Sukses Di Usia Senja, Intip Kisah Inspiratif Kolonel Sanders Sosok Pendiri KFC!

-

Sukses, konsep dalam kehidupan yang membuat semua orang ingin mencapai titik tersebut. Meski tidak mudah, dibutuhkan banyak perjuangan, usaha, doa serta pengorbanan, tetap saja banyak orang yang ingin meraih kesuksesannya.

Terlebih dalam dunia bisnis, sukses sudah menjadi harga mati saat seseorang berkecimpung di dalamnya. Meski begitu, tidak jarang bisnis yang mengalami kegagalan atau terlambat menggapai kesuksesan.

Baca juga: Kegagalan Saat Berbisnis, Ayo Bangkit Dengan 5 Tips Berikut Ini!

Kolonel Harland Sanders misalnya, pria kelahiran 9 September 1890 berhasil mendirikan Kentucky Fried Chicken pertamanya di usia 65 tahun. Meski terbilang cukup terlambat, akan tetapi jiwa pantang menyerah yang diperlihatkan Kolonel Sanders perlu ditiru oleh siapapun.

Selain itu, kisah sukses Kolonel Sanders pun sangat menarik untuk dibahas. Banyak cerita inspiratif yang membuat Anda semakin bersemangat untuk meraih kesuksesan.

Baca juga: 5 Cara Berbisnis ala CEO Alibaba Jack Ma

Kentucky Fried Chicken atau yang lebih familiar dengan sebutan KFC, merupakan salah satu restoran siap saji yang menghadirkan ayam goreng krispi sebagai menu utamanya. Selain ayam goreng, Anda juga bisa pesan menu lainnya, mulai dari burger, kentang goreng, es krim hingga cream soup. Selain itu, KFC juga merupakan salah satu franchise fast food terkenal dan terbesar asal Amerika Serikat.

Penasaran dengan sejarah dan kisah sukses pendiri restoran yang berasal dari Kota Kentucky, Amerika Serikat ini? Yuk kita intip saja kisahnya pada artikel ini. Dilansir dari beberapa sumber, berikut ulasannya.

Sukses di Usia Senja, Kenapa Tidak!

source : addicted2success

Sukses memang tidak mengenal usia, ada yang menggapai kesuksesan diusia muda, namun tidak sedikit juga yang berhasil sukses diusia senja seperti Kolonel Sanders. Oleh karena itu, apa yang dicapai sang pendiri KFC ini memang sangat layak untuk ditiru.

Baca juga: 7 Pengusaha Ini Capai Kesuksesan di Usia Senja, Ada yang Mulai Berbisnis di Usia 62 Tahun

Bagaimana tidak, ketika kebanyakan orang mulai tidak produktif dan merencanakan pensiunnya. Justru di usia 65 tahun lah, Kolonel Sanders berhasil mendirikan KFC.

Jauh sebelum itu, Kolonel Sanders pernah menjalani banyak pekerjaan dan profesi. Dikutip dari laman today.line, Kolonel Sanders pernah menjadi tentara dan dikirim ke Kuba saat usia dia menginjak 16 tahun.

Namun, tentara bukanlah satu-satunya profesi yang pernah ia jalani. Masih banyak profesi atau pekerjaan yang menghiasi kisah hidupnya, mulai dari  petugas pemadam kebakaran, pegawai asuransi, operator kapal feri, penjual ban, operator bengkel hingga juru parkir.

Pesan moralnya, untuk mencapai titik sukses itu bisa diraih pada usia berapapun, tidak mengenal muda ataupun tua. Kuncinya tetap berusaha, hingga kesuksesan menghampiri diri Anda!

Biografi Singkat Kolonel Sanders

source : iStock

Dikutip laman id.wikipedia.org, Harland David Sanders lahir di Henryville, Indiana, Amerika Serikat, pada tanggal 9 September 1890. Ayahnya bekerja di perkebunan, sedangkan ibunya merupakan seorang ibu rumah tangga.

Meski Kolonel Sanders merupakan pengusaha makanan terkenal, bukan berarti dia tidak memiliki masa kelam. Masa-masa sulit kehidupan Sanders terjadi ketika di usia 6 tahun. Ayahnya meninggal dunia dan ibunya harus bekerja untuk menghidupi kebutuhan keluarganya.

