Ingin Membuka Cabang Usaha Baru, Ikuti Tips Penting Berikut Ini!

-

Saat Anda berbisnis dan dirasa sudah berjalan dengan stabil dan menghasilkan keuntungan yang cukup banyak, membuka cabang usaha baru merupakan salah satu pilihan tepat untuk mengembangkan bisnis agar menjadi semakin besar. Artinya, dengan membuka cabang usaha baru, Anda akan menembus pasar yang lebih luas.

Baca juga : Plus Minus Membeli Usaha Waralaba

Membuka cabang usaha baru memang tidak mudah untuk melakukannya, selalu ada resiko yang akan Anda tanggung jika tidak dipersiapkan dengan matang. Tetapi jika tidak dijalankan, bisnis yang Anda bangun tidak akan pernah maju dan berkembang. Karena, pada dasarnya salah satu karakter yang harus ada dalam seorang entrepreneur adalah berani mengambil resiko dan tidak pernah berhenti melakukan berbagai inovasi, seperti halnya dalam hal membuka cabang usaha baru.

Baca juga : Kenali 6 Karakteristik Seorang Entrepreneur, Mungkin Anda Salah Satunya?

Untuk itu, hal apa saja yang harus dipersiapkan saat membuka cabang usaha baru. Seperti yang KAWN lansir dari anakdagang.com, berikut tips yang perlu dijalankan untuk membuka cabang usaha baru, berikut ulasannya.

Pastikan Cabang Utama Berjalan Stabil

Satu hal yang paling penting jika Anda ingin membuka cabang usaha baru, yaitu pastikan cabang utama atau usaha pertama Anda berjalan stabil, lancar dan tanpa hambatan walau tidak Anda pantau setiap saat. Karena, membuka cabang usaha baru akan membutuhkan perencanaan yang matang, waktu yang ekstra dan perhatian yang cukup banyak, sehingga Anda harus memastikan bahwa cabang utama dapat beroperasi tanpa harus dipantau secara rutin.

Baca juga : 4 Cara Membuat Bisnis Tumbuh Stabil

Namun, jika dirasa cabang utama Anda belum bisa berjalan dengan stabil, lebih baik pikir ulang keputusan Anda untuk membuka cabang usaha baru. Memaksakan membuka usaha baru disaat cabang utama Anda belum stabil, bisa saja akan menimbulkan resiko atau kerugian yang tidak diinginkan.

Perencanaan yang Matang

Setelah Anda merasa bahwa cabang utama Anda sudah berjalan stabil, langkah selanjutnya adalah membuat perencanaan pembukaan cabang usaha baru yang matang. Banyak sekali hal yang perlu dipersiapkan dalam hal perencanaan membuka cabang usaha baru, mulai dari jumlah modal yang dipersiapkan, lokasi usaha, perekrutan karyawan hingga hal mendetail, seperti interior, distribusi logistik atau bahkan sistem pendukung operasional di cabang usaha baru tersebut.

Baca juga : Contoh Business Plan dan Cara Membuat Rencana Bisnis Sederhana

Untuk itu, penting sekali untuk memperhatikan satu-persatu dari setiap perencanaan tersebut, atau ada baiknya Anda buatkan checklist perencanaan yang matang, sehingga Anda akan tahu perencanaan apa saja yang sudah dan belum dilakukan. Hal ini guna menghindari resiko yang akan Anda tanggung dalam proses membuka cabang usaha baru.

Persiapkan Modal yang Cukup

Mungkin ini adalah hal yang paling penting dalam proses membuka cabang usaha baru, yaitu persiapkan modal yang cukup untuk cabang usaha baru Anda. Membuka cabang usaha baru sama halnya ketika pertama kali Anda membuka usaha, banyak hal yang perlu Anda biayai, seperti sewa tempat, gaji karyawan, pembelian inventaris atau biaya operasional lainnya.

