Kepuasan Pelanggan dan Cara Tepat Untuk Meningkatkannya

-

Kepuasan pelanggan bisa menjadi tolak ukur seberapa baiknya produk maupun layanan yang diberikan kepada sang pelanggan. Tak ayal membuat banyak pengusaha melakukan segala cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggannya.

Pasalnya, pelanggan yang merasa puas tentu akan memberikan dampak positif terhadap bisnis Anda. Selain memungkinkannya repeat order, pelanggan yang merasa puas biasanya tak segan-segan memberikan feedback atau ulasan positif di laman media sosial pribadinya. Karena itulah, kepuasan pelanggan selalu erat hubungannya dengan brand image dan juga tingkat kesetiaan atau loyalitas pelanggan.

Baca juga: Ketahui Pentingnya Feedback Pelanggan Terhadap Perkembangan Bisnis Online Shop Anda

Akan tetapi, pelanggan yang tidak puas tentunya akan meninggalkan produk Anda tanpa melakukan repeat order di kemudian hari. Bahkan kemungkinan terburuknya, bisa saja sang pelanggan memberikan ulasan negatif tentang bisnis atau brand Anda. Tidak mau kan, citra buruk melekat pada bisnis yang Anda jalankan?

Mengingat pentingnya kepuasan pelanggan terhadap sebuah bisnis, adakah cara efektif untuk meningkatkannya? Dikutip dari laman redcomm, berikut pemaparannya.

Kepuasan Pelanggan Selalu Dipengaruhi Oleh Produk Maupun Jasa yang Berkualitas

source : canva

Mungkin Anda semua setuju jika kepuasan pelanggan tidak bisa lepas dari produk maupun jasa yang berkualitas. Bahkan, cikal bakal terjadinya kepuasan dan loyalitas pelanggan didasari oleh produk maupun jasa yang berkualitas terlebih dahulu.

Namun perlu Anda catat, jika pelanggan sudah loyal kepada Anda, jangan sampai kualitas produk maupun jasa yang Anda berikan justru menurun. Karena tentunya, kondisi ini bisa membuat pelanggan meninggalkan bisnis Anda kapan saja.  

Kuncinya, lakukan evaluasi terhadap produk maupun jasa secara berkala. Dengan begitu, Anda akan mengetahui apa yang perlu diperbaiki saat Anda menjalankan sebuah bisnis. Namun Akan lebih baik lagi, jika produk atau jasa yang ditawarkan ini ditingkatkan kualitasnya.

Berikan Pelayanan Terbaik

source : canva

Selanjutnya, memberikan layanan terbaik juga menjadi kunci untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Tentunya hal ini berlaku bagi semua macam bisnis, baik itu menjual produk maupun menawarkan jasa.

Salah satu layanan terbaik yang bisa Anda terapkan adalah dengan memberikan layanan free pesan antar. Bisnis laundry kiloan misalnya, berikan layanan gratis kirim dalam jumlah dan jarak tertentu. Selain membuat pelanggan puas, layanan ini tentunya membuat pelanggan semakin loyal terhadap bisnis Anda.

Baca juga: Bisnis Laundry Koin Sedang Tren Saat Ini, Yuk Kenali Faktanya!

Layanan free pesan antar juga sangat ampuh untuk meningkatkan kepuasan pelanggan pada bisnis lainnya, seperti toko kebutuhan pokok dan juga bisnis kuliner. Tentunya masih banyak cara atau jenis layanan yang bisa Anda berikan kepada pelanggan setia Anda.

Satu hal penting bagi pebisnis saat melayani pelanggan adalah tidak membeda-bedakan konsumen. Apakah itu pelanggan kecil, pelanggan yang sudah lama menggunakan produk dan jasa Anda maupun pelanggan baru sekalipun.

Jaga Kepuasan Pelanggan dengan Memberikan Penawaran Menarik

source : canva

Jika kepuasan dan kesetiaan sang pelanggan sudah terbangun, waktunya menjaga perasaan itu dengan baik. Salah satu usaha untuk menjaga kepuasaan pelanggan adalah dengan memberikan penawaran menarik. seperti pemberian diskon, pemberian voucher produk maupun hadiah kecil berupa merchandise. Selain meningkatkan dan menjaga kepuasan pelanggan, cara ini juga ampuh untuk menjalin hubungan baik antara bisnis Anda dengan sang pelanggan.

Baca juga: Terapkan 5 Jenis Diskon ini, Dijamin Konsumen Bakal Happy

Respon Secara Bijak dan Cepat terhadap Semua Keluhan Pelanggan

source : canva

Saat memberikan feedback, pelanggan biasanya akan mengatakan yang sejujurnya terkait produk atau jasa yang diterimanya. Masalahnya, feedback-nya itu bisa berupa ulasan positif namun juga bisa berupa sebuah keluhan pelanggan.

Baca juga: 5 Cara Terbaik Menghadapi Keluhan Pelanggan

Untuk itu, respon secara bijak dan cepat dalam menghadapi keluhan pelanggan. Sebab, dari keluhan dari pelanggan lah, Anda bisa mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dikoreksi dan diinginkan oleh sang pelanggan. Dan bukan tidak mungkin, respon yang bijak dan juga cepat membuat pelanggan yang tadinya kecewa, tetap akan menjadi pelanggan setia Anda.

Pelanggan Selalu Suka dengan Penjelasan Jujur

source : canva

Tidak bisa dipungkiri, menjunjung tinggi nilai kejujuran merupakan hal yang sangat penting dalam segala hal, pun demikian dalam berbisnis. Sangat penting memberikan penjelasan jujur kepada pelanggan, pasalnya pelanggan yang merasa dibohongi tentu secara perlahan akan meninggalkan bisnis Anda. Akhirnya, akan berdampak pula pada penurunan penjualan produk dan keuntungan.

Mungkin ada saja pebisnis yang menggunakan cara tidak jujur demi mengejar target penjualan. Namun dalam jangka panjang, cara seperti ini bisa meruntuhkan bisnis yang sedang dirintisnya. Oleh karena itu, hendaknya Anda bersikap jujur terhadap pelanggan dalam hal apa saja.

Baca juga: Mengapa Kejujuran Sangat Penting Dalam Bisnis

KawanKAWN, itulah lima cara tepat dan sederhana untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dalam berbisnis. Bagaimana, tertarik menerapkan cara-cara diatas untuk membangun kepuasan pelanggan Anda?

Oh iya, disadari atau tidak, aplikasi kasir online KAWN juga mampu meningkatkan kepuasan pelanggan lho. Bayangkan Anda sebagai pelanggan yang hendak membayar, tetapi tidak memiliki uang cash. Dengan aplikasi kasir online KAWN yang didukung sistem pembayaran non tunai, pelanggan bisa membayar dengan berbagai metode pembayaran seperti debit card, credit card maupun berbagai macam e-Money.

Dari kasus inilah, bukan tidak mungkin akan meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap bisnis yang sedang dijalankan. Bagaimana, tertarik merasakan pengalaman menggunakan aplikasi kasir online KAWN? Silahkan klik disini ya, untuk free trial selama 15 hari!