Pasar Benhil dan Surga Kulinernya!

-

Pasar Benhil atau lebih lengkapnya adalah Pasar Bendungan Hilir, merupakan salah satu pasar legendaris di Jakarta. Berlokasi di Jalan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Pasar Benhil menyimpan banyak cerita. Dari pasar tradisional, toko-toko digital printing hingga wisata kuliner.

Baca juga: Kuliner Tersembunyi Namun Tak Pernah Sepi di Jakarta Selatan

Mengutip dari buku berjudul “212 Asal Usul Jakarta Tempo Doeloe” karangan Bapak Zaenuddin HM, Jaman Hindia Belanda membangun bendungan-bendungan atau dam sebagainya yang ada di negara mereka. Bendungan dibuat untuk menahan laju air menjadi waduk atau danau. Pada akhirnya digunakan masyarakat, terutama saat musim kemarau tiba.

Bendungan yang berada di barat, timur, selatan maupun utara atau hilir. Sedangkan bendungan yang berada di wilayah Kecamatan Tanah Abang itu letaknya di hilir atau orang betawi menyebutnya milir. Jadilah sebutan bendungan hilir hingga saat ini.

Sudah semakin tahu dong tentang asal usul Pasar Benhil? Nah, kini saatnya kita akan membahas tentang surga kuliner apa saja yang tersimpan di Pasar Benhil. Silahkan simak penjelasan berikut, KAWN sudah merangkumnya khusus untuk Anda.

Baca juga: Makanan Legendaris di Pasar Mayestik

Pasar Benhil, ‘Rumah’ Bagi Bopet Mini

Source: hangerranger.com

Siapa yang tidak mengenal rumah makan yang berdiri sejak 1982 ini? Bopet Mini yang terkenal dengan berbagai kuliner khas Sumatera Barat, memang menjadi salah satu tujuan para pecinta kuliner. Dari sajian menu camilan, makanan ringan, hingga berat menjadi keistimewaan Bopet Mini.

Menu istimewa yang menjadi signature di sini adalah sate padang, bubur kampiun, ketupat sayur, gulai rebung dan camilan keripik balado khas Padang. Menu lain mulai dijajakan oleh Bopet Mini bagi Anda yang tidak bisa makan makanan pedas, seperti pecel sayur khas Jawa, kue serabi dan kue lupis betawi beserta kuah gula yang manis.

Alamat: Jalan Bendungan Hilir No. Kav. 1A atau tepatnya berseberangan dengan Teras Benhil

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 10.00 sampai dengan 17.00 WIB

Kisaran Harga: Rp 15 ribu hingga 50 ribu

Baca juga: 3 Usaha Rumahan yang Tidak di Lekang Jaman

Rumah Makan Surya

Source: kumparan.com

Rumah makan satu ini juga menjual makanan khas Minang, Sumatera Barat. Berdiri sejak 1960 di PAsar Benhil, RM Surya menyajikan makanan seperti rumah makan padang pada umumnya. Beragam masakan padang tersaji di etalase, sehingga memudahkan Anda untuk memilih.

Baca juga: 5 Makanan Tradisional Indonesia yang Paling Legendaris Sepanjang Masa

Pelanggan bisa langsung memilih menu yang diinginkan atau nanti pelayan akan menghidangkan berbagai makanan di atas meja pelanggan. Menu legendarisnya adalah ayam pop, rendang, sambalado teri, nasi goreng padang, mie goreng padang hingga martabak telur.

Alamat: Jalan Bendungan Hilir No. 5, Jakarta Pusat

Jam Operasional: Setiap hari, mulai pukul 07.00 sampai dengan 21.00 WIB

Kisaran Harga: Rp 7 ribu sampai dengan Rp 30 ribu

Mie Keriting Benhil Mas Pujo

Source: twitter.com

Pecinta bakmi, Anda harus memasukkan Mie Keriting Pasar Benhil Mas Pujo ke dalam daftar tempat rekomendasi! Mengapa? Karena Mas Pujo menawarkan mie dengan tekstur yang kenyal dan rasa khasnya yang gurih.

