Soto Betawi

Pertama-tama kita mampir sejenak di Ibu Kota Indonesia, Jakarta. Jakarta memiliki hidangan soto yang khas, namanya Soto Betawi. Soto ini memiliki kuah santan dengan tambahan susu yang membuatnya makin terasa gurih. Aromanya pun kaya akan aroma rempah yang dihasilkan dari campuran rempah-rempah, seperti pala, cengkeh dan kapulaga.

Baca juga : Mengenal Kuliner Khas Betawi, Orang Jakarta Wajib Tau nih!

Untuk isiannya pun pasti membuat Anda segera ingin mencobanya, seperti daging atau jeroan sapi, irisan tomat dan kentang goreng. Hal yang tidak kalah menggugah selera ada pada pelengkapnya, yaitu kerupuk emping dan acar timun. Sajikan dengan nasi panas, merupakan paduan yang tepat untuk mengisi perut Anda yang sedang kosong.

Soto Lamongan

Soto Lamongan merupakan jenis soto dengan kuah bening yang sangat populer di Indonesia, bahkan Anda dapat dengan mudah menemukan soto ini walau bukan di kota asalnya. Berasal dari daerah Lamongan di Jawa Timur, soto ini terdiri dari bihun, suwiran ayam goreng, kol, tauge dan telur rebus lalu disajikan bersama perasan jeruk nipis yang menghasilkan rasa dan aroma segar. Yang menjadi ciri khas Soto Lamongan adalah adanya remahan kerupuk dan udang kering yang biasa disebut koya. Koya ditambahkan sebagai bumbu pelengkap Soto Lamongan sehingga rasanya menjadi lebih gurih dan nikmat.

Soto Padang

Hampir mirip dengan Soto Betawi yang ada di Jakarta, Soto Padang memiliki perbedaan ada pada kuahnya, kalau Soto Betawi dengan kuah kuning yang kental, berbeda dengan Soto Padang yang memiliki tampilan warna kuah yang lebih bening. Hal yang membuat Soto Padang mirip dengan Soto Betawi adalah pada isiannya, yaitu berisi perkedel, kentang dan potongan daging yang disiram dengan kuah yang kaya akan rempah.

Uniknya, tak seperti solo lain yang menggunakan daging rebus, Soto Padang menggunakan potongan daging yang goreng. Sehingga akan ada sensasi krispi disaat Anda mencoba soto ini. Di Provinsi Sumatera barat, biasanya Soto Padang disajikan bersama segelas teh talua hangat.

Baca juga : Teh Talua, Minuman Tradisional Padang dengan Lima Warna Unik

Soto Bandung

Tidak salah kalau Bandung bisa dikatakan surganya kuliner yang ada di Indonesia, sehingga banyak ragam kuliner yang dihasilkan kota ini. Selain batagor, seblak dan bakso cuanki, Anda tidak boleh melewatkan sajian soto khas kota dengan sebutan Paris Van Java ini.

Baca juga : Mengapa Bandung Dijuluki Parijs van Java?

Berbeda dengan soto dari berbagai daerah di Indonesia, soto khas Kota Bandung ini memiliki kuah bening yang bumbunya tidak dihaluskan melainkan hanya diiris tipis-tipis. Namun, bumbunya yang sederhana tidak mengurangi cita rasanya yang khas. Selain bumbunya, yang menjadi ciri khas lainnya pada Soto Bandung adalah adanya potongan lobak dan taburan kacang kedelai goreng serta daging yang diiris serupa potongan dadu.

Soto Mie Bogor

Jika Anda sedang bertandang ke kota dengan sebutan kota hujan ini, ada baiknya jika Anda mencoba kuliner yang satu ini, dialah Soto Mie Bogor. Sesuai dengan namanya, Soto Mie Bogor menggunakan mie sebagai salah satu bahan utama. Sehingga, sepintas hidangan khas Bogor ini tidak terlihat seperti soto melainkan seperti mie rebus.

Baca juga : Lapar? Yuk Kunjungi 5 Kedai Legendaris di Kota Bogor ini

Selain penggunaan mie kuning, bahan lainnya yang membuat soto ini cukup unik ialah urat atau kaki sapi, risoles, serta babat. Karena bahan-bahannya yang sudah cukup berat, Soto Mie Bogor seringkali disantap dengan sendirinya tanpa ada tambahan nasi atau ketupat.

Soto Kudus

Ada alasan kuat mengapa sajian Soto Kudus tidak menggunakan daging sapi. Berdasarkan yang KAWN lansir dari bbc.com, bahwa Sampai sekarang masyarakat Kudus masih tetap memegang teguh larangan Sunan Kudus untuk tidak menyembelih sapi, termasuk pada saat perayaan Idul Adha. Jadi, jangan heran kalau Anda sedang bertandang ke Kota Kudus tidak akan menemukan sajian berbahan dasar daging sapi.

Soto Kudus bisa dibilang hampir mirip dengan Soto Lamongan, Soto Kudus terdiri dari bihun, taoge dan suwiran daging kerbau yang disiram dengan kuah bening menyegarkan. Bedanya, Soto Kudus disajikan dalam mangkuk kecil lengkap dengan tambahan nasi di bagian dasar mangkuk.

Soto Banjar

Jika Anda pecinta soto, sepertinya Anda harus mencoba satu-satunya sajian soto dari tanah Kalimantan, yaitu Soto Banjar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Dibuat dari campuran isian berupa nasi atau ketupat, suwiran ayam, perkedel, kentang rebus, dan potongan telur rebus. Soto khas Banjar memiliki rasa rempah yang kuat karena diolah bersama rempah seperti kayu manis, cengkeh dan pala. Sebagai pelengkap, biasanya Soto Banjar disajikan bersama sate ayam yang gurih.


Itulah beberapa sajian soto yang ada di Indonesia yang seperti wajib Anda coba jika bertandang ke kota-kota tersebut. Dari 7 sajian soto yang sudah disebutkan diatas, mungkin masih banyak lagi sajian soto di Indonesia yang belum KAWN ulas. Untuk itu, jika ada tambahan soto lainnya, silahkan tulis di kolom komentar ya!