5 Cara Melakukan Promosi Online untuk Bisnis F&B

-

Ketika bicara tentang promosi tidak harus tentang harga murah atau diskon yang ditawarkan, tapi bagaimana mengenalkan produk yang kita jual dapat diterima oleh pelanggan. Salah satu cara yang saat ini cukup efektif dilakukan, yaitu menggunakan platform online.

Baca juga : Cara Promosi Online Yang Efektif Untuk UKM Dan Online Shop

Saat berkembangnya internet dan teknologi sudah banyak beberapa bisnis F&B di Indonesia melakukan promosi menggunakan media sosial. Cara ini dilakukan karena ingin menjangkau pelanggan yang lebih luas dan hemat biaya yang dikeluarkan.

Tentunya semua itu perlu dilakukan dengan strategi agar promosi yang Anda lakukan tepat sasaran, melansir dari website resmi Forbes berikut ini beberapa cara melakukan promosi secara online yang tepat dan biaya murah untuk bisnis F&B.

Website

Mengoptimalkan website dapat menjadi pilihan pertama Anda untuk melakukan promosi secara online, ga perlu repot belajar coding, sekarang Anda bisa gunakan jasa pembuatan website online murah. Dengan Anda memiliki website sendiri, Anda dengan mudah untuk melakukan promosi atau bahkan saluran pemesanan.

Baca juga : Cara Promosi Website di Situs Social Media dan Marketplace

Tentunya banyak yang harus Anda lakukan untuk menghasilkan website atau toko online yang bagus, mulai dari segi desain, konten dan kecepatan akses. Karena semua itu akan mempengaruhi pengunjung website, dari yang sekadar hanya ingin melihat saja dan tertarik untuk membeli.

Ketika pelanggan merasakan puas dengan pemesanan melalui website, Anda juga perlu tingkatkan lagi pelayanan customer service dan juga perlu maintain terkait dengan pertanyaan atau permintaan calon pelanggan.

Email marketing

Cara ini terbilang cukup sederhana, Anda bisa meminta alamat email aktif ke pelanggan yang membeli di restoran, lalu beritahukan kepada mereka terkait promo menarik dan menu atau produk terbaru yang akan diinformasikan secara berkala melalui email.

Baca juga : Cara Membuat Email Promosi Yang Menarik dan Profesional

Apabila belum memiliki restoran, Anda juga bisa memanfaatkan website untuk memperoleh data email calon pelanggan. Setelah itu, Anda perlu memikirkan bagaimana cara membuat konten email marketing yang menarik seperti infografis dan fakta unik tentang bahan baku dari produk yang Anda jual.

Melakukan promosi online dengan email marketing perlu keterampilan seperti membuat copywriting yang menarik, Anda bisa asah kemampuan tersebut seiring berjalannya waktu. Langkah sederhana yang bisa dilakukan, yaitu mengirimkan penawaran baru atau promo menarik kepada pelanggan Anda melalui email setiap minggu secara konsisten.

Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu cara yang paling efektif digunakan, karena hampir seluruh masyarakat di dunia hampir memiliki akun media sosial. Hal ini bisa dijadikan peluang yang besar untuk memasarkan produk Anda. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan mudah diketahui banyak orang.

Baca juga : Promosi Usaha Melalui Media Sosial

Tapi melakukan promosi di media sosial tidak semudah yang dipikirkan, Anda membutuhkan pengetahuan yang mendalam tentang perilaku manusia dan apa yang menjadi daya tarik mereka. Selain itu Anda juga perlu mengasah kemampuan teknik copywriting, desain dan fotografi agar produk yang Anda jual lebih terlihat profesional dan menarik perhatian mereka.

Sebelum itu, Anda perlu tahu target pasar untuk mengetahui media sosial apa yang cocok digunakan. Misalnya target pasar Anda berusia 20-35 tahun, maka Instagram dan Facebook menjadi pilihan yang tepat sebagai platform media sosial pemasaran produk Anda.

Referral Marketing

Menurut penelitian yang pernah diterbitkan di majalah Forbes, hampir 80% bisnis gagal sebelum 18 bulan pertama mereka beroperasi. Kalau bisnis Anda tidak ingin menjadi bagian dari 80% itu, maka yang perlu Anda lakukan yaitu memberikan added value atau nilai lebih pada produk.

Baca juga : Manfaatkan Program Referral sebagai Penghasilan Tambahan

Alasannya sederhana, ketika Anda memberikan nilai lebih, seseorang akan notice atau melihat sebagai suatu yang unik, maka calon pelanggan atau pelanggan Anda akan memberitahukan produk Anda ke ke keluarga dan teman-teman, baik itu dari mulut ke mulut ataupun melalui repost di media sosial mereka.

Sederhananya referral marketing ini merupakan cara rujukan yang diberikan dari orang satu kepada orang lainnya, karena produk atau yang dibeli atau dilihatnya sangat menarik perhatian dan memiliki rasa yang enak. Mungkin, kalau Anda punya budget lebih, tidak ada salahnya untuk menggunakan endorsement atau influencer.

Membuat Video Tutorial

Tentunya bisnis F&B yang sedang Anda kembangkan ingin menjangkau konsumen yang lebih besar, bukan? Salah satu caranya adalah dengan video tutorial di platform media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook dan Youtube, buatlah video step-by-step bagaimana cara membuat satu produk atau menu andalan Anda.

Baca juga : Membuat Video Promosi Untuk Produk Anda

Walaupun terdengar seperti membocorkan “rahasia dapur”, tapi membuat video tutorial merupakan cara yang paling efektif, mudah dan tidak memakan biaya banyak untuk mengenalkan produk Anda. Tenang saja, rasa makanan yang dihasilkan setiap orang akan berbeda-beda, tergantung siapa yang memasaknya.

Tantangan yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan promosi secara online dengan cara seperti ini adalah konsistensi. Anda perlu waktu untuk membangun calon pelanggan dan pelanggan baru. Disini yang perlu dilakukan adalah membuat video tutorial dengan konsisten, sehingga pelanggan Anda akan lebih mengingat dan mengapresiasi usaha yang Anda lakukan.

Nah berikut tadi merupakan beberapa cara melakukan promosi online yang dapat Anda lakukan. Selain itu, untuk meningkatkan produktivitas bisnis F&B, Anda juga bisa menggunakan aplikasi kasir online KAWN, terdapat fitur canggih seperti melihat laporan keuangan dan mengelola stok barang, klik disini untuk coba gratis selama 30 hari!