Olahan Kale Sebagai Menu Sehat

-

Olahan kale sebagai resep menu diet dan sehat rupanya belum banyak yang membahas. Sayuran hijau yang mempunyai kemiripan dengan daun selada atau kailan ini ternyata mempunyai segudang manfaat kesehatan, lho. Meskipun masyarakat Indonesia belum cukup familiar dengan kale, namun patut untuk menjadikan olahan kale ke dalam daftar menu sehat Anda.

Bernama latin Brassica oleracea acephala, daun kale mempunyai rasa yang manis dan segar yang sangat mudah untuk diolah menjadi berbagai hidangan. Sebut saja beberapa olahan kale seperti, salad kale dengan campuran wijen sangrai, tumis kale dan kemudian bagi Anda yang suka camilan, daun kale pun bisa dijadikan sebagai keripik camilan yang rendah kalori.

Sifatnya yang mudah untuk diolah membuat banyak penggiat gaya hidup vegan atau vegetarian menjadikan olahan kale sebagai salah satu menu harian cepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan mineral harian. Bahkan apabila Anda tahu olahan kale sudah dikategorikan sebagai salah satu superfood, loh!

Baca juga: Apa itu Superfood, dan Makanan Apa Saja yang Termasuk Superfood? • Hello Sehat

Nah, kemudian olahan kale apa saja yang bisa Anda jadikan sebagai menu diet Anda? Melansir beberapa sumber, berikut KAWN sajikan 3 menu andalan kale yang bisa Anda contek dan buat di rumah. Catat ya!

Baca juga: Hari Vegetarian Sedunia, Intip Menu Vegetarian yang Nikmat Dan Mudah Dibuat!

Olahan Kale Tumis Saus Tiram

Source: Canva

Olahan kale pertama yang bisa dicoba adalah kale tumis saus tiram. Menu satu ini bisa dijadikan sebagai menu makan siang Anda yang rendah kalori dan tinggi serat.

Cara membuatnya pun cukup mudah, cukup sediakan beberapa bahan seperti, daun kale, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, terasi, saus tiram dan bumbu-bumbu.  Tumis semua bahan tersebut di wajan dengan api sedang dan usahakan jangan terlalu masak agar nutrisi yang terkandung tidak berkurang.

Baca juga: Mau Bikin Tumisan Selezat Buatan Restoran? Ini 5 Bumbu Andalannya

Sup Kale Ayam

Source: Canva

Selanjutnya olahan kale bagi Anda yang sedang mengurangi penggunaan minyak goreng adalah sup kale ayam. Kandungan mineral dari kale dan protein dari ayam segar merupakan perpaduan yang pas untuk mengisi energi Anda seharian penuh.

Cara membuatnya pun tidak terlalu repot, gunakan beberapa sayuran seperti, kale, wortel, daun bawang atau seledri (opsional), potongan ayam dadu dan bumbu rempah. Giling halus bumbu rempah kemudian campurkan ke dalam air rebus, setelah kuah sudah siap tinggal masukan topping sayuran beserta potongan ayam.

Baca juga: Rasa Kaldu Jamur Sebagai Bumbu Penyedap Rasa Kaum Vegan dan Vegetarian

Keripik Kale

Source: Canva

Pernahkah Anda tersadar bahwa kebiasaan mengemil turut bertanggung jawab terhadap penumpukan kalori pada tubuh Anda? Menonton serial film favorit pada saat weekend ditemani dengan camilan favorit memang menyenangkan untuk dilakukan, namun siapa sangka ternyata banyak ancaman kesehatan yang mengintai, mulai dari obesitas, diabetes, jantung dan masih banyak lagi.

Saatnya Anda mulai mengganti camilan di akhir pekan dengan keripik kale. Meskipun masih menggunakan minyak goreng untuk mengolahnya, namun Anda bisa mengganti minyak tersebut dengan zaitun atau minyak kelapa yang jauh lebih sehat.

Membuat keripik kale tidaklah sulit, Anda bisa gunakan tepung bumbu yang sudah jadi atau membuatnya sendiri agar lebih sehat. Kemudian setelah daun kale tercampur dengan adonan bumbu, siapkan wajan panas untuk menggoreng keripik hingga siap santap.

Baca juga: Menu Plant Based yang Banyak Digemari Masyarakat Urban

KawanKAWN berikut tadi adalah 3 resep olahan kale yang bisa Anda coba dirumah. Jaga kesehatan Anda secara prima dengan rutin mengonsumsi hidangan yang kaya gizi dan manfaat.

Sekian artikel untuk edisi kali ini, apabila Anda mempunyai tambahan resep olahan kale lainnya jangan sungkan untuk berbagai yah. Terus simak artikel KAWN yang menyajikan informasi kaya manfaat bagi Anda, sampai jumpa lagi!