Cara Melakukan Pesanan Pembelian Melalui Pemasok (Purchase Order)

-

Pesanan pembelian atau sering disebut juga sebagai purchase order merupakan hal yang penting dalam kegiatan bisnis F&B. Hal tersebut dimaksudkan untuk memastikan bahwa setiap pembelian stok bahan baku yang dilakukan sesuai dengan anggaran outlet Anda.

Kegiatan purchase order merupakan sebuah permintaan atas kebutuhan stok bahan baku dan dikirim dari pemasok untuk kebutuhan outlet Anda. Seperti jenis produk atau barang, jumlah, dan harga. Semakin detail pesanan, maka semakin banyak juga rincian yang perlu Anda catat agar pesanan pembelian sesuai dengan kebutuhan.

Sekarang pencatatan stok bahan baku dari pemasok dapat dengan mudah dikelola dengan baik, saat ini aplikasi kasir online KAWN dengan fitur Pemesanan Pembelian dapat membantu Anda dalam mengelola pesanan pembelian stok bahan baku melalui pemasok.

Berikut ini beberapa langkah mudah yang perlu Anda lakukan dalam menggunakan fitur Pesanan Pembelian di aplikasi kasir online KAWN.

(1) Masuk ke Dashboard KAWN

Pertama Anda perlu masuk ke Dashboard KAWN, dari beberapa pilihan menu yang tersedia Anda (1) klik Inventori untuk mengetahui langkah selanjutnya.

(2) Klik Pemesanan Pembelian

Setelah Anda klik tombol Inventori, Anda akan diberikan beberapa alternatif menu pilihan. Namun, untuk melakukan pembelian melalui pemasok Anda perlu klik (2) menu Pemesanan Pembelian. Ketika klik tombol tersebut, tampilan dashboard Anda terdapat beberapa filter yang memudahkan Anda dalam melakukan pencarian pembelian Anda melalui pemasok.

(3) Klik Tambah Pesanan Pembelian

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan (3) klik Tambah Pemesanan Pembelian, pada bagian ini Anda perlu mengisi beberapa hal terkait dengan stok bahan baku outlet Anda. Pada bagian (3a) pilihan tanggal kapan pembelian Anda dilakukan, (3b) masukan nama pemasok bahan baku Anda, (3c) pilih salah satu outlet yang melakukan pembelian melalui pemasok tersebut. Setelah itu, pada bagian (3d) Anda perlu isi catatan yang sifatnya opsional, misalnya salah satu bahan baku yang dibeli dari pemasok ada yang kurang atau rusak.

Informasi lain mengenai produk, Anda dapat mengisi pada bagian detail Pesanan Pembelian. Pilih (3e) produk pembelian yang Anda lakukan, apabila lebih dari 1 produk, klik (3f) Tambah Produk. Setelah itu, masukan (3g) jumlah produk yang Anda dapat dari pemasok dan pilih (3h) satuan produk yang Anda terima, misalnya kilogram. Pada bagian terakhir yang perlu isi yaitu (3i) biaya dari produk yang Anda beli. Total cost akan menghitung secara otomatis dari jumlah produk Anda dan biaya yang dibayarkan.Setelah bagian (3) dipastikan sudah sesuai dengan pembelian, Anda perlu klik (4) Buat.

(4) Klik Terima

Apabila semua informasi mengenai detail produk dan pemasok sudah sesuai, Anda klik (4a) Terima, namun apabila ingin mengubah data tersebut klik (4b) dan kalau ingin menghapusnya Anda pilih (4c).

(5) Klik Simpan

Apabila sudah klik Buat, Anda perlu memastikan kembali (5a) jumlah barang dan (5b) satuan barang yang Anda terima dari pemasok. Setelah dipastikan sesuai klik (5c).

Setelah klik Simpan, tampilan dashboard Anda akan kembali ke tahap (2) Pemesanan Pembelian terdapat filter dan kode yang berfungsi untuk cek kembali pembelian stok bahan baku Anda dari pemasok.

Nah, apabila Anda saat ini masih kesulitan untuk melakukan pembelian melalui pemasok, dengan langkah-langkah tersebut tentunya akan lebih mudah. Anda bisa dapatkan fitur tersebut di aplikasi kasir online KAWN. Klik disini untuk dapatkan fitur lain yang gratis selama 30 hari.