Jepara, Kota "Bumi Kartini" yang Menyajikan Oleh-Oleh Menarik

-

Jepara atau kota yang dikenal dengan sebutan “Bumi Kartini” ini menyajikan potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Meski tidak sepopuler Semarang maupun Solo, nyatanya Jepara juga memiliki wisata yang tak kalah beragam, mulai dari wisata kota, wisata alam, sejarah, religi hingga budaya.

Baca juga: Staycation Dengan Kuliner Enak Di Daerah Solo. Check!

Tentu saja, kondisi ini membuat banyak wisatawan yang tertarik berkunjung ke Kota Jepara. Terlebih, di Jepara lah terdapat wisata kepulauan yang sangat memesona, Pulau Karimunjawa namanya.

Baca juga: Kepingan Surga itu ada di Kepulauan Karimunjawa

Akan tetapi, selain semua yang disebutkan diatas, ada satu hal lagi yang tidak boleh luput dari perhatian Anda, yakni oleh-oleh khas Jepara. Biasanya, berburu oleh-oleh selalu masuk dalam itinerary saat seseorang berwisata ke Kota Jepara.

Meski sangat terkenal dengan ukiran kayu jatinya, ternyata Jepara memiliki banyak oleh-oleh pada bidang kuliner. Dikutip dari beberapa sumber, berikut daftarnya.

Jepara Punya Oleh-Oleh Berupa Sambal, Samtis Namanya

source : google image

Sejak dahulu, sambal petis atau yang lebih familiar dengan sebutan samtis ini menjadi oleh-oleh khas dari Tanah Jepara. Seperti yang kita ketahui, masyarakat Indonesia gemar sekali mengonsumsi hidangan yang dilengkapi dengan sambal. Tidak mengherankan, jika sambal hasil kreasi tangan-tangan orang Indonesia begitu beragam, mulai dari sambal kacang, sambal terasi, sambal bajak, sambal matah hingga sambal petis.  

Baca juga: Sambal-Sambal Khas Indonesia, Berani Coba Sensasi Pedasnya?

Dikutip KAWN, samtis merupakan sambal yang bahan utamanya bukan hanya cabai dan bawang saja, melainkan adanya campuran udang atau bahkan cumi. Hal ini tentu didasari oleh geografis Jepara yang merupakan kota pesisir. Dimana, hasil komoditas laut seperti cumi, udang dan ikan begitu melimpah.

Perpaduan antara udang dengan rempah-rempah lainnya, membuat samtis begitu kaya akan rasa. Sehingga, sangat cocok dijadikan pelengkap saat menikmati seporsi nasi dengan lauk-pauk.

Oleh-Oleh Wajib Kota Jepara, Kacang Listrik

source : stiebp

Selanjutnya, ada kacang listrik yang menjadi oleh-oleh wajib saat mampir atau berlibur ke Kota Jepara. Meski namanya kacang listrik, Anda tidak perlu khawatir, karena Anda tidak akan kesetrum saat mencicipinya.  

Dikutip itrip, sudah sejak lama camilan ini ada di Kota Jepara. Awal cerita, banyak pedagang yang menjual kacang ini tepat berada di bawah tiang-tiang listrik. Sejak saat itulah, kacang ini dinamai kacang listrik.

Kacang listrik tidak digoreng seperti camilan kacang pada umumnya, melainkan dipanggang dengan menggunakan oven. Sebelum dipanggang, kacang listrik direbus terlebih dahulu dengan mencampurkan berbagai macam bumbu, seperti bawang putih, daun salam, garam dan juga penyedap rasa.

Rasanya yang gurih dan juga renyah, membuat camilan ini sering dijadikan pendamping berbagai aktifitas, seperti menonton TV, ngobrol maupun bekerja. Bagaimana, tertarik membeli oleh-oleh kacang listrik?  

Baca juga: Kacang-Kacangan, Ketahui Jenis dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Carang Madu, Camilan Manisnya Masyarakat Jepara

source : jagel

Carang madu menjadi salah satu camilan favoritnya masyarakat Jepara. Rasanya yang manis serta teksturnya yang renyah, membuat siapa saja gemar mengonsumsi camilan ini, baik itu orang dewasa maupun anak-anak.

Secara tampilan, bentuknya menyerupai sebuah sarang burung yang disiram dengan gula merah cair. Itulah mengapa, camilan ini dinamai carang madu, yang artinya adalah “sarang madu”.

Dikutip libur.co, carang madu terbuat dari beberapa bahan, mulai dari tepung beras, santan dan juga gula. Setelah semua bahan tercampur, adonan tersebut digoreng, lalu diberi topping gula merah yang sudah dicairkan.

Baca juga: Gula, Si Manis Dengan Berbagai Jenis Dan Kegunaan. Sudah Tahu Belum?

Renyah dengan Citarasa Ikan yang Begitu Terasa, Kerupuk Tenggiri

source : liputan6

Seperti kita ketahui, jika Jepara merupakan daerah pesisir yang kaya akan hasil lautnya. Dibekali kemampuan mengolah makanan yang sangat baik, masyarakat Jepara bisa menghasilkan makanan berbahan dasar hasil laut, kerupuk tenggiri salah satunya.

Rasanya yang gurih dan juga renyah, membuat kerupuk tenggiri sangat cocok dijadikan side dish berbagai macam hidangan, mulai dari pecel, soto ayam, nasi goreng hingga bubur ayam. Cukup mudah menemukan kerupuk tenggiri di Kota Jepara. Pasalnya, kerupuk tenggiri selalu hadir menghiasi etalase display di banyak sentra oleh-oleh khas Jepara.

Baca juga: Oleh-Oleh Khas Jogjakarta yang Wajib Dibawa Pulang

Buah Khas dari Tanah Jepara, Jeruk Jepara

source : topi jelajah

Terakhir, jeruk Jepara merupakan oleh-oleh wajib saat berlibur ke Kota Jepara. Bagaimana tidak, jeruk Jepara atau yang dikenal dengan sebutan jeruk swing ini hanya bisa ditemukan di Kota tersebut.

Dialah Keling dan Celering, merupakan dua daerah di Kota Jepara sebagai penghasil jeruk Jepara. Berbeda dengan buah jeruk pada umumnya, jeruk Jepara cukup unik, karena bisa bertahan hidup di tanah pesisir yang cenderung berpasir dan asin, kutip traveloka.

Karena hal itulah, membuat jeruk Jepara memiliki rasa yang cukup unik. Overall, rasanya seperti jeruk nipis, namun ada rasa asin didalamnya. Secara visual, ukurannya pun sama dengan jeruk nipis, hanya saja warnanya dominan kuning cerah seperti jeruk pada umumnya.

Baca juga: Jeruk Misterius dari Bumi Kartini

KawanKAWN, demikianlah 5 oleh-oleh dari Kota Jepara yang menarik untuk Anda bawa pulang. Oh iya, jika oleh-oleh dari kota tempat Anda tinggal ingin kami ulas juga, silahkan tulis di kolom komentar ya. Kami tunggu!