Sejak saat itu, kemampuan memasak Sanders mulai terasah. Dia harus bertukar peran dengan ibunya untuk memasak makanan yang disajikan kepada adik-adiknya. Memasak sudah menjadi tanggung jawab ia sehari-hari, tak heran jika di usia 10 tahun, kemampuan memasak Sanders begitu mahir.

Sanders meninggal pada 16 Desember 1980, dimana tahun itu usia dia genap 90 tahun. Kemudian dimakamkan di Cave Hill Cemetery, Kentucky, Amerika Serikat.

Resepnya Pernah Ditolak Lebih dari 1000 Restoran

source : inc.megazine

Banyak jalan terjal berliku, sebelum KFC dapat dikenal dan sebesar saat ini. Salah satunya adalah perjuangan Kolonel Sanders saat menawarkan resep ayam gorengnya kebanyak restoran.

Cerita ini berawal saat dia pensiun dari Angkatan Darat Amerika Serikat. Dimana sejak saat itu, ia menggantungkan hidupnya dari dana pensiunannya saja. Namun, sadar dana pensiunan tidak dapat membiayai kehidupannya, ia pun mulai berpikir cara lain untuk menghasilkan uang.

Hal yang pertama terlintas di pikirannya adalah dengan menawarkan resep ayam goreng yang Ia punya. Sekedar info saja, lebih dari 1 tahun lamanya bagi Harland Sanders untuk menghasilkan resep ayam goreng ala KFC.

Cerita berlanjut pada tahun 1952, saat ia menjual propertinya untuk mendapatkan uang. Dimana uang tersebut digunakan untuk berkeliling dari kota ke kota, dari satu restoran ke restoran lainnya hanya untuk menawarkan resep ayam goreng andalannya.

Namun, langkah ini tidak berjalan mulus sesuai harapannya, bahkan dalam perjalanannya di kota lain, ia kerap kali tidur di mobilnya demi meminimalisir biaya untuk menyewa hotel. Saat menawarkan resep, sering kali Harland Sanders menerima penolakan dari banyak restoran.

Tidak tanggung-tanggung, lebih dari 1.000 restoran menolak resep yang ditawarkannya. Namun dia tidak menyerah begitu saja dan terus berkeliling sampai menemukan restoran yang mau menggunakan resepnya. Barulah, di restoran ke 1.008, ia mendapatkan pembeli yang mau menggunakan resepnya. Kemudian selanjutnya ia mengembangkan usaha waralaba yang diberi nama KFC.

Terbayang dong, bagaimana perjuangannya menerima 1000 kali penolakan dalam hidup yang seperti Kolonel Sanders alami. Jadikan ini sebagai kisah inspiratif yang bisa Anda tiru ya!

KFC Saat Ini

source : kompas

Restoran siap saji yang menyajikan menu ayam goreng ini pertama kali hadir di Utah, Amerika pada tahun 1952. Bisa dikatakan, KFC merupakan jaringan restoran terbesar asal Amerika saat ini. Meski jumlahnya masih kalah banyak dengan McDonalds, namun KFC tetap memiliki tempat di hati penggemarnya.

Saat ini, terhitung total 22.600 gerai yang tersebar di 135 negara termasuk Indonesia. Sementara itu, di Indonesia sendiri pada tahun 2020 telah berdiri total 738 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia, kutip money.kompas.com.

Lantas, bagaimana dengan menu yang disajikan restoran siap saji ini? Seiring berjalannya waktu, perubahan dan penambahan menu terus saja berubah. Bukan hanya menyajikan ayam goreng krispi saja, menu yang bisa Anda coba antara lain terdiri dari burger, cream soup, es krim, kentang goreng serta perkedel. Selain makanan, KFC juga menyediakan berbagai macam minuman yang bisa Anda beli.

Namun sayangnya, KFC bukanlah satu-satunya restoran siap saji yang ada saat ini. Sudah banyak restoran atau kedai yang menawarkan menu yang hampir sama, seperti McDonalds, CFC, Wendys, A&W dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga: Analisis Kompetitor Penting untuk Dilakukan, Berikut Caranya!

Baru saja kita bahas sepenggal kisah sukses dari Kolonel Sanders dengan KFC-nya. Sangat menginspirasi sekali ya!

KawanKAWN, dari lika-liku kehidupan Kolonel Sanders, kira-kira pada bagian mana yang bisa menggambarkan diri Anda? Boleh ceritakan kisahnya di kolom komentar ya! Terima kasih!