7 Trik Memanfaatkan Media Sosial untuk Tingkatkan Penjualan

-

Saat ini, tingginya angka pengguna media sosial memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku usaha. Melalui berbagai platform media sosial yang ada, Anda bisa saja memanfaatkan media sosial untuk melakukan pemasaran produk atau jasa Anda dengan lebih efisien, mudah dan murah, hal ini dilakukan guna untuk dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Baca juga : Media Sosial x Bisnis

Kita semua percaya bahwa pengguna media sosial di Indonesia ini sangat lah banyak. Seperti yang KAWN lansir dari datareportal.com, bahwa pada Januari 2020 ada kurang lebih 160 juta atau sekitar 59% dari total seluruh penduduk Indonesia yang menggunakan media sosial, bahkan hal ini meningkat 12 juta atau sekitar 8,1% dari pengguna media sosial pada tahun 2019.

Baca juga : 5 Cara Melakukan Promosi Online untuk Bisnis F&B

Jadi, berkaca dari banyaknya jumlah pengguna media sosial di tanah air, sepertinya media sosial merupakan cara terbaik untuk meningkatkan penjualan pada bisnis Anda. Lantas, bagaimana cara untuk meningkatkan penjualan melalui media sosial itu sendiri? Melansir exellence.asia berikut adalah beberapa trik yang mungkin bisa Anda lakukan.

Gunakan Jasa Influencer

Dalam dunia digital marketing, menggunakan jasa atau kolaborasi dengan influencer bukanlah cara baru. Influencer merupakan tokoh atau sosok yang populer dan memiliki banyak follower di media sosial. Hal ini membuat mereka memiliki pengaruh besar di dalam komunitas atau orang-orang yang menggunakan media sosial itu sendiri. Para influencer ini bisa saja berasal dari berbagai bidang, usia dan keahlian yang berbeda-beda.

Baca juga : apa itu influencer di media sosial

Jadi, agar bisnis Anda semakin dikenal banyak orang, gunakanlah jasa influencer untuk memasarkan produk Anda. Jasa influencer sangat diminati, karena influencer merupakan cara paling ampuh untuk dapat meningkatkan penjualan atau setidaknya membangun engagement kepada konsumen. Namun Anda harus melakukan riset dan memilih sosok influencer yang tepat dan relevan dengan bidang bisnis yang Anda jalankan, misalkan, jika bisnis Anda bergerak di dunia kecantikan, carilah sosok yang cocok dengan produk kecantikan, salah satunya adalah beauty vlogger.

Baca juga : 3 Alasan Brand Lebih Memilih Influencer Sebagai Media Pemasaran

Buat Konten Video Live

Konten live atau siaran langsung kini menjadi popular dan menjadi salah satu trik untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. Bagi Anda yang belum pernah membuat konten live video, kini saatnya Anda mulai mencoba trik ini. Kuncinya adalah percaya diri, jangan malu dan yang penting konten yang Anda buat relevan dengan bisnis Anda.

Caranya, Anda bisa mulai dengan cara sederhana terlebih dahulu, misalnya tentukan dulu produk apa yang akan Anda jadikan tema untuk konten live video di media sosial bisnis Anda. Lalu, buatlah semacam panduan sederhana seperti tentukan berapa lama waktu live-nya, apakah akan ada review produk atau semacam unboxing produk tersebut, hingga hal-hal penting lainnya yang perlu diinfokan kepada follower atau calon konsumen Anda.

Perkaya Konten Visual

Konten visual merupakan sebuah daya tarik dalam media sosial. Dengan menggunakan konten visual. Anda dapat  meningkatkan keterlibatan follower secara organik di media sosial hingga menjadikan mereka sebagai target market dari bisnis Anda. lantas, bagaimana cara membuat konten visual yang menarik?

Jika Anda ingin membuat follower nyaman dengan konten Anda, buat konten yang dapat menginspirasi mereka untuk melakukan sebuah action. Cobalah untuk memberikan konten yang berhubungan dengan bisnis Anda, konten yang menyenangkan, mendidik dan informatif. Misalnya, Anda sedang memasarkan produk kecantikan, Anda tidak harus to the point bahwa Anda menjual produk kecantikan, tetapi Anda bisa berikan konten yang bercerita tentang tren make up yang sedang hits di tahun ini atau konten tentang memilih skin care yang baik untuk kulit konsumen Anda. ada 2 cara efektif untuk membuat konten visual yang baik :

A. Buat konten yang interaktif

Konten yang Anda buat harus mampu membuat audience lebih interaktif, sehingga akan membangun kedekatan personal dengan mereka. Contoh konten interaktif yang mungkin Anda buat adalah kuis atau giveaway.  

