Trik Sukses Meluncurkan Produk Baru

-

Salah satu upaya mengembangkan sebuah bisnis adalah dengan terus berinovasi terhadap bisnisnya, salah satunya adalah dengan membuat produk baru. Bisnis yang tidak berinovasi terhadap produknya, bukan tidak mungkin konsumen akan merasa bosan dengan produk Anda, karena tidak ada varian yang ditawarkan.

Baca juga : 5 Strategi Bisnis Ritel untuk Menghadapi New Normal

Dalam proses pembuatan produk baru, tidak dapat dipungkiri bila acara launching atau meluncurkan produk baru menjadi momen yang sangat mendebarkan bagi para pebisnis. Berharap mendapatkan antusiasme yang besar dari masyarakat, tentu saja meluncurkan produk baru akan dibuat semenarik mungkin agar produk tersebut bisa sukses di pasaran. Dalam proses peluncuran produk baru kerap kali mendapat tantangan yang besar dari berbagai aspek, seperti keterbatasan dana, keterbatasan waktu, dan minimnya ide saat peluncuran produk itu sendiri.

Baca juga : 5 Tantangan di Dunia Usaha yang Wajib Anda Tahu

Untuk mengatasi berbagai kendala tersebut, alangkah baiknya jika  mempelajari beberapa trik ini agar peluncuran produk jadi makin menarik dan sukses. Untuk itu, melansir dari distribusipemasaran.com kali ini KAWN mencoba membahas mengenai trik sukses saat meluncurkan produk baru, berikut pembahasannya.

Infokan Produk Baru Sebelum Resmi Diluncurkan

Lakukan penyebaran informasi produk baru Anda sebelum melakukan peluncuran produk secara resmi, karena dengan terus membuat dan membagikan informasi tersebut, tentunya akan membuat konsumen memiliki rasa ingin tahu akan produk baru yang akan diluncurkan. Sepertinya ini adalah hal yang wajib Anda lakukan, jika bisnis Anda ingin meluncurkan produk baru.

Baca juga : 18 Strategi Pemasaran Produk Baru

Menyebarkan informasi mengenai produk bisa Anda lakukan baik pada konsumen lama maupun yang baru. Ajang peluncuran produk tentu dijadikan juga sebagai langkah menjaring konsumen yang belum mengenal brand Anda. Beberapa cara yang terbilang cukup efektif untuk menyampaikan informasi tentang produk baru Anda, seperti melalui media sosial, media televisi, bahkan menggunakan media cetak seperti koran atau majalah.

Buat Konsumen Penasaran

Saat ini teaser video menjadi momen yang ditunggu banyak masyarakat, bahkan sebelum produk aslinya hadir, karena dengan memberikan cuplikan sekilas mengenai produk tentu menjadi cara jitu agar konsumen menjadi penasaran. Ketika rasa penasaran muncul saat itu juga muncul ketertarikan pada suatu produk.

Baca juga : 4 Prinsip Teaser Ad yang Sensasional

Sebagai contoh dengan perilisan sebuah film, tentunya pemilik film akan membuat teaser dan trailer yang akan dilempar ke masyarakat, disaat itulah konsumen akan membuat keputusan untuk menonton atau tidaknya film tersebut. Cara ini cukup jitu yang bisa Anda terapkan untuk memperkenalkan produk Anda.

Baca juga : Nggak Cuma Menampilkan Cuplikan, Ini 5 Fakta tentang Trailer Film yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Tentukan Waktu yang Tepat

Pemilihan waktu untuk peluncuran produk baru juga perlu Anda pertimbangkan. Apalagi saat ini banyak bisnis yang memiliki program tertentu pada tanggal spesifik, seperti HarBolNas atau hari belanja nasional, pada momen tersebut, kompetitor akan memberikan diskon secara gila-gilaan, sehingga sudah bisa dipastikan para konsumen akan lebih memilih memburu diskon daripada mengetahui peluncuran produk Anda.

Lakukan Promosi pada Media

Sejumlah media massa seperti media cetak, media elektronik maupun media sosial menjadi salah satu senjata ampuh untuk memperkenalkan produk baru Anda. Terlebih pengguna media sosial di Indonesia sangat lah banyak. Untuk itu, buat acara peluncuran produk Anda semenarik mungkin dan informasikan tentang peluncuran produk baru tersebut agar blogger dan media massa tertarik untuk meliputnya.

Persiapkan Strategi Pemasaran dengan Matang

Jika Anda ingin banyak orang menggunakan produk Anda, langkah pertama yang pasti dilakukan adalah mengenalkan kepada calon pengguna, salah satunya adalah melalui peluncuran produk baru. Anda bisa merancang strategi pemasaran dengan beberapa tools pemasaran untuk menaikan user engagement produk Anda.

Baca juga : 7 Strategi Pemasaran Produk yang Efektif dan Efisien

Selanjutnya, pastikan Anda menyediakan channel untuk menampung feedback dari pengguna produk baru Anda. Dengan melibatkan pengguna dalam mengembangkan produk baru Anda, tentu saja Anda bisa me-review dengan baik tentang produk baru Anda.

Baca juga : 5 Manfaat Memahami Perilaku Konsumen Terhadap Perkembangan Bisnis

Walaupun banyak rintangan untuk menyukseskan peluncuran suatu produk, namun Anda juga harus ingat bahwa perencanaan yang matang dan kreatif akan menjadi kunci sukses bagi peluncuran produk. Bila ada pertanyaan seputar peluncuran produk baru, silahkan tulis di kolom komentar ya!