Gorengan Lezat di Berbagai Belahan Dunia, Dijamin Bikin Ngiler!

-

Gorengan merupakan jajanan yang memiliki banyak penggemarnya, terutama di Indonesia. Gorengan mempunyai rasa yang renyah, gurih dan nikmat, rasa yang enak membuat semua orang menyukai jajanan yang digoreng dengan tepung ini.

Gorengan sendiri merupakan makanan yang sangat khas di Indonesia. Biasanya penjual gorengan dapat ditemui di pinggir jalan menggunakan gerobak. Jajanan gorengan ini sendiri mempunyai banyak macam, mulai dari bakwan, tempe, cireng, dan tahu yang dibalut dengan tepung kemudian digoreng hingga berwarna kuning keemasan.

Selain karena rasa gorengan yang sangat lezat, renyah dan gurih, alasan lainnya mengapa gorengan bisa menjadi makanan favorit semua orang adalah karena harganya yang murah. Lantas, seperti apa, sih gorengan di berbagai belahan dunia itu? Simak ulasannya berikut.

Baca Juga: 8 Makanan dari Tepung Terigu dan Telur yang Sangat Enak!

Gorengan versi Jepang: Tempura

Source: canva.com

Pasti beberapa dari KawanKAWN ada yang sudah tidak asing lagi dengan gorengan satu ini, kan? Gorengan bernama tempura ini ternyata bukan berasal dari Jepang, lho! Melainkan dari Portugis.

Tempura sayuran dikenal dengan adonan ringan yang terbuat dari tepung lembut, telur, dan air yang sangat dingin atau bersoda. Jenis gorengan ini diperkenalkan ke Jepang oleh misionaris Portugis di abad 16 sebagai alternatif makanan tanpa daging selama hari-hari puasa.

Tempura banyak jenisnya, selain tempura sayur, ada pula tempura udang yang relatif populer. Namun, tempura sayuran menawarkan banyak pilihan bahan, termasuk jamur, akar teratai dan burdock, rumput laut dan sayuran hijau seperti daun shiso, kacang hijau, labu, hingga sayuran keras seperti okra dan paprika shishito.

Baca Juga: Perkenalan terhadap Makanan Jepang yang Terkenal

Twigim, Korea Selatan

Source: detikfood

Gorengan selanjutnya adalah dari Korea Selatan. Namanya Twigim. Twigim adalah istilah yang berarti makanan yang digoreng bersama tepung bumbu. Camilan ini juga banyak dijual di pinggir jalan, layaknya gorengan di Indonesia. Jenisnya juga beragam, ada twigim sayuran (yache twigim), cumi-cumi (ojingeo twigim), singkong (goguma twigim), udang (saewoo twigim), telur (gyeran twigim) dan lain sebagainya.

Baca Juga: Olahan Singkong yang Lezat dan Siap Menggoyang Lidah Anda!

Jalebi, India

Source: canva.com

Jalebi dari India merupakan adonan gorengan bulat tipis yang pertama kali melintasi rute perdagangan di era Abad Pertengahan. Adonan dicetak melalui kain muslik ke dalam minyak, lalu dicelupkan ke dalam sirup gula untuk mendapatkan tekstur yang kenyal dan renyah. Gorengan ini sering dimakan bersama camilan pendamping lainnya, seperti samosa atau dengan rabdi, yaitu susu manis yang creamy.

Baca Juga: Makanan dan Minuman Khas Singkawang yang “Mungkin” Belum Pernah Anda Coba

Alcapurria, Puerto Rico

Source: tablespoon.com

KawanKAWN tahu makanan tradisional dari Jawa Timur bernama jemblem? Camilan dari singkong yang di dalamnya berisi gula merah dan digoreng? Nah, ternyata, jajanan serupa juga ada di Puerto Rico, lho!

Namanya alcapurria. Berbeda dengan jemblem yang manis, alcapurria berisi campuran daging cincang, jagung atau seafood, jadi memiliki rasa gurih dan asin. Namun, adonannya tetap menggunakan adonan yang terbuat dari singkong.

Baca Juga: Toko Roti, Gunakan Tips Berikut Agar Sukses Menjalankannya

Beguni, Bengali

Source: gastronomic bong

Gorengan satu ini hampir mirip dengan twigim asal Korea Selatan. Namun, beguni hanya menggunakan terong sebagai isiannya. Makanan asal Bengali ini bisa dibilang gorengan ala rumahan, karena proses pembuatannya yang sederhana.

Cara membuatnya pun mudah, terong dipotong-potong tipis, bentuknya sesuka hati, bisa dipotong memanjang atau bulat, lalu dicelupkan ke dalam tepung bumbu dan digoreng hingga kecoklatan. Beguni biasanya jadi camilan yang sering dimakan pada malam hari ketika Ramadhan.

Baca Juga: Makanan Khas Imlek dan Maknanya yang Perlu Anda Tahu!

Nah, jadi itulah beberapa jenis gorengan dari berbagai belahan dunia. KawanKAWN tertarik ingin coba yang mana, nih?

Jangan lupa untuk bagikan artikel ini pada teman dan kerabat, ya! Sampai jumpa pada artikel berikutnya!