Cara Melakukan Proses Produksi di Aplikasi Kasir Online KAWN

-

Pada artikel tutorial sebelumnya Anda sudah mengetahui bagaimana cara untuk menambahkan produk yang ingin dijual. Agar siap untuk dijual, maka produk tersebut harus masuk ke tahap proses produksi atau sering disebut juga manufaktur, dengan tujuan untuk memproduksi barang tepat waktu dan jumlah yang sesuai.

Adanya fitur manufaktur di aplikasi kasir online KAWN sangat memudahkan Anda untuk memproses produk yang sudah dibuat untuk siap dijual, Anda dapat dengan mudah mencatat jumlah dan produk apa saja yang akan diproduksi. Semua proses tersebut tercatat dengan akurat.

Sebelum Anda melakukan proses produksi, pastikan Anda sudah membuat produk terlebih dahulu di menu Produk, setelah itu baru ke proses produksi di menu Manufaktur. Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk melakukan proses produksi di menu Manufaktur menggunakan aplikasi kasir online KAWN.

Masuk ke dashboard KAWN


Langkah pertama yang perlu Anda lakukan, yaitu masuk ke dashboard KAWN. Dari tampilan tersebut terdapat beberapa pilihan menu. Namun, untuk masuk ke proses produksi Anda perlu klik (1) Manufaktur.

Klik Tambah Resep Produk


Setelah Anda klik menu Manufaktur, lalu terdapat 2 pilihan menu untuk melakukan proses produksi. Pertama, yang perlu Anda perlu melakukan pembuatan resep produk dengan klik (2) Resep Produk. Lalu, tampilan dashboard Anda akan terdapat beberapa filter yang nantinya resep produk yang Anda buat ditampilkan disini.

Langkah selanjutnya Anda perlu klik (3) Tambah Resep Produk dan masukan beberapa informasi terkait produk yang ingin Anda produksi.

Masukan Informasi Produk


Pada bagian (3a) masukan informasi produk yang ingin Anda jual, seperti nama produk dan jumlahnya. Namun, pada bagian kode BOM Anda tidak perlu membuat ulang karena sudah secara otomatis akan terbuat oleh sistem.

Informasi selanjutnya yang perlu Anda masukan di bagian (3b) yaitu komponen pendukung untuk membuat produk tersebut, misalnya produk yang Anda buat mie ayam, maka komponen yang perlu Anda buat, yaitu sawi, mie, bakso, dan tepung. Tentukan komponen-komponen tersebut berdasarkan jumlah, satuan ukuran, dan biayanya.

Apabila komponen tersebut lebih dari satu, maka Anda perlu klik (3c) Tambah Komponen. Masukan informasi seperti yang sudah dilakukan pada bagian (3b). Apabila produk Anda terdapat biaya lainnya seperti sewa tukang, Anda ceklis (3d) untuk memasukan informasi mengenai biaya tersebut.

Setelah informasi mengenai produk berhasil dibuat dan sesuai dengan stok yang tersedia, maka langkah selanjutnya Anda klik (4) Buat dan masuk menu Proses Produksi.

Masuk ke Proses Produksi

Langkah selanjutnya klik (5) Proses Produksi dan tampilan dashboard Anda akan terdapat beberapa filter untuk memudahkan pencarian produk apa yang sedang atau ingin di produksi, pada filter tersebut Anda bisa menghapus atau mengedit ulang produk Anda. Setelah itu, klik tombol (6) Tambah Produksi untuk lebih lanjut.

Masukan informasi Produk

Masukan informasi produk yang sudah dibuat sebelumnya pada bagian (6a), cukup masukan resep produk dan outlet saja, karena bagian lain seperti kode, jumlah, dan (6b) komponen produk sudah terisi secara otomatis. Selanjutnya, Anda klik (7) Buat.

Klik Mulai Produksi

Setelah klik buat dan berhasil, Anda bisa merubah dan menghapus proses produksi yang sudah dibuat. Namun, apabila semua dipastikan sudah benar maka Anda klik (8) Mulai Produksi dan pilih tanggal sesuai keinginan.

Klik Selesai

Setelah Anda sudah berhasil melakukan proses produksi, lalu langkah terakhir yang perlu Anda lakukan klik (9) Selesai. Setelah itu, Anda bisa cek kembali stok bahan baku Anda di menu Kartu Stok pada Inventori.

Berikut tadi merupakan langkah-langkah untuk melakukan proses produksi di aplikasi kasir online KAWN. Dengan adanya fitur ini proses produksi produk di outlet Anda dapat dilakukan dengan mudah dan stok bahan baku yang berkurang akan terlacak secara otomatis.

Masih banyak fitur-fitur lain di aplikasi kasir online KAWN yang dapat membantu perkembangan bisnis Anda kedepan, klik disini untuk coba gratis selama 30 hari!