Hari Kartini dan Peluang Bisnis Festive

-

Hari Kartini diperingati pada tanggal 21 april setiap tahunnya. Dihari itu pula, kita diingatkan lagi akan sosok R.A Kartini yang memperjuangkan kebangkitan perempuan Indonesia, agar para wanita mendapatkan hak yang setara dengan kaum pria.

Tepat pada tahun 1879, R.A Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah. Karena fakta tersebutlah, Kota Jepara dikenal dengan sebutan “Bumi Kartini”.

Baca juga: Jepara, Kota "Bumi Kartini" yang Menyajikan Oleh-Oleh Menarik

Sudah menjadi kebiasaan dari tahun ketahun, memperingati Hari Kartini diisi dengan berbagai macam kegiatan positif. Namun tentunya, satu hal yang tidak pernah luput saat peringatan Hari Kartini, yakni mengenakan pakaian adat.

Kemeriahan suasana Hari Kartini makin terasa pada lingkungan sekolah, dimana banyak siswa yang mengenakan pakaian dan riasan adat dari berbagai daerah di Indonesia. Bukan hanya itu saja, biasanya pihak sekolah mengadakan berbagai pertunjukan seni panggung, mulai dari pembacaan puisi, drama hingga musik tradisional.

Menariknya, dari momen Hari Kartini inilah membuka potensi bisnis yang menarik untuk dijalani. Dan sudah banyak pelaku bisnis yang berhasil mendapatkan cuan dari momen Hari Kartini.

Lantas, bisnis apa sajakah itu? Nah, pada kesempatan kali ini, KAWN coba mengulas beberapa bisnis yang bisa Anda jalankan di momen Hari Kartini. Dikutip dari laman finance.detik, berikut ulasannya.

Hari Kartini Membuat Penyewaan Pakaian Adat Laris Manis

source : canva

Pakaian adat seringkali dikenakan saat memperingati Hari Kartini. Bukan hanya pada lingkungan sekolah saja, banyak karyawan di lingkungan perkantoran yang memperingati Hari Kartini juga dengan mengenakan pakaian adat.

Akan tetapi, karena harganya yang tidak murah dan jarang digunakan, membuat banyak orang enggan untuk membeli pakaian adat tersebut. Oleh karena itulah, tempat penyewaan pakaian adat sering kebanjiran orderan pada momen Hari Kartini. Biasanya kondisi ini dimanfaatkan oleh pebisnis, dengan membuka bisnis penyewaan pakaian adat.

Baca juga: 5 Bisnis yang Cocok untuk Pemula

Bisnis Penata Rias atau Make Up Artist

source : MDC

Sebetulnya ini masih berkaitan dengan bisnis penyewaan pakaian adat. Disaat seseorang sudah menemukan pakaian adat yang diinginkan, biasanya dia ingin tampil sempurna dengan riasan yang senada dengan pakaiannya. Misalkan, jika seseorang menyewa kebaya Jawa, tentunya dia ingin merias wajahnya dengan riasan khas adat Jawa.

Oleh karena itulah, make up artist biasanya menjadi salah satu bisnis yang selalu diburu saat momen Hari Kartini. Kuncinya, selain bangun kerjasama dengan penyewaan pakaian adat, Anda juga wajib bekali diri dengan skill makeup yang mumpuni. Salah satunya dengan menguasai berbagai macam riasan dari banyak daerah di Indonesia.

Baca juga: Salon Kecantikan, Intip Langkah Praktis Memulainya

Bisnis Fotografi dan Videografi

source : canva

Setelah berpakaian adat lengkap dengan riasan yang menawan, satu yang tidak boleh dilewatkan, yakni mengabadikan momen pada sebuah foto dan video. Kondisi ini membuat fotografi dan videografi menjadi salah satu bisnis yang bisa dijalankan saat momen Hari Kartini.

So, jika Anda memiliki kamera dan mampu mengoperasikannya dengan baik, kenapa tidak Anda menjalankan bisnis ini saat Hari Kartini. Ingin bisnis fotografi Anda mendapat banyak pesanan, Anda bisa mempromosikan jasa Anda ke berbagai sekolah, perkantoran maupun perorangan.

Baca juga: Bisnis Fotografi, Side Job Menjanjikan Keuntungan Berlipat

Perlengkapan Acara & Dekorasi

source : MDC School

Seperti kita ketahui, banyak sekolah yang mengisi Hari Kartini dengan berbagai macam acara maupun pertunjukan. Untuk mensukseskan dan memeriahkan acara tersebut, dibutuhkan beberapa perlengkapan pendukung, mulai dari panggung, sound system, backdrop hingga tata lampu.

Selain itu, untuk menambah kemeriahan, biasanya dibutuhkan juga beberapa ornamen dan dekorasi bernuansa khas Hari Kartini. Nah, ini bisa menjadi peluang bisnis menguntungkan yang bisa Anda coba, yakni dengan menyewakan perlengkapan acara dan dekorasi.  

Baca juga: Party Planner, Bisnis yang Patut Anda Coba

Bisnis Katering

source : kitchen of indonesia

Kurang lengkap rasanya, jika memperingati hari besar tanpa kehadiran hidangan berupa makanan maupun minuman. Pada hari besar seperti Hari Kartini, panitia acara seringkali membutuhkannya dalam jumlah yang lumayan besar. Kondisi ini kerap dimanfaatkan pebisnis katering untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Baca juga: Bisnis Katering, Berikut Kiat Sukses Memulai Bisnis ini

Terlebih, memperingati Hari Kartini identik dengan sebuah nasi tumpeng. Sebagai pebisnis katering, ini juga bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan pada momen hari Kartini.

Baca juga: Kenapa Nasi Tumpeng Jadi Elemen Penting Perayaan di Indonesia?

Banyak hal positif yang bisa kita ambil dari peringatan Hari Kartini. Selain mengenang jasa dan juga perjuangan dari sosok R.A Kartini, ternyata hari besar ini juga menyajikan bisnis yang menguntungkan untuk dijalankan.

KawanKAWN, apakah Anda pernah menjalankan salah satu dari kelima bisnis yang telah kami sebutkan diatas? Kalau iya, jangan sungkan-sungkan untuk berbagi pengalamannya di kolom komentar ya! Kami tunggu!

Oh iya, akhir kata, Selamat Hari Kartini untuk para wanita hebat Indonesia!