Penting untuk Anda catat, bahwa mungkin saja cabang usaha baru tersebut tidak dapat menguntungkan atau mengembalikan modal dalam waktu yang cukup singkat. Jadi, Anda harus memastikan bahwa modal yang Anda siapkan cukup untuk bertahan sampai benar-benar menguntungkan. Hal ini bertujuan agar tidak akan mengganggu stabilitas keuangan pada cabang utama Anda.

Tentukan dan Analisis Lokasi Cabang Baru Tersebut

Langkah berikutnya dalam proses membuka cabang usaha baru adalah menentukan lokasi cabang usaha baru tersebut. Menentukan lokasi sangat penting untuk diperhatikan, karena nantinya akan menentukan kelangsungan usaha Anda, apakah akan mengenyam keuntungan atau bahkan sebaliknya.

Baca juga : Kesalahan Memilih Lokasi Usaha Yang Sering Dilakukan Pengusaha Pemula

Menentukan lokasi bisa dikatakan susah-susah gampang. Ada beberapa hal yang perlu Anda analisis sebelum menentukan lokasi tersebut, seperti ;

  1. Lokasi yang strategis
  2. Akses yang mudah dan ramai dilalui orang
  3. Bagaimana tingkat keamanannya?
  4. Harga Sewa
  5. Apakah banyak kompetitor di lokasi tersebut?
  6. Lokasi yang sesuai dengan target market

Siapkan SDM yang Handal

Berikutnya, perekrutan karyawan jangan sampai luput dari perhatian Anda, karena keberlangsungan dan kesuksesan cabang usaha Anda ada ditangan mereka juga. Untuk itu, jika Anda sebagai pemilik harus terjun langsung dalam proses merekrut karyawan, namun tidak hanya sampai disitu, Anda juga harus memberikan pelatihan kepada karyawan, agar SOP yang sudah ditetapkan dapat berjalan dengan baik. Terutama hal yang berkaitan dengan pelayanan kepada konsumen.

Baca juga : 5 Tips Menjaga Kinerja Pramusaji Agar Tetap Maksimal

Manfaatkan Teknologi sebagai Penunjang Usaha Anda

Terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah dengan memanfaatkan peran teknologi untuk menunjang kelancaran usaha Anda. Untuk itu, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir online KAWN dengan berbagai fitur yang dapat menunjang keberhasilan usaha Anda, seperti fitur laporan penjualan, resi pembayaran, manajemen meja serta fitur manajemen stok.

Baca juga : Teknologi Aplikasi Kasir KAWN Untuk Menunjang Bisnis dan Usaha Anda

Namun bukan hanya itu, dalam hal proses pembukaan cabang usaha baru pun, aplikasi kasir online KAWN memiliki fitur yang mumpuni untuk Anda andalkan, yaitu fitur manajemen multi-cabang. Melalui fitur manajemen multi-cabang Anda dapat melakukan pengaturan yang berbeda-beda untuk setiap cabang dengan akun pengelolaan yang terintegrasi. Informasi seperti pendapatan per cabang, transaksi per cabang, grafik penjualan per cabang, mutasi stok antar cabang dan informasi lainnya dapat  Anda peroleh dengan mudah melalui fitur manajemen multi-cabang.

Baca juga : Cara Melihat Laba Kotor di Aplikasi Kasir Online KAWN

Jadi, Anda tidak perlu pusing lagi apabila usaha yang anda jalankan memiliki cabang lebih dari 1, melalui fitur manajemen multi-cabang dari KAWN, Anda dapat menambahkan berapa pun cabang yang Anda miliki dan terintegrasi dengan cabang utama. Untuk itu, jika Anda sedang membuka cabang usaha baru dan ingin mencoba pengalaman menggunakan aplikasi kasir online KAWN, Anda dapat klik disini untuk menikmati free trial selama 30 hari.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam hal membuka cabang usaha baru. Tentu saja akan ada hambatan dan rintangan dalam proses membuka cabang usaha baru, untuk itu, persiapkan dengan matang segala hal yang dibutuhkan. Namun, jika Anda punya pengalaman membuka cabang usaha baru, silahkan share di kolom komentar ya!