Agen Beras, Jual Eceran Untung Menjanjikan, Tertarik?

-

Agen beras atau usaha menjual beras masih menjadi salah satu bisnis yang menarik untuk dijalankan. Hal ini pun bukan tanpa alasan, nasi yang merupakan makanan pokok orang Indonesia, membuat beras memiliki permintaan yang sangat tinggi.

Faktanya, Indonesia masih menjadi negara dengan konsumsi nasi terbesar di dunia. Berada di urutan ketiga, dibawah China dan India, Indonesia mengonsumsi nasi sebanyak 37,4 juta metrik ton dalam setahun, kutip rri.co.id.

Baca juga: Selain Indonesia, Ini 4 Negara di Dunia yang Tak Bisa Lepas dari Nasi

Bagi pengusaha agen beras, kondisi ini tentunya membuat perputaran transaksi jual beli beras begitu cepat. Karena hal itulah, Anda dituntut untuk pintar-pintar dalam mengatur stok beras yang ada.

Baca juga: Cara Melakukan Stock Opname Melalui Aplikasi KAWN

Pasarnya yang sangat luas, membuat agen beras berskala besar maupun pedagang eceran tidak akan kehilangan konsumen. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir selama masyarakat masih menjadikan nasi sebagai makanan pokoknya, maka pebisnis agen beras mampu meraup keuntungan. Hanya saja dibutuhkan beberapa strategi atau tips jitu untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya.

Lantas, adakah tips yang bisa dijalankan pebisnis agen beras untuk menarik atensi banyak konsumen? Yuk, temukan jawabannya pada artikel ini.

Agen Beras Wajib Memahami Bisnis Beras Secara Detail

source : canva

Sebetulnya, keuangan bukan satu-satunya modal yang perlu disiapkan saat seseorang menjadi pengusaha agen beras. Salah satu yang menjadi kunci keberhasilan adalah membekali diri dengan pengetahuan tentang berbisnis agen beras secara terperinci.

Salah satu knowledge yang perlu Anda miliki adalah tentang beras itu sendiri, mulai dari jenis-jenis beras, kualitas beras, masa penyimpanan serta bagaimana cara mendapatkannya dari pemasok. Untuk itu, sebelum Anda memutuskan untuk terjun pada bisnis ini, disarankan untuk mencari informasi dan juga pengetahuan tentang bisnis agen beras secara terperinci.

Tentunya, hal ini dilakukan bukan untuk meraih kesuksesan semata, namun bagaimana diri Anda untuk meminimalisir resiko kerugian yang akan terjadi kedepannya. Anda bisa mendapatkan banyak informasi atau pengetahuan tersebut lewat berbagai literasi, seperti buku, internet maupun belajar dari orang yang sudah berpengalaman atau yang biasa disebut mentor.

Baca juga: Mentor Saat Menjalani Bisnis, Ketahui Penting dan Manfaatnya

Sediakan Beras dengan Berbagai Macam Jenis, Harga dan Kualitas

source :hipwee

Perlu Anda ketahui, jika target market dari bisnis ini begitu luas. Tidak terkecuali pada kalangan menengah kebawah, bahkan kalangan atas pun masih membutuhkan nasi sebagai asupan sehari-hari. Oleh karena itu, untuk mengakomodir permintaan dari konsumen yang beragam, sediakanlah beras dalam berbagai macam jenis, harga dan juga kualitas.

Baca juga: Inilah Empat Varietas Unggul Padi Tipe Khusus

Akan tetapi, untuk memenuhi kebutuhan akan beras yang beragam, Anda perlu mencari beberapa pemasok beras terlebih dahulu. Kuncinya, cari beberapa pemasok, lakukan komparasi, setelah mendapat beberapa pemasok terbaik, lakukan kerjasama dengannya.

Dengan begitu, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan harga yang lebih rendah. Selain itu, dengan adanya kerjasama memungkinkan Anda mendapatkan layanan lainnya, seperti pengiriman secara gratis.

Lokasi yang Strategis serta Kios yang Mencolok

source : canva

Hal ini bisa menjadi kunci agar kios agen beras Anda semakin diburu konsumen. Tidak ada salahnya jika Anda harus menyewa kios dengan harga yang cukup mahal.

Beberapa kriteria yang perlu diperhatikan saat mencari lokasi untuk kios agen beras. Dipinggir jalan ramai memang bagus, karena mudah dilihat dan dijangkau konsumen. Namun, berada dipinggir jalan yang lokasinya berdekatan dengan pasar tradisional akan lebih bagus lagi. Pasalnya, tidak sedikit orang yang datang ke pasar untuk mencari kebutuhan pokok, seperti beras.

Jika kios Anda sudah berada di lokasi yang strategis, langkah selanjutnya adalah dengan buat tampilan kios yang menarik. Buat branding yang mencolok, pajang beras dan harga berada di bagian depan kios. Tentunya, ini dilakukan guna menarik banyak konsumen yang membeli beras pada kios Anda.

Jual Secara Eceran

source : bandungraya

Selain gula, minyak goreng dan telur ayam, bisa dibilang beras merupakan kebutuhan pokok yang paling utama dalam kehidupan. Kondisi ini membuat banyak masyarakat dengan tingkat ekonomi yang beragam selalu menyediakan beras di rumahnya.

Baca juga: Membuka Toko Kelontong Gak Bikin Kantong Bolong

Rasa tidak sulit bagi kalangan menengah keatas untuk membeli beras, bahkan dalam jumlah banyak sekalipun. Lantas, bagaimana dengan kalangan ekonomi bawah?

Pada kasus ini, ada baiknya jika Anda sebagai agen beras menjualnya secara eceran. Perlu Anda ketahui, jika di kalkulasi, menjual beras secara eceran atau retail lebih menguntungkan dibanding secara karungan lho!

Baca juga: Retailer adalah Bisnis yang Menguntungkan, Ini Strateginya

Coba Tawarkan Kepada Konsumen Besar

source : theeconomicstimew

Kelima, tidak ada salahnya jika Anda tawarkan beras Anda kepada konsumen besar. Selain rumah tangga, target potensial pada bisnis agen beras adalah pedagang kuliner, seperti penjual nasi goreng, rumah makan padang, restoran yang menyediakan menu nasi, pengusaha ayam geprek, pengusaha katering dan tentu saja warteg.  

Baca juga: Bisnis Warteg Bisa Untung Berlipat dengan Tips Berikut!

Lakukan pendekatan dan penawaran dengan baik kepadanya. Kemudian, berikan layanan terbaik dan juga harga yang kompetitif. Karena bukan tidak mungkin terjadinya pesanan dalam partai besar yang akan berulang-ulang atau repeat order.

Baca juga: Apa Arti Repeat Order dan Tips Jitu Meningkatkannya

KawanKAWN, baru saja kita ulas beberapa tips jitu untuk menarik atensi konsumen pada bisnis agen beras. Bagaimana, setelah membaca artikel diatas, apakah Anda tertarik juga merintis bisnis ini? Yuk saling berdiskusi di kolom komentar. Kami tunggu ya!