Jajanan Khas Flores, Nusa Tenggara Timur

-

Jajanan menjadi sebuah kebutuhan pokok untuk mengisi perut atau buah tangan ketika seorang pelancong berkunjung ke suatu daerah. Jajanan sejatinya merupakan makanan atau minuman ringan yang dijadikan kudapan di waktu senggang.

Setiap negara atau daerah pasti mempunyai jajanan khasnya sendiri. Faktor kontur alam, budaya dan kebiasaan menjadi penentu dari keanekaragaman jajanan dari masing-masing tempat.

Flores salah satu pulau yang menjadi bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Flores, selain menampilkan keindahan alam yang eksotik ternyata juga menyimpan beberapa jajanan khas yang sayang jika Anda lewatkan.

Melansir dari jejakpiknik.com berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai jajanan khas Flores yang berhasil KAWN rangkum. Simak bersama ya!

Baca juga: Pulau Flores

Jajanan Ohu Ai Pungan

source : jejakpiknik

Jajanan satu ini berbahan dasar ubi kering yang ditumbuk kemudian dicampur dengan garam, kelapa parut dan ikan teri. Jajanan ini mempunyai citarasa gurih dan asin, sehingga selain bisa dicemil pun bisa dijadikan lauk untuk santap siang.

Baca juga: Olahan Ikan Dari Berbagai Daerah Di Indonesia, Yuk Dicoba!

Jagung Titi

source : medcom

Jajanan selanjutnya masih berasal dari tanaman palawija, yakni jagung titi. Sesuai dengan namanya jajanan ini berbahan dasar jagung yang diolah dengan cara di titi atau ditumbuk dengan batu.

Proses pengolahannya adalah biji jagung disangrai sebelum ditumbuk dengan batu. Hampir menyerupai popcorn namun berbeda dari segi pembuatannya saja. Anda bisa menjadikan jagung titi sebagai buah tangan dengan kisaran harga hanya 25 ribuan saja.

Baca juga: Makanan Khas Wilayah Timur Indonesia

Rebok

source : okezone

Selanjutnya jika Anda pernah mencicipi kue sagon, rasanya jajanan ini juga “sinonim” dari panganan tersebut. Rebok terbuat dari adonan tepung beras dan parutan kelapa.

Berbeda dengan sagon yang berbentuk padat, rebok berbentuk bubuk dan biasa disajikan sebagai panganan saat tamu berkunjung ke rumah warga lokal Flores. Rebok juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh yang sudah terkemas rapi di beberapa toko di Flores.

Baca juga: Menu Plant Based yang Banyak Digemari Masyarakat Urban

Jawada

source : dapurbarokah

Pernah mencoba kue rambut? Kue manis yang menyerupai rambut ini juga ada loh, di Flores. Jawada namanya, kue ini terbuat dari campuran adonan tepung beras, air nira, gula merah, santan, minyak dan garam.

Agar menyerupai rambut manusia, cara menggoreng adonan ini digoyang-goyang sampai kue berubah keras dan berwarna coklat keemasan. Jajanan ini mempunyai masa pakai yang relatif panjang, jadi cocok untuk dijadikan buah tangan.

Baca juga: Expired Date dan Best Before pada Produk F&B, Yuk Kenali Perbedaannya!

Ubi Nuabosi

source : seindotravel

Kemudian jajanan khas Flores yang terakhir ada ubi nuabosi. Ubi ini berbeda dengan ubi pada umumnya, ukurannya yang jumbo dan aroma yang wangi menjadi ciri pembeda dari ubi ini.

Ubi nuabosi tumbuh subur di wilayah Flores dan merupakan bibit dari Brazil yang kemudian dibawa oleh Penjajah Portugis untuk di tanam di Flores. Fyi, Flores adalah salah satu wilayah jajahan Portugis pada masa lampau.

Baca juga: Ke Flores, 10 Makanan Khas ini Wajib Buat Dicobain!  

Bagaimana? Cukup unik bukan jajanan khas Flores? Baik dari segi nama dan penyajian tentu menjadi kekhasan tersendiri yang patut Anda coba!

Sekian artikel kali ini dan semoga tetap selalu menginspirasi Anda!