7 Persiapan Sebelum Memulai Bisnis Es Krim

-

Letak Indonesia yang berada di daerah khatulistiwa menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis dengan 2 musim, yakni musim panas dan musim hujan. Disaat musim panas, Indonesia memiliki temperatur yang cukup tinggi, berdasarkan data dari BMKG yang telah KAWN lansir dari nasional.republika.co.id, bahwa suhu tertinggi yang pernah terjadi di Indonesia adalah 39,5 derajat celcius. Melihat kondisi tersebut, membuat banyak orang mencari cara untuk menyegarkan badan disaat panas terik matahari melanda. Banyak hal dilakukan, seperti berdiam diri di ruangan ber-AC, minum air dingin yang menyejukan atau bahkan makan es krim dengan aneka rasa.

Baca juga : Tinggal di Dekat Garis Khatulistiwa Terasa Lebih Panas, Ternyata Ini Penyebabnya

Khusus poin terakhir, es krim merupakan makanan dengan tekstur lembut berbahan dasar susu dengan aneka rasa yang memiliki citarasa yang sangat nikmat. Kuliner dingin ini menjadi salah satu yang disukai semua kalangan, baik muda maupun tua, bahkan bisa dipastikan tidak ada orang yang tidak suka dengan penganan ini.

Baca juga : 6 Hal yang Harus Anda Siapkan Sebelum Memulai Usaha Jus Buah

Melihat peluang bisnis yang ada pada es krim membuat banyak para pebisnis mulai melirik bisnis es krim. Didukung dengan iklim Indonesia yang tropis dan banyak digemari oleh semua kalangan, tentu saja membuat bisnis es krim dipercaya dapat menghasilkan keuntungan yang melimpah. Namun, sama seperti usaha lainnya, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dengan matang agar bisnis es krim dapat berjalan dengan sesuai harapan, apa sajakah itu? Yuk, kita ulas satu persatu.

Tentukan Konsep Bisnis dan Buat Brand Bisnis Es Krim Anda

Hal pertama dan sangat penting dalam merintis bisnis es krim adalah dengan menentukan konsep bisnis yang akan dijalani. Konsep bisnis yang dimaksud adalah lebih kepada sistem berjualannya. Bisa saja Anda menjalankan bisnis es krim dengan membuat kedai es krim secara permanen atau mungkin Anda akan menjalankan bisnis es krim dengan cara berkeliling. Tentu saja, hal ini akan berpengaruh dengan besarnya modal yang akan disiapkan.

Baca juga : Strategi ampuh membangun merek di bisnis kuliner

Setelah Anda sudah menentukan konsep bisnis yang akan dijalani, hal yang tidak kalah pentingnya adalah dengan membuat brand bisnis es krim Anda. Setelah Anda melakukan keduanya, barulah Anda bisa melanjutkan dengan menentukan logo usaha, packaging, warna dan lain sebagainya, hal inilah yang nantinya menjadi identitas bisnis es krim Anda.

Baca juga : Ingin Diingat Terus Oleh Konsumen? Buat Logo Bisnis Anda Lebih Menarik dengan Tips ini!

Tentunya, dengan menentukan konsep dan membangun brand bisnis Anda orang-orang dapat mengenal dan mengingat bisnis es krim Anda. Namun, dalam menentukan brand tidak boleh dilakukan secara asal-asalan dan harus tepat sasaran, sebaiknya lakukan riset sebelum Anda menentukan brand bisnis Anda.

Persiapkan Modal yang Cukup

Setelah Anda menentukan konsep bisnis, tentunya Anda sudah bisa mengkalkulasikan, kira-kira berapa besaran modal yang perlu dipersiapkan. Karena, sama dengan bisnis lainnya, sekecil apapun bentuk bisnisnya, pasti membutuhkan modal yang cukup. Untuk modal yang harus dipersiapkan saat memulai bisnis es krim sebetulnya tergantung dari konsep yang Anda pilih, apakah dengan kedai permanen atau memilih berjualan dengan cara berkeliling.

Baca juga : 7 Manfaat Modal Usaha untuk Kemajuan Bisnis Anda

Tentu saja, modal yang dipersiapkan bukan hanya untuk biaya tempat saja. Namun, Anda perlu persiapkan berbagai biaya lain seperti sertifikat dari badan pengawas makanan, perlengkapan menjalankan bisnis sampai biaya untuk menjalankan strategi marketing.

Tentukan Jenis Es Krim yang Akan Dijual dan Lakukan Inovasi Rasa

Langkah selanjutnya adalah dengan menentukan jenis es krim apa yang akan Anda jual. Untuk itu, jangan sampai Anda salah mengambil keputusan karena bisa mengganggu jalannya bisnis Anda. Sebaiknya pikirkan dengan baik jenis es krim seperti apa yang akan Anda jual, apakah popsicle, sundae, gelato, sorbet atau bahkan soft serve.

