Jepara, Kota Pesisir Pulau Jawa dengan Segudang Kuliner Enak

-

Jepara, selain merupakan kota pesisir di Jawa Tengah, kota ini juga sangat terkenal sebagai kota kelahiran salah satu pahlawan wanita Indonesia, R.A Kartini. Tidak sampai disitu, banyak hal menarik lainnya yang ada pada diri Kota Jepara, mulai dari wisata Pulau Karimun Jawa, seni ukir kayu yang mendunia, Benteng Portugis serta cerita tentang Jepara yang pernah terpisah dari Pulau Jawa.

Baca juga: Fakta Unik Kabupaten Di Jateng Ini Dulunya Pulau Terpisah Dari Pulau Jawa

Namun, selain yang disebutkan diatas, ada hal lainnya yang menarik juga untuk dibahas, yakni kuliner. Sama seperti kota lainnya di Indonesia, kota yang dikenal dengan sebutan “Bumi Kartini” ini juga menyajikan beragam kuliner enak yang tentunya menggoda untuk dicicipi. Terlebih, ada beberapa kuliner yang nyatanya hanya bisa ditemukan di kota tersebut.

Baca juga: Hidangan Khas Pekalongan yang Mungkin Baru Saja Anda Kenal

Lantas, kuliner khas apa saja yang dimiliki Kota Jepara? Dikutip dari laman zonamakan, berikut daftarnya.

Jepara Punya Kuliner yang Mulai Langka, Horok-Horok

source : jiahjava

Masuk dalam kategori kuliner langka Kota Jepara, membuat horok-horok cukup sulit ditemukan saat ini. Bagaimana tidak, kuliner berwarna putih ini terbuat dari tepung pohon aren. Dimana, bahan baku tersebut juga sudah mulai langka.

Baca juga: Tepung Aren Yang Mulai Langka

Horok-horok terbuat dari tepung aren yang diolah dengan santan kelapa dan juga gula pasir. Biasanya horok-horok disantap bersama makanan pendamping lainnya, mulai dari gulai, bakso, soto atau bahkan sate.

Baca juga: Sate, Salah Satu Sajian yang Wajib Anda Coba Saat Mampir Ke Kota-Kota ini!

Salad dengan Kearifan Lokal Masyarakat Jepara, Kuluban

source : sajiansedap

Masyarakat Jepara juga punya hidangan berbahan dasar sayuran layaknya salad, kuluban namanya. Bahkan, banyak yang menganggap kalau kuluban merupakan saladnya orang Jepara. Selain lezat, makanan ini juga cocok bagi kaum vegan maupun vegetarian.

Baca juga: Mari Lirik Bisnis Katering Vegan dan Vegetarian yang Kian Menarik

Secara tampilan, kuluban mirip sekali dengan urap. Namun kuluban memiliki isian yang lebih bervariasi dan juga menggunakan bahan-bahan yang terbilang cukup unik, mulai dari petai, sawi, labu siam, nangka muda, bunga kecombrang serta daun kacang panjang.  

Baca juga: Kacang-Kacangan, Ketahui Jenis dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Berbeda dengan horok-horok, kuluban menjadi salah satu makanan khas Jepara yang terbilang cukup mudah ditemukan. Banyak penjual yang menawarkan makanan ini di banyak pasar tradisional Kota Jepara.  

Berbeda Dari Opor Pada Umumnya, Opor Panggang

source : foodnesia

Mungkin Anda cukup familiar dengan opor ayam. Namun, apakah Anda sudah pernah mencoba opor panggang makanan khas Jepara?

Secara umum, opor panggang hampir sama dengan opor pada umumnya, baik dari segi bahan utama dan bumbu-bumbu yang dipakai. Hal yang membedakan dari segi pengolahannya, sebelum mengolah menjadi opor, daging ayam dipanggang terlebih dahulu. Sehingga, akan ada aroma bakaran yang unik saat Anda mencicipi makanan ini.  

Baca juga: 5 Olahan Ayam dari Berbagai Daerah Di Indonesia, Buat Nafsu Makan Anda Memuncak!

Cuma Ada di Jepara, Bongko Mento

source : topwisata

Selanjutnya ada bongko mento yang kerap dijadikan camilan, lauk pendamping atau bahkan sajian di beberapa acara masyarakat Jepara. Lantas, seperti apa sih makanan bongko mento ini?

Makanan ini terbuat dari suwiran ayam, jamur, bihun atau soun dan juga santan kental. Cara membuatnya mirip dengan cara membuat pepes. Dimana, seluruh bahan-bahan tersebut, dibungkus dengan daun pisang, kemudian di kukus.

Kerap Dijadikan Oleh-Oleh Dari Jepara, Samtis

source : google image

Bisa dibilang, samtis menjadi salah satu oleh-oleh wajib saat Anda mampir ke kota pesisir ini. Samtis merupakan akronim dari sambal petis. Dimana, sambal petis adalah sambal khas hasil tangan-tangan kreatif masyarakat Kota Jepara.

Baca juga: Oleh-Oleh Khas Jogjakarta yang Wajib Dibawa Pulang

Selain cabai dan bawang, bahan utama untuk membuat samtis adalah udang atau cumi. Tidak mengherankan memang, Jepara yang merupakan kota pesisir, membuat komoditas laut seperti ikan, cumi dan udang begitu melimpah ruah.

Perpaduan udang dengan cabai dan bumbu-bumbu lainnya menciptakan rasa yang begitu kuat dan nikmat. Samtis sangat cocok dijadikan pelengkap saat Anda makan nasi.

KawanKAWN, itulah daftar kuliner khas Jepara yang bisa Anda coba. Namun, jika Anda punya daftar kuliner khas Jepara lainnya, tolong tuliskan di kolom komentar ya! Terimakasih sudah berkunjung di blog KAWN, sampai jumpa pada artikel selanjutnya ya!