5 Tantangan di Dunia Usaha yang Wajib Anda Tahu

-

Ada salah satu pepatah pernah mengatakan, untuk membuat atau memperoleh sesuatu itu mudah tapi mempertahankannya adalah hal yang sangat sulit. Seperti seorang atlet atau pemecah rekor muri untuk bisa mempertahankan gelar nya tersebut mereka perlu upaya yang keras dan memiliki tantangan yang besar.

Sama halnya seperti pengusaha atau entrepreneur. Mereka berusaha cukup keras untuk membuat usahanya agar bisa tetap bertahan dan bagaimana menciptakan ide yang menarik dan inovatif untuk bisa berkembang sesuai dengan kebutuhan zaman.

Baca juga : 21 Tantangan Bisnis yang Akan Dihadapi Setiap Pengusaha

Di dalam dunia usaha memang kita membutuhkan ide yang menarik, tapi masih ada variabel lain yang perlu Anda perhatikan dalam setiap dinamikanya, terlebih untuk Anda yang ingin atau baru bergelut di dunia usaha. Perkembangan teknologi dan gejolak perekonomian menjadi faktor penentu apakah usaha yang Anda ingin lakukan bisa berkembang.

Sebagai pengusaha hal yang paling penting untuk dibentuk pertama kali, yaitu mindset dan mental. Karena dalam dunia usaha setiap kuartal per tahunnya akan ada tantangan-tantangan yang perlu dihadapi. Maka dari itu, dibutuhkan mindset yang disruptif dan mental yang kuat agar usaha yang ingin atau sedang dikembangkan mampu bertahan di setiap tantangan.

Melansir dari situs website resmi Forbes, berikut ini beberapa tantangan yang sering atau bahkan selalu dihadapi oleh para entrepreneur dalam dunia usaha.

Kejujuran dan Integritas

Mempertahankan sebuah integritas dan juga kejujuran adalah tantangan yang paling mendasar dalam dunia usaha.  Tentunya sebelum Anda memulai usaha, profit atau keuntungan adalah tujuan utama Anda. Terkadang seorang entrepreneur rela mengorbankan intergirasnya demi keuntungan semata.

Baca juga : Alasan pentingnya integritas dan contoh nilai integritas di kantor

Seperti halnya kasus yang sering terjadi pada pelaku startup, saat pitching ke investor untuk mencari pendanaan tidak jarang dari founder melakukan kecurangan dengan membuat angka pengguna yang berlangganan pada produknya jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah aslinya.

Terkadang praktek-praktik seperti itu bagi sebagian orang merupakan “bagian dari bisnis”. Tapi, tanpa disadari hal tersebut akan mengikis kepercayaan antara pengusaha dan juga investor. Tanpa kepercayaan, usaha yang ingin atau sedang Anda jalankan tidak akan mampu bersaing secara efektif dan nantinya akan gagal.

Ketidakpastian

Tantangan lain di dunia usaha yang pasti terjadi, yaitu ketidakpastian. Seperti yang kita tahu sekarang ini dunia termasuk juga Indonesia sedang mengalami ketidakpastian dalam ekonomi. Perusahaan yang awalnya cukup berkembang, saat dilanda pandemi COVID-19 sekarang ini justru mengalami krisis keuangan.

Baca juga : Risiko dan Ketidakpastian

Selain itu perubahan permintaan pasar yang begitu cepat merupakan sesuatu yang sulit sekali diprediksi. Hal ini akan membawa pengaruh besar pada usaha yang sedang dijalankan. Maka dari itu sebagai seorang pengusaha perlu merencanakan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di jangka panjang agar bisa tetap bertahan.

Ketidakpastian ini membuat seorang pengusaha harus dituntut untuk mengambil keputusan yang tepat untuk perusahaannya. Bagaimana strategi untuk menyelesaikan masalah dalam jangka waktu yang dekat dan juga bagaimana strategi yang perlu dilakukan dalam jangka panjang 5 - 10 tahun kedepan.

Tingginya Kompetisi

Di dalam prinsip ilmu ekonomi terdapat istilah supply and demand, atau sering disebut juga hukum permintaan dan penawaran. Ketika banyaknya permintaan akan suatu produk atau jasa, maka akan berbanding lurus dengan jumlah penawaran.

Baca juga : Cara Mengatasi Persaingan Usaha dalam Bisnis Kita

Sama seperti tantangan di dunia usaha, saat ini sudah semakin banyak produk-produk sejenis yang bermunculan. Banyaknya produk yang ditawarkan oleh para pengusaha membuat persaingan yang sering terjadi, hal ini membuat konsumen semakin selektif memilih apa yang mereka inginkan dan butuhkan.

Cara yang paling efektif untuk dapat bertahan di tengah tantangan kompetisi dalam dunia usaha, para entrepreneur perlu menerapkan prinsip sedikit lebih beda lebih baik, dibandingkan sedikit lebih baik. Dengan prinsip tersebut produk yang dijual akan lebih di notice atau diingat oleh konsumen.

Pemasaran

Ketika seorang pengusaha sudah tahu apa yang menjadi pembeda produknya dari para pesaingnya, tantangan lain yang perlu diketahui adalah bagaimana cara memasarkan produknya. Cara yang cukup efektif yang perlu dilakukan oleh para pengusaha, yaitu online atau digital.

Baca juga : 3 Langkah Mudah Membuat Strategi Pemasaran untuk Bisnis

Karena saat ini pengguna internet di dunia khususnya Indonesia sudah sangat meningkat dan mereka menjalankan aktivitas seperti membeli kebutuhan sehari-hari melalui smartphonenya.  Maka dari itu sebagai pengusaha untuk menghadapi tantangan seperti ini perlu melakukan shifting ke digital marketing.

Funnel content adalah salah satu cara digital marketing untuk meningkatkan pemasaran suatu produk, yaitu dengan cara memanfaatkan website sebagai saluran pelanggan untuk mengetahui produk yang dijual.

Menemukan Karyawan yang Tepat

Tantangan terakhir yang perlu diketahui oleh para pengusaha, yaitu menemukan karyawan yang tepat. Disini dapat dikatakan karyawan merupakan aset sebuah perusahaan yang nantinya akan membantu pengusaha untuk mengembangkan usahanya.

Baca juga : Cara Mencari Kandidat Karyawan Berkualitas

Terlebih perusahaan yang sedang dibangun masih kecil, seorang pengusaha sangat sekali membutuhkan karyawan bertalenta yang sering menemukan atau mengembangkan formula untuk mengembangkan usaha agar siap pada tantangan-tantangan yang dihadapi sekarang dan akan mendatang.

Siap atau tidak siap tantangan akan selalu dihadapi oleh para pengusaha, inilah yang menjadikan atau membentuk para pengusaha lebih thoughtful. Apapun masalah yang dihadapi, para pengusaha harus terus tetap berjuang dan bertahan demi perusahaan dan para karyawannya.

Kalau Anda seorang pengusaha berdasarkan 5 tantangan tersebut menurut Anda mana yang paling menantang. Tulis pengalaman Anda di kolom komentar dibawah ini ya!