B. Buat kata-kata yang mengandung CTA (call to action)

Selain membuat konten visual yang eye catching, setiap konten Anda buat baiknya mengandung CTA. Dengan adanya kalimat CTA, bisa saja akan memancing konsumen untuk melakukan tindakan.

Beberapa contoh CTA yang mungkin bisa Anda aplikasikan pada media sosial bisnis Anda, seperti :

a. Coba gratis 30 hari tanpa syarat, klik disini!

b. Diskon 20% untuk pembelian pertama, register sekarang!

c. Kami menyediakan banyak paket hemat dan menarik, lihat sekarang!

d. Free ongkir tanpa minimum pembelanjaan, daftar hari ini!

Berikan Penawaran Spesial atau Promo

Promosi harga juga bisa menjadi cara jitu untuk meningkatkan penjualan. Namun, strategi ini bisa saja menjadi bumerang apabila dilakukan dengan tidak tepat, Kenapa? Karena memberikan potongan harga bisa saja memangkas keuntungan yang didapatkan. Dan, hal tersebut akan berimbas pada biaya produksi ke depannya.

Terlepas dari kegagalan meraih keuntungan besar tersebut, penawaran spesial dapat mendatangkan pelanggan baru, meningkatkan brand awareness serta menghabiskan stok barang lama yang telah menumpuk di dalam gudang.

Gunakan Social Media Ads

Melansir cncbindonesia.com pada akhir 2019 indonesia berada di urutan keempat sebagai pengguna Facebook di dunia dengan jumlah 120 juta pengguna. Jadi, bisa dikatakan facebook adalah platform media sosial yang paling efektif bagi Anda untuk beriklan di dalamnya. Melalui optimasi iklan dalam Facebook bisa membantu menghemat biaya promosi Anda. Dan berikut beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan bisnis melalui Facebook Ads :

a. Gunakan Facebook video ads

b. Iklan multi-produk

c. Gunakan Facebook offer Buat CTA (call to action)

d. Retargeting ads

e. Menggunakan latar belakang warna putih

Sedangkan untuk Instagram tidak kalah potensialnya saat Anda memutuskan untuk beriklan di platform ini dan bisa saja Anda dapat meraup banyak keuntungan dari beriklan di Instagram. Berikut beberapa keuntungan jika Anda putuskan untuk menggunakan Instagram Ads :

a. Dapat meningkatkan brand awareness

b. Target market yang lebih spesifik

c. Memiliki beragam format iklan Dapat mengarahkan pengunjung ke website Anda

d. Meningkatkan penjualan Anda

Posting Ulang Ulasan Positif Konsumen yang Menggunakan Produk Anda

Disaat konsumen Anda merasa puas dengan produk Anda, bisa jadi  mereka akan memberikan review positif terhadap produk bahkan layanan yang Anda berikan, lantas apa yang akan Anda lakukan selanjutnya? Tentu saja Anda wajib repost review positif tersebut.

Karena dengan cara memposting ulang review positif tersebut brand bisnis Anda akan semakin kuat, dan tidak hanya itu, Anda bisa saja menarik calon konsumen baru karena kepercayaan terhadap produk yang Anda jual juga semakin meningkat.

Lakukan Soft Selling

Soft Selling merupakan sebuah cara untuk melakukan penjualan tanpa harus terlihat jika sedang menjual produk tertentu. biasanya , permainan kata yang bagus akan mampu menyihir konsumen sehingga mau membeli produk tanpa merasa terganggu dengan iklan yang ditampilkan.

Sebagai contoh jika bisnis Anda bergerak menjual makanan, maka jangan secara terang-terangan Anda menjual secara langsung kepada konsumen, tapi bisa Anda siasati dengan membuat konten yang berisikan tentang cara membuat makanan yang relate dengan produk Anda.

Cara seperti ini lebih ampuh daripada hard selling yang biasa malah membuat konsumen Anda merasa risih dengan produk yang Anda jual.

Nah, berikut adalah 7 trik dalam memanfaatkan media sosial agar dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda, mungkin sebagian dari Anda ada yang masih bingung untuk mengaplikasikannya, artikel ini bersifat open to discuss ya! Jadi kalau ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar ya!