Kenali 5 Manfaat Transaksi Non Tunai

-


Transaksi non tunai terbukti sedikit demi sedikit mengubah kebiasaan seseorang. Awalnya dengan tujuan kepraktisan, namun tidak sedikit yang terjerumus dalam gaya hidup konsumtif. Karena hanya dengan bermodalkan smartphone sebagai e-wallet dan kartu e-money, Anda sudah bisa bertransaksi dengan metode non tunai.

Baca juga : Perbedaan E-Money dan E-Wallet yang harus Anda tahu

Belakangan, budaya transaksi non tunai ini mulai ramai diserukan dimana-mana, terlebih sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Pasalnya, transaksi non tunai dipercaya efektif mengurangi potensi penyebaran Covid-19 dengan mengurangi kontak fisik langsung.

Baca juga : Pahami 5 Protokol Kesehatan ini Sebelum Anda Mampir ke Restoran

Apakah Anda tertarik untuk mengubah kebiasaan berbelanja Anda dengan menggunakan non tunai? Untuk itu, sebelum Anda melakukan transaksi non tunai, kenali dulu manfaat-manfaatnya, yang sebagaimana telah KAWN lansir dari idntimes.com.

Praktis dan Efisien

Transaksi non tunai itu praktis dan efisien, karena prosesnya yang mudah dan cepat. Banyak transaksi yang bisa menggunakan metode pembayaran non tunai mulai dari belanja online, belanja di mall, berdonasi, bayar parkir, makan di restoran, bahkan bayar makanan di kedai kaki lima pun sudah bisa dilakukan dengan modal smartphone dan saldo yang cukup tentunya.

Baca juga : Indonesia Sudah Mirip China, PKL Terima Pembayaran Nontunai

Belakangan, e-wallet menjadi jenis transaksi non tunai yang sedang  populer. Banyak sekali pilihan platform e-wallet yang dapat Anda gunakan, sebut saja OVO, Go-Pay, DANA, dan masih banyak lagi. Selain karena lebih aman, cepat, dan efisien, Anda juga tidak membutuhkan kartu saat bertransaksi.

Keamanan Terjamin

Kehilangan uang tunai bukan hanya disebabkan kelalaian sendiri, tetapi juga karena faktor lainnya, seperti tindak kejahatan pencurian. Bila Anda membawanya dalam jumlah banyak tentu akan mengundang perhatian orang-orang yang berniat jahat.

Baca juga : Standarisasi Pembayaran Non-Tunai

Menggunakan transaksi non tunai lebih menjamin keamanan dan mampu meminimalisir aksi kejahatan. Hal ini disebabkan transaksi non tunai menggunakan sistem password atau nomor pin yang bisa Anda atur sendiri. Password dan pin tersebut dibuat oleh Anda sendiri dan orang lain tidak akan mengetahuinya. Maka dari itu, sebaiknya jangan pernah memberikan nomor tersebut kepada orang lain demi menjaga keamanan.

Pengeluaran Lebih Terkontrol

Terkadang seseorang lupa untuk mencatat apa saja pengeluaran dalam satu hari, satu minggu, maupun satu bulan. Apalagi sedang melakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan seperti liburan, tentu akan sulit untuk mengontrol pengeluaran. Apalagi ditambah dengan tagihan-tagihan lain dan pengeluaran yang tidak terduga lainnya.

Apabila Anda menggunakan transaksi non tunai, manfaat yang dirasakan adalah Anda dapat membatasi pengeluaran. Anda bisa melihat semua history transaksi yang dilakukan sebelumnya. Lewat cara ini, Anda dapat membatasi pengeluaran, sehingga tidak membengkak olah karena hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Banyak Diskon

Mungkin ini adalah manfaat menggunakan transaksi non tunai yang paling disukai kebanyakan orang. Penggunaan transaksi non tunai memungkinkan Anda untuk mendapatkan beragam penawaran promo menarik. Setiap merchant yang sudah bekerja sama biasanya secara rutin mengadakan program diskon atau cashback setiap pembelian dengan nominal tertentu.

Baca juga : Alasan Mengapa Konsumen Lebih Suka Membayar Pakai Metode Uang Elektronik

Meminimalisir Kontak Fisik

Seperti yang Anda tahu, bahwa virus Covid-19 dapat menyebar lewat kontak fisik, dan tidak menutup kemungkinan uang yang Anda gunakan telah terinfeksi virus tersebut. Sulit sekali untuk mengetahui siapa saja yang sudah menyentuh uang tersebut dan Anda juga tidak pernah tahu apakah pemilik sebelumnya dalam kondisi sehat atau terpapar virus Covid-19. Namun, beda halnya jika Anda menggunakan transaksi non tunai, karena terjadinya kontak fisik antara Anda dengan uang sangatlah minim, sehingga sangat kecil kemungkinan terpaparnya virus Covid-19 tersebut.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Metode Pembayaran di Aplikasi Kasir Online KAWN

Setelah Anda kenali beberapa manfaat dari transaksi non tunai diatas, apakah Anda masih ragu untuk beralih menjadi masyarakat modern yang cashless? Untuk itu, melihat beragam manfaat penggunaan transaksi non tunai, KAWN juga turut mendukung sistem pembayaran non tunai dengan E-money dan E-Wallet, seperti OVO, DANA, Shopeepay dan lainnya, sehingga apabila Anda memiliki bisnis yang memerlukan aplikasi kasir online yang terintegrasi dengan layanan E-Wallet, tentunya Anda dapat mencoba KAWN gratis selama 30 hari dengan klik disini ya!