Olahan Ikan Dari Berbagai Daerah Di Indonesia, Yuk Dicoba!

-

Olahan ikan hasil kreasi tangan orang Indonesia memang begitu banyak macamnya. Tidak hanya di goreng atau dibakar, ikan juga biasanya disajikan dengan kuah layaknya sup, dan tentu saja rasanya begitu nikmat tak terbantahkan.

Cukup lumrah menemukan olahan ikan di negara kita Indonesia. Tentu saja dikarenakan geografis Indonesia yang dikenal sebagai negara maritim, sehingga tidak sulit menemukan berbagai macam jenis ikan. Kendati demikian, bukan hanya ikan laut saja, ikan air tawar pun bisa menghasilkan olahan ikan yang menggugah selera Anda.

Baca juga: 5 Alasan Indonesia Disebut Negara Maritim

Selain itu, Indonesia yang kaya akan suku dan budaya juga menghasilkan keberagaman teknik memasak dan citarasa yang beragam pula. Sebagai contoh, jika di Sumatera Barat gemar mengonsumsi makanan dengan citarasa pedas, berbanding terbalik dengan masyarakat Yogyakarta yang terkenal akan masakan bercita rasa manis, seperti gudeg.

Baca juga: Kuliner di Kota Yogyakarta yang Wajib Anda Kunjungi

Tentu saja, kondisi itu berlaku juga terhadap olahan ikan nusantara. Lantas, daerah mana saja di Indonesia ini yang menghasilkan olahan ikan yang menarik untuk dicoba? Dikutip dari beberapa sumber, yuk kita ulas satu persatu.

Olahan Ikan Asap Khas Manado, Cakalang Fufu

source : tribun

Bukan hanya terkenal akan buburnya, Kota Manado juga menyimpan kuliner berupa olahan ikan yang tidak kalah terkenal, yakni cakalang fufu. Sekedar informasi, cakalang sendiri merupakan ikan khas dari perairan Manado.

Baca juga: 5 Provinsi Penghasil Ikan Cakalang Terbanyak pada Tahun 2017

Sementara itu, cakalang fufu jadi olahan ikan populer di Tanah Manado. Ikan cakalang segar diberi bumbu khusus, kemudian dijepit menggunakan batang bambu lalu diasapkan. Karena proses pengasapan tersebutlah membuat waktu penyimpanan olahan ikan ini bisa tahan lebih lama.

Baca juga: Teknologi Pengasapan Pada Pengawetan Ikan

Cakalang fufu biasanya menjadi pelengkap pada masakan lainnya. Suwiran cakalang fufu banyak ditambahkan pada aneka hidangan, mulai dari mi cakalang, nasi goreng, pampis atau olahan rica.

Olahan Ikan dari Tanah Banten, Sate Bandeng

source : tribun

Biasanya kita sangat familiar dengan olahan sate berbahan dasar daging ayam atau bahkan daging kambing. Akan tetapi, pernahkah Anda mencicipi sate ikan? Jika belum, coba sesekali Anda mampir ke Kota Banten, lebih tepatnya ke kawasan Serang atau Cilegon, karena di kawasan inilah Anda akan sangat lumrah menemukan sate bandeng.

Menariknya, jika sate ayam menggunakan daging yang sudah dipotong-potong, berbeda dengan sate bandeng yang menggunakan ikan bandeng secara utuh. Cara mengolahnya, ikan bandeng yang sudah dibersihkan isinya, kemudian ditusuk menggunakan batang bambu. Kemudian ditutupi bumbu berupa campuran rempah-rempah dan juga santan.

Untuk rasanya, tentu saja tidak kalah lezat dengan sate ayam atau bahkan sate kambing. Bagaimana, tertarik mencicipi sate ikan bandeng khas Banten?

Baca juga: Sate, Salah Satu Sajian yang Wajib Anda Coba Saat Mampir Ke Kota-Kota ini!

Gabus Pucung, Olahan Ikan Khasnya Orang Betawi

source : sajiansedap

Gabus pucung menjadi salah satu dari sekian banyak kuliner khas Betawi yang wajib Anda coba. Namun sayangnya, cukup sulit menemukan gabus pucung saat ini. Satu-satunya faktor adalah keberadaan ikan gabus yang sangat sulit untuk ditemukan, bahkan lewat proses budidaya sekalipun.

Baca juga: Susahnya Membudidayakan Ikan Gabus

Gabus pucung terbuat dari potongan ikan gabus yang dimasak menggunakan rempah keluak sebagai bumbu utamanya. Keberadaan keluak lah yang membuat tampilan olahan ikan ini terlihat berwarna hitam pekat. Meski begitu, rasa pedas dan gurihnya membuat gabus pucung tidak kalah lezat dengan olahan ikan lainnya.  

Baca juga: Mengenal Kuliner Khas Betawi, Orang Jakarta Wajib Tahu nih!

Olahan Ikan Khas Masyarakat Batam, Sop Ikan Batam

source : selerasa

Satu hal yang sama sekali tidak boleh Anda lewatkan saat mampir ke Kota Batam, yakni mencicipi lezat, gurih dan segarnya olahan ikan bernama Sop Ikan Batam. Banyak jenis ikan yang biasanya diolah menjadi sop, mulai dari ikan patin, ikan nila, ikan kakap atau bahkan ikan tenggiri.  

Hidangan ini memiliki ciri khas kuah bening dengan potongan tomat dan daun kemangi. Sudah terbayang ya, gurih, segar dan harumnya saat Anda mencicipi olahan ikan yang satu ini.

Meski Anda bukan orang Batam atau tidak pernah berkunjung ke kota tersebut, tidak ada salahnya jika Anda coba buat sendiri dirumah. Bermodalkan potongan ikan dan rempah-rempah serta mengikuti petunjuk resep dengan benar, Anda bisa kok menyajikan Sop Ikan Batam yang lezat dan tentunya tidak berbau amis.

Baca juga: Resep Sup Ikan Batam, Kuah Bening Pulihkan Kesehatan

Olahan Ikan dari Tanah Jawa, Mangut Lele

source : IDNtimes

Terakhir, ada mangut lele yang menjadi olahan ikan khas dari Tanah Jawa. Dialah Semarang, Solo dan juga Yogyakarta yang dikenal sebagai kota penghasil mangut lele.

Baca juga: Oleh-Oleh Khas Semarang yang Wajib Dibawa Pulang

Mangut lele sendiri merupakan olahan ikan lele kuah santan yang dimasak menggunakan berbagai macam bumbu serta taburan daun kemangi. Uniknya, ikan lele diasapi terlebih dahulu sebelum digoreng dan diberi bumbu-bumbu.

Secara tampilan, hidangan ini hampir mirip dengan gulai. Hanya saja, bahan utama yang digunakan adalah ikan lele. Untuk rasanya, dijamin tidak cukup jika hanya mengonsumsi 1 porsi. Sajikan mangut lele dengan nasi hangat dan bawang goreng, menjadi satu kesempurnaan yang sayang untuk dilewatkan.

Baru saja kita ulas tentang olahan ikan dari berbagai daerah di Indonesia. Kalau KawanKAWN, favorit yang mana? Tulis jawaban di kolom komentar ya! Terima kasih!