Baca juga: 3 Resep Bakmi Ayam Gerobakan yang Enak dan Sedap

Mie Keriting Benhil Mas Pujo sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu, namun tidak mengurangi kualitas dan rasa yang disajikan hingga hari ini. Pastikan Anda datang sebelum jam makan siang, karena kedai Mas Pujo akan sesak oleh pengunjung lainnya.

Alamat: Jalan Bendungan Hilir No. 25, Jakarta Pusat

Jam Operasional: Mulai pukul 07.00 - 20.00 WIB

Kisaran Harga: Rp 17 ribu sampai dengan Rp 22 ribu

Gudeg Pejompongan

Source: ruthnauliid.wordpress.com

Anda rindu makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta? Tenang, lagi-lagi Pasar Benhil memiliki jawabannya. Gudeg Pejompongan mulai beroperasi sejak pukul 11.00 sampai dengan 20.00 WIB dengan kisaran harga mulai dari Rp 25 ribu sampai dengan Rp 50 ribu. Berdiri sejak 1964, Gudeg Pejompongan sangat legendaris di kalangan para pecinta kuliner. Sehingga tidak mengherankan, jika gudeg ini masih eksis di Pasar benhil hingga saat ini.

Hampir semua varian gudeg di sini menjadi rekomendasi. Sebut saja misalnya, nasi gudeg komplit yang berisi nasi, gudeg, telur, ayam opor dan sayur krecek (kerupuk kulit). Pastikan Anda memasukkan semua menu di atas dalam satu suapan sendok, sehingga akan menghasilkan cita rasa gurih, manis dan nikmat.

Alamat: Jalan Bendungan Hilir Blok G2 No. 15, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat

Jam Operasional: 07.00 - 15.00 WIB dan 16:30 - 20.00 WIB

Kisaran Harga: Mulai dari Rp 4 ribu sampai dengan Rp 48 ribu

Baca juga: 5 Tips Usaha Mie Ayam yang Menguntungkan, Modal 10 Jutaan

Soto Mie Sarodja

Source: kulinerfiesta.com

Makanan khas Sumatera sudah, makanan khas Jawa Tengah & Yogyakarta sudah, kini saatnya kita ulas makanan khas Jawa Barat di Pasar Benhil. Soto Mie Sarodja mewakili makanan legendaris khas Jawa Barat di Pasar Benhil. Sudah pernahkah Anda mencicipinya?

Baca juga: Ragam Soto Khas di Indonesia Dari Berbagai Daerah

Soto Mie Sarodja berdiri sejak 1970-an dan menjadi salah satu soto mie legendaris di Jakarta. Meski hanya di warung yang sederhana, namun satu porsi soto mie di sini berukuran yang tidak sesederhana tempatnya. Jadi, jangan sampai Anda melewatkan kuliner satu ini saat berkunjung ke kawasan Pasar Bendil ya.

Alamat: Jalan D. Tondano No. 27, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat

Jam Operasional: 07.00 - 18.00 WIB

Kisaran Harga: Rp 30 ribu sampai dengan Rp 40 ribu

Demikianlah lima daftar makanan di Pasar Benhil yang  direkomendasikan KAWN untuk Anda, para pecinta kuliner. Sempatkan waktu untuk mampir makan siang atau pun Anda bisa memesan layanan pesan antar makanan.

Bisnis kuliner memang tidak akan pernah lekang oleh waktu. Sehingga, bisa Anda jadikan sebagai salah satu pilihan untuk berbisnis. Aplikasi kasir KAWN siap untuk mendampingi bisnis Anda kapanpun dan di mana pun. KAWN, satu harga untuk berbagai fitur. Nantikan terus artikel informasi, bisnis dan seputar f&b lainnya di website KAWN.