Pasta, Kenali Macam Jenisnya dan Awas Jangan Sampai Keliru!

-

Pasta, salah satu makanan yang berasal dari tanah Italia ini memang memiliki komposisi yang hampir sama dari setiap jenisnya, yakni berasal dari campuran tepung terigu semolina, telur dan air. Justru perbedaannya ada pada bentuk dan cara penyajiannya saja.

Baca juga: Apa Itu Tepung Semolina?

Saat ini, jenis pasta memang begitu banyak, bahkan, dikutip id.wikipedia.org terdapat lebih dari 650 jenis pasta yang berada negara asalnya, Italia. Meskipun begitu banyak jenis pasta, namun, hanya spaghetti dan macaroni lah yang paling populer bagi masyarakat Indonesia.

Baca juga: 5 Makanan Khas Mexico yang Mendunia

Lantas, apa saja jenis pasta yang ada di Indonesia yang perlu Anda ketahui? Melansir dari hipwee.com, berikut daftarnya.

Pasta Paling Tenar Di Indonesia: Makaroni

source : google image

Mungkin makaroni merupakan pasta yang paling tenar di Indonesia. Selain bisa dijadikan sup, makaroni biasanya dipanggang bersama keju dan susu full cream untuk dijadikan hidangan macaroni schotel.

Bahkan, di tangan-tangan kreatif orang Indonesia, makaroni juga sering dijadikan sebagai cemilan yang bisa Anda santap, sebut saja makaroni kering. Makaroni kering sendiri biasanya disajikan dengan berbagai macam bumbu tabur, mulai dari rasa pedas, keju, jagung bakar hingga sapi panggang.

Baca juga: Repacking Snack, Alternatif Bisnis Menarik Dikala Pandemi Covid-19

Mirip dengan Mi: Spaghetti

source : pexels

Pasta ini sekilas memang sangat mirip dengan mi. Namun, satu perbedaan yang paling ketara adalah dari bentuknya, dimana spaghetti memiliki bentuk lebih tebal dibandingkan mi. Sehingga, banyak orang yang menyebut spaghetti dengan istilah Mi Italia.

Baca juga: Olahan Mi Nusantara yang Perlu Anda Coba!

Mungkin kita sepakat kalau spaghetti juga merupakan pasta yang paling populer di Indonesia. Karena hal tersebut, banyak rumah makan atau kafe yang menyajikan menu spaghetti, salah satunya ialah spaghetti bolognese.

Spaghetti bolognese merupakan menu spaghetti dengan topping olahan daging cincang yang dipadu padankan dengan parutan keju. Hmmm, terdengar lezat dan menggugah selera bukan?

Berlapis dengan Isian Daging yang Melimpah: Lasagna

source : pexels

Memang bukan yang paling populer, tetapi kami yakin, kalau pasta yang satu ini masih cukup familiar terdengar di telinga Anda. Lebih-lebih berbicara masalah rasanya, bisa dikatakan lasagna memiliki rasa yang sangat istimewa.

Baca juga: Cara Membuat Lasagna Panggang Ternyata Mudah! Cek Resepnya Yuk

Lasagna sendiri adalah pasta khas Italia yang disajikan secara berlapis dengan berbagai macam isian, seperti daging sapi, ayam, bawang bombay serta sayuran. Selain spaghetti, lasagna biasanya selalu hadir dalam buku menu pada restoran atau rumah makan khas Italia.

Pasta Berbentuk Spiral: Fusilli

source : pexels

Secara tampilan, mungkin Anda pernah melihat pasta ini. Akan tetapi, apakah Anda tahu nama dari makanan ini? Pasta ini berbentuk spiral dan biasa diolah dengan saus dan kacang polong bernama fusilli.

Selain itu, ada juga yang mengolah fusilli dengan cara digoreng dengan taburan bubuk cabai. Sehingga ada sensasi renyah dengan citarasa pedas saat Anda menyantapnya. Bagaimana, tertarik?

Saudara Kembarnya Kwetiau: Fettuccine

source : pexels

Jika spaghetti mirip dengan mi, sedangkan fettuccine mirip sekali dengan kwetiau. Dalam bahasa Italia sendiri, fettuccine berarti “pita kecil”, dimana bentuknya yang panjang dan tipis menyerupai pita. Sama seperti spaghetti, kebanyakan fettuccine juga disajikan dengan olahan daging sapi cincang dan taburan keju parut.

Pasta dengan Nama yang Unik: Angel Hair

source : google image

Satu lagi pasta yang perlu Anda tahu, yakni angel hair, dari namanya, terdengar cukup unik memang. Secara tampilan sangat mirip dengan spaghetti, namun berdiameter sedikit lebih kecil. Selain itu, dari teksturnya, angel hair lebih lunak dibanding spaghetti.

Saat Anda mampir ke restoran khas Italia tentunya dapat dengan mudah menemukan menu dengan bermacam-macam pasta. Akan tetapi, karena kepopuleran pasta di kalangan masyarakat Indonesia, Anda dapat dengan mudah menemukan pasta walau bukan di rumah makan Italia.

KawanKAWN, diatas adalah jenis-jenis pasta yang perlu Anda ketahui. Semoga, saat Anda mampir ke restoran Italia tidak lagi bingung dengan nama-nama pasta yang masih terdengar awam di telinga Anda. Namun, jika Anda tahu jenis pasta lainnya yang belum KAWN sebutkan diatas, mohon bantu tuliskan di kolom komentar ya! Terima kasih!