Agar Tidak Salah Pilih, Ketahui Jenis-Jenis Influencer yang Cocok untuk Bisnis Anda

-

Pada masa ini, banyak sudah strategi pemasaran yang bisa dilakukan para pebisnis, dengan harapan akan efektif untuk meningkatkan penjualan. Mulai dari beriklan di berbagai media, menerapkan promo, sampai memberikan reward kepada konsumen pun bisa saja dilakukan.

Baca juga : Pentingnya Influencer Dalam Perkembangan Bisnis Online Shop

Namun saat ini, sudah banyak pelaku usaha yang sadar, bahwa word of mouth masih merupakan strategi promosi yang ampuh untuk meningkatkan penjualan, karena mereka yakin banyak orang akan melakukan pembelian berdasarkan rekomendasi dari orang yang mereka percayai. Nah, dari fenomena inilah peran influencer sangat dibutuhkan pada saat ini.

Baca juga : Strategi Pemasaran Word of Mouth untuk Meningkatkan Penjualan

Lantas, apa itu influencer? Sederhananya, influencer adalah seseorang yang memberikan pengaruh di masyarakat. Mereka bisa seorang blogger, youtuber, selebgram ataupun seorang public figure yang dianggap penting ditengah-tengah masyarakat. Umumnya, seorang influencer memiliki banyak followers pada media sosial.

Baca juga : 7 Trik Memanfaatkan Media Sosial untuk Tingkatkan Penjualan

Jika Anda sedang menjalankan sebuah bisnis, tidak ada salahnya menggunakan jasa influencer sebagai strategi promosi Anda. Saat ini, cukup banyak jenis-jenis influencer yang ada di tengah-tengah kita, lantas influencer mana sih yang cocok dengan bisnis yang sedang Anda jalankan? Untuk itu, kali ini KAWN akan coba menjelaskan jenis-jenis influencer yang mungkin cocok dengan bisnis Anda, seperti yang KAWN lansir dari spitche.com berikut daftarnya.

Nano Influencer

Bisa dikatakan nano influencer merupakan jenis influencer yang memiliki followers yang paling sedikit, yaitu mulai dari 1.000 sampai dengan 10.000. Tetapi, walaupun memiliki followers yang sedikit, umumnya nano influencer dan followers-nya saling mengenal dan saling berinteraksi melalui media sosial. Sehingga engagement yang tercipta pun semakin kuat.

Baca juga : Memilih Nano Influencer untuk Brand Anda? Kenapa Tidak!

Untuk para pelaku usaha yang baru mau mulai berbisnis dan ingin mengeluarkan produk atau jasa, namun budget-nya tidak begitu besar atau memiliki segmentasi tertentu, nano influencer akan menjadi pilihan yang tepat untuk Anda!

Baca juga : Mengenal Nano Influencer dan Pentingnya Buat Online Shop Kamu

Selain konten yang diberikan sudah memiliki selling point, harga yang ditawarkan oleh nano influencer pun tidak terlalu mahal, bahkan biasanya mereka pun menerima barter value dengan produk atau jasa yang ingin dipasarkan.

Micro Influencer

Sedikit lebih banyak dibanding dengan nano influencer, micro influencer memiliki jumlah followers 10.000 sampai 100.000. Umumnya masyarakat memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap influencer jenis ini, karena, mereka memiliki kapabilitas dalam bidang tertentu, misalnya seorang beauty expert, health expert dan lain sebagainya.

Baca juga : Micro Influencer vs Macro Influencer: Apa Perbedaannya?

Selain itu, sama seperti halnya nano influencer, karena jumlah followers yang tidak terlalu banyak membuat engagement antara micro influencer dan para followers-nya terbilang cukup kuat juga. Selain itu, biaya yang harus dikeluarkan brand untuk menggunakan jasa micro influencer masih terbilang cukup murah dan terjangkau, jadi sangat cocok bagi para pelaku UMKM.

Macro Influencer

Macro influencer telah dikenal secara luas oleh berbagai kalangan. Biasanya mereka berasal dari lingkungan selebritas dan content creator yang memiliki jumlah followers 100.000 sampai menyentuh angka 1 juta followers, pantas saja kalau biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan jasa macro influencer cukup mahal.  

Baca juga : Manfaat influencer makro dalam influencer marketing

Dengan followers sebanyak itu, maka engagement yang dihasilkan pun tidak begitu besar. Namun, melalui influencer jenis ini, keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah relevansi pesan kepada followers mereka yang sangat tinggi, karena konten yang dibahas memiliki kesesuaian dengan karakter brand. Biasanya industri yang menggunakan jasa influencer ini berkisar pada bisnis modern seperti F&B, fashion dan lifestyle.

Mega Influencer

Influencer jenis mega merupakan influencer yang memiliki lebih dari 1 juta followers. Pada umumnya influencer jenis ini merupakan artis papan atas atau pemuka masyarakat yang dikenal atau memiliki jangkauan secara nasional atau bahkan internasional.

Baca juga : 5 Selebgram Indonesia dengan Bayaran Endorsment Termahal

Jumlah followers yang sangat banyak memungkinkan influencer untuk menyebarkan pesan secara luas dalam waktu singkat, tetapi, tentu saja biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan jasa mega influencer sangat besar.
Itulah beberapa jenis-jenis influencer yang perlu Anda tahu.

Dalam memilih influencer yang akan membawa pesan brand tidak bisa dilakukan sembarangan dan hanya memperhatikan jumlah followers-nya saja. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih influencer, seperti reputasi sang influencer, relevansi dengan brand, kualitas konten media sosialnya dan kesesuaian harga dengan anggaran yang dimiliki perusahaan.

Untuk itu, sebelum Anda melakukan kerjasama dengan influencer, pilih influencer yang sesuai dengan kriteria bisnis Anda. Dari yang sudah KAWN jelaskan, kira-kira influencer jenis apa yang akan Anda gunakan jasanya, silahkan tulis di kolom komentar ya!