Baca juga : Beragam Jenis Es Krim yang Perlu Kamu Tahu

Setelah Anda menentukan jenis es krimnya, selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah dengan melakukan inovasi rasa terhadap es krim yang akan Anda jual. Sebaiknya, Anda jangan pernah takut untuk bereksperimen tentang rasa es krim. Cicipi setiap rasa es krim yang Anda hasilkan untuk mendapatkan rasa terbaik dan lakukan juga penelitian tentang selera pasar.

Jika saat ini sedang tren rasa es krim keju, green tea, red velvet dan lainnya, maka Anda juga bisa menyajikan rasa es krim tersebut pada menu es krim Anda. Pastikan juga untuk selalu menggunakan komposisi yang tepat sehingga kelembutan es krim akan terasa pas di lidah konsumen.

Siapkan Lokasi Bisnis

Salah satu faktor yang nantinya akan menentukan penjualan bisnis es krim Anda adalah dengan menentukan lokasi. Penentuan lokasi dalam sebuah bisnis sangatlah penting, untuk itu pilihlah lokasi yang strategis seperti di pinggir jalan yang ramai dan mudah dijangkau.

Baca juga : Ingin Membuka Cabang Usaha Baru, Ikuti Tips Penting Berikut Ini!

Selain itu, Anda juga bisa memilih tempat-tempat yang banyak orang berkumpul seperti sekolah, kampus, taman kota, tempat rekreasi, dekat perkantoran, perumahan padat penduduk dan lainnya. Tentu saja, tempat tersebut merupakan target market dari bisnis es krim Anda. Dengan begitu bisnis es krim Anda akan lebih mudah dijangkau setiap orang dan berpotensi mendatangkan banyak pembeli.

Cari Pemasok Bahan Baku

Langkah selanjutnya dalam memulai bisnis es krim adalah mencari pemasok bahan baku utamanya. Bahan baku pembuatan es krim sendiri terdiri dari, susu, gula, coklat dan lain sebagainya. Dalam mencari pemasok bahan baku pun terbilang tidak begitu mudah, bukan hanya mencari bahan baku dengan kualitas baik, namun juga perlu diperhatikan dari segi harganya, karena hal ini juga akan menentukan keuntungan yang akan Anda raih.

Persiapkan Perlengkapan dan Sistem Penunjang Bisnis Es Krim Anda

Saat Anda memulai bisnis es krim, maka ada banyak perlengkapan yang harus Anda persiapkan seperti cone holder, etalase display, freezer, packaging, rak penyimpanan dan masih banyak lagi. Untuk itu, pastikan Anda mencari supplier terbaik yang bisa menyediakan barang-barang berkualitas namun dengan harga terjangkau.

Selain perlengkapan yang harus Anda persiapkan, ada baiknya Anda memanfaatkan peran teknologi untuk menunjang kelancaran bisnis Anda. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan aplikasi kasir online KAWN yang dapat memudahkan pencatatan penjualan, perhitungan laba kotor, kelola stok bahan baku dan masih banyak lagi. Aplikasi kasir online KAWN hadir dengan fitur-fitur yang sangat cocok untuk menunjang bisnis es krim Anda. Jika Anda sedang merencanakan untuk membuka bisnis es krim, Anda bisa menikmati free trial selama 30 hari, cukup klik disini ya!

Lakukan promosi

Terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah dengan mempromosikan bisnis es krim Anda. Meski dirasa es krim yang Anda tawarkan sangatlah enak, namun hal ini tidak akan berarti jika Anda tidak memiliki banyak pelanggan, untuk itu melakukan promosi merupakan hal wajib yang Anda lakukan.

Baca juga : 5 Cara Melakukan Promosi Online untuk Bisnis F&B

Dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu cara konvensional dan juga cara modern yang keduanya sama-sama penting. Cara konvensional dengan memanfaatkan signage atau banner yang memperlihatkan keberadaan kedai es krim Anda. Sedangkan cara modern, Anda bisa menggunakan media internet, seperti website atau media sosial. Dengan melakukan ini, tentu saja Anda bisa memberikan informasi penting tentang bisnis es krim yang Anda miliki seperti alamat kedai, menu dan juga jam operasional.

Baca juga : Peran Website Terhadap Perkembangan Sebuah Bisnis

Demikianlah beberapa tips yang bisa KAWN berikan seputar persiapan sebelum memulai bisnis es krim. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang merintis bisnis es krim. Jika Ada pertanyaan, baik itu seputar bisnis es krim maupun tentang aplikasi kasir online KAWN, jangan sungkan untuk menuliskan pertanyaan di kolom komentar ya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.