Agen Telur Ayam, Bisnis Peternakan Yang Patut Dicoba

-

Agen telur ayam menjadi salah satu bisnis yang menarik untuk dicoba. Tentunya hal ini bukan tanpa alasan, karena termasuk dalam kategori kebutuhan pokok, membuat telur ayam memiliki permintaan tinggi setiap harinya.

Biasanya, seorang ibu selalu menyetok telur ayam didalam lemari pendingin dirumahnya. Selain mudah dibuat, telur ayam juga kaya akan protein dan zat lainnya yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan sikecil.

Di mana pun posisi Anda berada, sepertinya cukup mudah menemukan penjual telur ayam, baik itu penjual dalam skala besar maupun pengecer. Untuk itu, satu hal yang menjadi perhatian saat Anda terjun ke bisnis agen telur ayam, yakni keberadaan kompetitor dari bisnis ini.

Baca juga: Analisis Kompetitor Penting untuk Dilakukan, Berikut Caranya!

Jika Anda pemula dan ingin memulai bisnis agen telur ayam, simak baik-baik ya! Dikutip dari beberapa sumber, berikut pemaparannya.

Agen Telur Biasanya Berada di Lokasi yang Strategis

source : canva

Sebelum memulai bisnis agen telur ayam, pastikan Anda memiliki lokasi bisnis yang strategis. Tidak ada masalah jika Anda harus sewa tempat untuk mendapatkan lokasi yang tepat.

Ada beberapa saran saat mencari lokasi untuk bisnis agen telur ayam. Pertama tentu saja berada dipinggir jalan ramai, agar mudah dilihat dan dijangkau banyak orang. Kedua, cari lokasi yang berdekatan dengan pasar tradisional, dimana orang yang berdatangan tentu saja untuk berbelanja kebutuhan pokok, telur ayam salah satunya.

Setelah menemukan lokasi yang dianggap strategis, kemudian buat branding yang mencolok dan pajang harga telur pada bagian depan kios. Hal ini dilakukan agar orang menarik untuk mampir ke kios telur Anda.

Cari dan Jalin Kerjasama dengan Pemasok Terbaik

source : abc

Selanjutnya, penting bagi Anda untuk mencari supplier atau pemasok telur ayam. Namun, hal ini bukan sebatas mencari saja, melainkan Anda juga perlu menjalin kerjasama yang baik dengan pemasok.

Karena dengan adanya kerjasama, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan harga yang lebih rendah. Selain itu, kerjasama memungkinkan Anda mendapatkan layanan lainnya, seperti gratis biaya pengantaran, egg tray atau peti telur.

Saran lainnya, ada baiknya jika Anda menjalin kerjasama lebih dari 1 pemasok. Hal ini guna mengantisipasi kekosongan stok pada satu pemasok, dengan begitu Anda bisa mencari stok telur ayam di pemasok lainnya.

Tentukan Harga Jual yang Tepat

source : blacwhite

Disaat sudah melakukan kedua langkah diatas, selanjutnya adalah menentukan harga telur yang tepat. Sebetulnya, bukan perkara sulit dalam menentukan harga telur.

Baca juga: Baru Membuka Bisnis F&B, Tentukan Harga Jual Produk dengan Cara Berikut Ini!

Sebab, harga telur sangat bergantung dengan kondisi ekonomi yang sedang berlangsung. Sehingga, harga pasaran telur tidak akan mengalami perbedaan yang signifikan antara tempat yang satu dengan yang lainnya.

Baca juga: Ini 4 Faktor Penyebab Kenaikan Harga Bahan Pokok

Manajemen Stok yang Baik

source : polkcpa

Perlu Anda ketahui, melakukan manajemen stok yang baik pada bisnis telur merupakan suatu keharusan. Pasalnya, telur merupakan salah satu bahan makanan yang daya tahan cukup singkat. Dalam suhu ruangan normal, daya tahan telur hanya berkisar 1 hingga 2 minggu saja, lain halnya jika disimpan dalam lemari pendingin, telur bisa tahan hingga 1 bulan lamanya, kutip kompas.com.

Karena fakta tersebutlah, wajib bagi pengusaha agen telur untuk me-manage stok telur dengan baik. Salah satu caranya, Anda bisa terapkan metode FIFO atau first in first out.

Dikutip akseleran.co.id, FIFO merupakan metode pengelolaan stok produk dengan cara menjual barang yang pertama masuk dan nantinya akan dijual terlebih dahulu. Biasanya, metode ini diterapkan untuk produk yang memiliki expired date-nya singkat.

Baca juga: Cara Membuat Stok Kadaluarsa

Berikan Layanan Terbaik

source : davidsetiadi

Selanjutnya, yuk buat konsumen Anda happy dengan memberikan layanan terbaik! Beberapa hal bisa Anda lakukan, salah satunya dengan memberikan layanan delivery atau pengantaran telur secara gratis. Namun tentunya dengan adanya syarat dan ketentuan yang berlaku, seperti minimal pesanan dan jarak tempuh.

Tawarkan dan Jalin Kerjasama dengan Konsumen Besar

source : canva

Terakhir, jika bisnis agen telur ayam Anda sudah berjalan, tidak ada salahnya jika Anda menawarkan dan menjalin kerjasama dengan beberapa konsumen besar. Dalam hal ini berupa rumah makan, toko kue dan roti, pedagang kaki lima dan semua pebisnis F&B yang menggunakan telur sebagai bahan bakunya.

Baca juga: Toko Roti, Gunakan Tips Berikut Agar Sukses Menjalankannya

Rasakan sendiri hasilnya jika Anda sudah menjalin kerjasama dengan mereka. Karena bukan tidak mungkin terjadinya pesanan dalam partai besar yang akan berulang-ulang.

KawanKAWN, demikian beberapa tips yang bisa dijalankan seseorang saat membangun bisnis agen telur ayam. Bagaimana, tertarik berbisnis agen telur ayam juga? Yuk diskusikan di kolom komentar!