Sukses Berbisnis Warkop dengan Tips Berikut!

-

Warkop atau warung kopi sering kali dijadikan destinasi seseorang untuk menikmati secangkir kopi. Bukan hanya itu, nikmatnya kopi yang dibarengi dengan serunya bercengkrama dengan teman atau kerabat menjadi perpaduan yang sayang untuk dilewatkan.

Menariknya lagi, bukan hanya secangkir kopi yang bisa Anda nikmati di sebuah warkop. Akan tetapi banyak menu lainnya yang bisa Anda coba, mulai dari mi instan, gorengan, aneka minuman dingin hingga ada juga warkop yang menyediakan menu roti bakar serta bubur ayam.

Baca juga: 10 Jenis Bubur Nusantara yang Melegenda

Belakangan, warkop kekinian atau yang biasa disebut coffee shop semakin memperlihatkan eksistensinya. Hal ini dapat dilihat dengan menjamurnya coffee shop di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung atau Surabaya.

Baca juga: Mau Buat Bisnis Cafe? 5 Menu Ini Wajib Ada!

Kendati demikian, warkop tidak boleh dipandang sebelah mata. Konsep warung sederhana dan memiliki pangsa pasar yang cukup luas, tentu saja membuat warkop memiliki potensi keuntungan yang tidak boleh diragukan lagi.

Lantas, adakah tips sukses yang bisa dijalankan seseorang jika ingin membuka bisnis warkop? Dilansir dari beberapa sumber, yuk kita bahas satu persatu!

Sukses Bisnis Warkop dengan Beragam Pilihan Menu

source: djarrr.blogspot

Tips sukses pertama yang bisa Anda jalankan saat berbisnis warkop adalah dengan menyediakan menu makanan dan minuman yang beragam. Tidak seperti coffee shop pada umumnya, kebanyakan pelanggan yang mampir ke warkop bukan hanya menikmati sajian kopinya saja. Melainkan, bisa juga mengisi perut yang sedang kelaparan dengan melahap sajian mi instan, roti bakar atau bubur ayam.

Biasanya, dengan sajian menu yang begitu beragam, membuat orang rela untuk berlama-lama di warkop. Tentu ini menjadi kunci untuk meraup keuntungan lebih banyak, semakin lama orang nongkrong di warkop, semakin banyak pula menu yang dia pesan.

Karena hal itulah, penting bagi Anda untuk menyajikan menu yang beragam. Kalau hanya menyediakan kopi saja, tidak ada bedanya dong dengan penjual kopi keliling yang menggunakan sepeda!

Lokasi Adalah Kunci Sukses Bisnis Warkop

source: 9to5mac

Bisa dibilang, lokasi merupakan kunci sukses yang utama pada sebuah bisnis. Hal ini pun tidak berlaku pada bisnis warkop saja, banyak bisnis yang akan mendulang kesuksesan jika berada pada lokasi yang strategis, seperti rumah makan, bisnis laundry, bisnis  cuci kendaraan serta bisnis fotocopy.

Baca juga: Fotokopi, Kenali Tips Sukses untuk Memulai Bisnis Ini

Lantas, kriteria lokasi seperti apakah yang cocok dengan bisnis warkop? Yang pertama tentu saja harus dipinggir jalan ramai. Dengan begitu, warkop Anda mudah dilihat dan mudah diakses.

Selanjutnya, ada beberapa aspek juga yang perlu Anda perhatikan. Mulai dari daerah yang padat penduduk, bebas banjir, ketersediaan lahan parkir serta harga sewa kios yang akan mempengaruhi fixed cost bisnis Anda.

Meski Sederhana, Tampilan Warkop yang Menarik Juga Perlu Lho!

source : tantengopi

Coba Anda komparasi secara apple to apple antara warkop dan coffee shop! Jelas yang akan nampak pada penglihatan adalah dari segi tampilan kedainya.

Coffee shop biasanya memiliki tampilan modern dengan konsep matang yang menarik. Sementara itu warkop terlihat lebih sederhana bahkan hadir dengan konsep kaki lima.

Namun, meski warkop terbilang lebih sederhana, tidak ada salahnya jika Anda membuat tampilan yang menarik. Hal ini tentu bertujuan agar konsumen sudi untuk mampir ke warkop milik Anda. Selain itu, penting juga bagi Anda untuk memperhatikan dari segi kebersihannya.  

Sediakan WiFi Hotspot

source : 943thedrive

Mau warkop Anda ramai konsumen dan mereka betah berlama-lama didalamnya? Selain menu yang beragam, sediakan saja jaringan WiFi yang bisa digunakan secara gratis untuk konsumen.

Dijamin, banyak konsumen akan memilih warkop dengan free WiFi hotspot dibanding warkop yang tidak menyediakannya. Saat mereka berlama-lama di warkop Anda, disitulah potensi konsumen akan memesan makanan atau minuman lebih dari sekali.

Baca juga: Perkembangan Fasilitas Free Wi-Fi di Usaha Kuliner

Buka Warkop hingga Tengah Malam

source : sooniagara.wordpress.com

Tips sukses terakhir yang bisa Anda jalankan adalah dengan membuka warung kopi hingga tengah malam. Bisa dikatakan, malam hari merupakan waktu yang tepat untuk menikmati hangatnya secangkir kopi.

Bahkan, terkadang ada saja dari beberapa komunitas yang melakukan pertemuan untuk bersenda gurau di warkop. Oleh karena itu, demi mengakomodir kebiasaan tersebut, jangan tutup warkop Anda sebelum malam usai ya!

Akan tetapi, di masa pandemi Covid-19 ini, Anda juga perlu memperhatikan kebijakan pemerintah terkait pembatasan sosial yang sedang berlaku. Alih-alih ingin buka hingga tengah malam, malah warkop Anda kena sanksi yang merugikan bisnis Anda.

Baca juga: Omset Penjualan Terancam Selama PPKM Darurat? Ikuti Langkah Berikut!

KawanKAWN, diatas adalah beberapa tips sukses yang bisa Anda terapkan saat menjalankan bisnis warkop. Namun, jika Anda punya pertanyaan atau opini lain terkait bisnis warkop, silahkan tulis di kolom komentar ya. Terima kasih!