Inovasi Produk dan Pemanfaatannya Dalam Berbisnis

-

Inovasi produk menjadi salah satu strategi pengembangan produk yang perlu dilakukan oleh pebisnis. Tujuannya mutlak, yakni demi mendapatkan apresiasi dan kepuasan dari konsumen, guna meraup keuntungan sebanyak-banyaknya. Selain itu, inovasi produk juga dilakukan demi memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin beragam.  

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan inovasi produk? Secara harfiah, inovasi produk merupakan upaya yang dilakukan pebisnis dengan menciptakan produk baru, guna untuk meningkatkan, mengembangkan serta menyempurnakan produk yang sudah ada sebelumnya, kutip gramedia.com.

Hadirnya kompetitor atau pesaing bisnis pun juga mewajibkan Anda untuk melakukan strategi ini. Terlebih jika Anda dan kompetitor memiliki produk yang sama secara apple to apple. Tidak bisa dipungkiri, hadirnya kompetitor membuat Anda harus berbagi konsumen pada pasar. Itulah mengapa, pentingnya inovasi produk guna memenangkan pasar.

Baca juga: Kompetitor dalam Berbisnis, Ambil Positifnya Saja!

Akan tetapi, tidak mudah menciptakan produk yang lebih inovatif. Setidaknya, Anda perlu melakukan observasi atau riset terlebih dahulu, tentang permintaan pasar yang up to date, perilaku konsumen serta feedback dari pelanggan.

Baca juga: 5 Manfaat Memahami Perilaku Konsumen Terhadap Perkembangan Bisnis

Lantas, apa saja manfaatnya inovasi produk terhadap sebuah bisnis? Dikutip dari beberapa sumber, berikut penjelasannya.

Inovasi Produk Mampu Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

source : google image

Menjangkau pasar yang lebih luas merupakan salah satu manfaat dari dilakukannya inovasi produk. Pasalnya, produk yang berinovasi dengan memberikan berbagai macam perkembangan maupun modifikasi mampu menarik minat masyarakat lebih luas lagi.

Jadi, kelompok masyarakat yang tadinya tidak tertarik, berubah menjadi tertarik terhadap produk tersebut. Tentunya, hal ini akan berdampak terhadap keuntungan yang semakin meningkat.

Menariknya, beberapa perusahaan melakukan inovasi produk dengan tidak menambahkan fitur atau fungsi yang ada. Tak jarang pula, banyak pebisnis yang melakukan inovasi dengan menurunkan spesifikasi produk.

Salah satu contohnya pada bisnis smartphone. Banyak brand-brand smartphone yang menurunkan spesifikasi dari beberapa fitur, seperti kualitas kamera atau ruang penyimpanan. Dengan begitu, mereka akan membanderol harga yang lebih rendah juga. Hal ini dilakukan guna menciptakan pasar yang baru untuk menjangkau konsumen pada status ekonomi menengah kebawah.

Baca juga: Cara Menentukan Strategi Segmentasi Pasar yang Tepat

Memenuhi Kebutuhan dan Meningkatkan Kepuasan Konsumen

source : daya

Seperti kita ketahui, kebutuhan konsumen bisa berubah kapan saja. Oleh karena itu, jika produk yang kita tawarkan tidak bisa menyesuaikan keinginan konsumen, bisa saja produk kita akan ditinggalkannya. Tentunya, resiko kehilangan konsumen akan menghantui bisnis Anda.

Tidak mau kan kondisi ini terjadi pada bisnis Anda. Demi mencegah hal ini terjadi, inovasi produk wajib Anda lakukan. Pasalnya, dengan menawarkan produk yang lebih inovatif, tentunya bisa memenuhi kebutuhan konsumen.

Jika kebutuhan konsumen sudah terpenuhi, impact selanjutnya yang diterima pebisnis tentu saja kepuasan dari sang konsumen. Bukan tidak mungkin, kondisi membuat konsumen melakukan pembelian secara berulang atau repeat order.

Baca juga: Kepuasan Pelanggan, Terapkan Cara ini untuk Mengukurnya

Mampu Bersaing dengan Kompetitor

source : marketingmind

Layaknya sebuah kompetisi untuk mendapatkan banyak keuntungan, kompetitor bisa menjadi penghambat terhadap perjalanan bisnis Anda. Pasalnya, bisa saja kompetitor akan menawarkan produk yang lebih baik dan berkualitas daripada produk yang Anda tawarkan.

Lantas, bagaimana cara sehat untuk bersaing dengan sang kompetitor? Salah satu strategi yang bisa diterapkan adalah dengan melakukan inovasi produk. Jika Anda mampu menawarkan produk yang lebih baik dari kompetitor, bukan tidak mungkin produk Anda akan tetap laku dipasar.

Contoh nyata ada pada persaingan antara 2 brand ponsel terbesar di dunia, Nokia dan Samsung. Seperti kita ketahui, era awal tahun 2000an, Nokia begitu berjaya dengan produk handphone yang begitu beragam. Namun, seiring berjalannya waktu, inovasi yang dilakukan Samsung dengan mengeluarkan produk smartphone membuat Nokia tidak bisa berbuat banyak.

Lambat laun, pasar ponsel Indonesia bahkan dunia sontak dikuasai oleh brand Samsung. Bagaimana, tidak ingin kan bisnis Anda bernasib sama dengan Nokia.

Baca juga: Mengenang 7 Tahun Nokia Serahkan Tahta pada Samsung

KawanKAWN, diatas merupakan beberapa manfaat inovasi produk terhadap sebuah bisnis. Jika Anda pemilik bisnis, apakah tertarik menerapkan strategi ini juga? Yuk diskusikan di kolom komentar!