5 Tips Menjaga Kinerja Pramusaji Agar Tetap Maksimal

-

Peran pramusaji dalam sebuah bisnis F&B memiliki fungsi yang penting. Selain, hidangan yang berkualitas, layanan yang diberikan oleh pramusaji pun turut memberi pengaruh terhadap tingkat kepuasan pelanggan.

Baca juga : 5 Alasan Bisnis F&B Kamu Perlu Menggunakan Kasir Online

Sebuah bisnis F&B yang maju, pasti memiliki SDM yang berkualitas termasuk pramusaji di dalamnya. Tingkat keandalan yang dimiliki oleh pramusaji pada dasarnya tidak hanya ditentukan oleh faktor internal saja, melainkan faktor eksternal pun juga menyumbang kesuksesan kinerja pramusaji tersebut.

Baca juga : KAWN Aplikasi Kasir Online Pendamping Bisnis F&B, Hadir untuk Anda!

Terkadang kinerja pramusaji mengalami pasang surut dan cenderung tidak stabil. Hal ini dikarenakan pramusaji juga merupakan manusia biasa yang memiliki sejumlah masalah dan berpengaruh terhadap kinerja pekerjaan yang dilakukan.  
Namun, terdapat beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh seorang pebisnis untuk dapat meningkatkan kinerja pramusaji agar tetap maksimal. Seperti yang KAWN rangkum, berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin dapat dilakukan agar tim pramusaji Anda semakin handal dalam bekerja.

Buatlah Pelatihan Rutin

Sediakanlah sesi di sela-sela jam kerja untuk melakukan sesi pelatihan bersama tim pramusaji Anda. Sesi pelatihan tentunya tidak harus memakan waktu yang lama, cukup 1-2 jam dengan materi yang berkualitas tentu dapat memperbaiki kinerja pramusaji Anda.

Baca juga : Pakar SDM Ingatkan Pentingnya Pelatihan Bagi Karyawan

Terkadang terdapat pramusaji yang baru saja terjun ke dunia kerja atau fresh graduated, dan bingung bagaimana memberikan pelayanan kepada pelanggan. Melalui sesi pelatihan ini merupakan kesempatan yang berharga untuk memberikan pengarahan yang sistematis mengenai langkah demi langkah memberikan pelayanan yang prima bagi pelanggan yang memiliki perbedaan kebiasaan dan selera.

Baca juga : Baru Lulus ini Tips Interview Kerja Untuk Fresh Graduate

Buatlah SOP Pekerjaan

SOP atau (Standard Operating Procedure) merupakan aturan-aturan pakem yang menjadi pendoman bekerja bagi semua karyawan tak terkecuali tim pramusaji. Pada SOP memuat semua informasi mengenai aturan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Baca juga : Cara Menyusun Standard Operating Procedure (SOP)

Buatlah SOP yang komprehensif dan sistematis agar tim pramusaji Anda semakin tertib dan mengetahui setiap kemungkinan permasalahan yang muncul dan bagaimana solusi yang dapat dilakukan. Tentunya SOP yang baik akan semakin mengakselerasi kinerja pramusaji dan secara tidak langsung dapat memberikan nilai tambah bagi bisnis Anda.

Gunakan Aplikasi Pramusaji

Setelah tim pramusaji Anda sudah memiliki kompetensi yang baik dan sigap memberikan pelayanan prima, terkadang terdapat kendala eksternal yang muncul dan tidak dapat diselesaikan dengan hanya mengandalkan keterampilan internal pramusaji saja. Kendala eksternal yang mungkin muncul adalah seputar kebutuhan pelanggan untuk dilayani dengan cepat, baik secara pencatatan pesanan maupun penyajian hidangan.

Keterbatasan jumlah tim pramusaji dengan banyaknya pelanggan yang datang pada saat jam sibuk, membuat kesalahan atau human error pun dapat terjadi. Kesalahan pencatatan, antrian pesanan yang tumpang tindih dan ketidakjelasan waktu tunggu, merupakan jenis-jenis masalah yang muncul karena manajemen pemesanan yang manual dan tidak tersistem dengan baik.

Baca juga : 13 Manfaat Menggunakan Aplikasi Kasir Untuk Bisnis Anda

Dibutuhkan sebuah teknologi melalui aplikasi pramusaji yang serba digital dan tersistem untuk mengatasi semua permasalahan tersebut. Anda mungkin dapat mencoba menggunakan aplikasi pramusaji, seperti KAWN Saji atau KAWN Pesan Mandiri untuk memberikan pelayanan dan pengalaman pemesanan yang tak terlupakan oleh pelanggan.

Baca juga : New Release! KAWN Pesan Mandiri

Melalui aplikasi KAWN Saji atau KAWN Pesan Mandiri, pelanggan dapat mengetahui status pemesanan hidangan secara real-time dan akurat. Mulai dari pesanan yang baru saja dicatat,sudah masuk produksi dapur dan sampai pembayaran tagihan dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi tersebut.
Pelanggan yang merasa dimudahkan oleh layanan tersebut, tentunya akan merasa puas dan cenderung loyal, karena semua kebutuhan mereka dapat terakomodir dengan sempurna tanpa cela. Bagi Anda yang ingin memberikan pelayanan istimewa bagi pelanggan, mungkin dapat mengunduh KAWN Pesan Mandiri dan KAWN Saji di Play Store smartphone android Anda.  

Berikan Rewards bagi Pramusaji Terbaik

Bagi Anda yang sering pergi makan siang ke restoran siap saji, seperti Mcdonald atau KFC, mungkin kalau Anda cukup jeli pasti melihat di bagian kasir terdapat foto karyawan terbaik bulan atau minggu tertentu. Karyawan tersebut merupakan kasir, pramusaji atau OB yang dinilai memiliki kinerja yang optimal oleh sang pemilik restoran atau manager restoran.

Baca juga : 4 Cara Menjadi Employee of The Month

Meskipun terkesan sederhana, pemberian penghargaan atau rewards memberikan pengaruh yang positif secara psikologis bagi pramusaji atau karyawan.  Pramusaji akan lebih bersemangat dan produktif karena merasa selama ini kinerja yang diberikan dipantau dan dihargai oleh pihak manajemen.

Berikan Kompensasi bagi Pramusaji Terbaik

Poin ini masih berkaitan dengan poin 4, yang membahas seputar pemberian penghargaan bagi pramusaji yang memiliki kinerja yang baik. Namun perbedaannya disini pemberian penghargaan dapat berupa hadiah, uang, hari libur atau mungkin tiket liburan.

Kompensasi dapat memberikan penyegaran bagi pramusaji yang mungkin merasa jenuh bekerja dan membutuhkan sedikit relaksasi. Pramusaji juga seorang manusia bukan robot yang membutuhkan hiburan agar emosi tetap stabil, sehingga mood bekerja pun dapat meningkat.

Baca juga : Jangan Abaikan! 6 Alasan Mengapa Kompensasi Perusahaan itu Penting

Poin pemberian kompensasi menjadi penutup dan pelengkap dari tips yang KAWN berikan untuk meningkatkan kualitas kinerja tim pramusaji Anda. Apabila Anda merasa ada tips lain sehubungan dengan optimasi kinerja pramusaji, jangan lupa untuk diskusi di kolom komentar yah! Sampai bertemu kembali di artikel selanjutnya.