Olahan Mi Nusantara yang Perlu Anda Coba!

-

Olahan mi seringkali dijadikan hidangan pengganti nasi bagi masyarakat Indonesia. Karakteristiknya yang mengenyangkan dengan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, membuat olahan mi sangat cocok dijadikan penyelamat dikala perut lapar.

Baca juga: Berbahan Dasar Nasi, Berikut Hidangan yang Bisa Anda Buat Di Rumah

Terlebih, Indonesia yang sangat kaya akan suku dan budaya, membuat hidangan berbahan dasar olahan mi menjadi sangat beragam. Cara penyajiannya pun cukup bervariasi, ada yang digoreng, direbus atau bahkan disajikan kering dengan siraman kuah sebagai topping-nya. Tentu saja, cara itu semua tetap akan menghasilkan hidangan olahan mi yang sama-sama lezat.

Baca juga: 10 Jenis Bubur Nusantara yang Melegenda

Lantas, olahan mi nusantara apa saja yang sepertinya perlu Anda coba? Melansir brilicious.brilio.net, berikut daftarnya.

Olahan Mi Khas Kota Kembang: Mi Kocok Bandung.

source: google image

Kota Bandung memang terkenal dengan surganya kuliner nusantara, salah satunya adalah Mi Kocok Bandung. Selain itu, bukan hanya kuliner tradisional saja, kuliner kekinian juga sangat beragam di kota ini.

Baca juga: Viral Odading Mang Oleh! Berikut 5 Kudapan Manis Khas Bandung yang Wajib Anda Coba

Ada satu hal unik pada olahan mi ini, yaitu proses pengolahannya dengan menggunakan wadah bergagang panjang yang berlubang, kemudian dicelupkan dan dikocok-kocok di dalam kuah panas. Akhirnya, terjawab sudah ya, kenapa olahan mi ini dinamakan Mi Kocok Bandung.

Baca juga: 5 Mie Kocok Legendaris di Bandung

Isiannya yang terdiri dari mi kuning, tauge, kikil, daging sapi yang dilengkapi dengan kuah kaldu sapi kental merupakan ciri khas dari olahan mi ini. Terkesan sangat lezat dan menggugah selera ya! Untuk itu, jika Anda berwisata ke Kota Bandung, sepertinya wajib untuk mencicipi Mi Kocok Bandung.

Digoreng, Ditumis atau Direbus Sama Lezatnya= Mi Aceh.

source: google image

Selain terkenal akan biji kopinya yang sangat nikmat, Aceh juga menyimpan hidangan olahan mi yang sangat khas, yaitu Mi Aceh. Memang, Mi Aceh merupakan satu-satunya hidangan khas dari tanah Aceh yang dapat Anda temukan di belahan Indonesia manapun.

Baca juga: Serba-Serbi Biji Kopi

Mi Aceh sendiri terbuat dari mi kuning yang dimasak dengan berbagai macam bumbu rempah, yang terdiri dari kunyit, bawang merah, bawang putih, jinten, kapulaga serta cabai. Sedangkan untuk pelengkapnya, biasanya diberi tambahan irisan daging sapi, udang atau bahkan cumi.

Baca juga: 5 Kumpulan Resep Mie Aceh yang Enak dan Bikin Nagih

Saat Anda mengunjungi rumah makan Mi Aceh, biasanya penjual akan memberikan tiga pilihan penyajian, bisa digoreng, direbus atau ditumis. Bagaimana, tertarik untuk mencoba kelezatan olahan mi dari Tanah Aceh?

Olahan Mi Kering Siram Khas Makassar, Mi Titi.

source: google image

Makassar juga memiliki olahan mi yang khas, yaitu mi titi. Mungkin bagi Anda yang belum pernah mencoba, akan bertanya-tanya, bagaimana rupa dari mi titi ini?

Baca juga: Lezat & Menggugah Selera, Berikut Hidangan Khas Makassar yang Wajib Anda Coba!

Jika Anda perhatikan, bisa dibilang mi titi merupakan olahan mi yang berbeda dari lainnya. Jika biasanya, mi akan dimasak terlebih dahulu agar bertekstur empuk dan kenyal, berbeda dengan mi titi yang digoreng terlebih dahulu hingga kering mengeras.

Baca juga: Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Begini Asal Mula Mie Titi di Makassar

Saat mi sudah dalam keadaan kering, selanjutnya disiram dengan kuah kaldu yang sudah ditambahkan dengan berbagai macam bahan, seperti sayuran, ayam dan udang. Sebagai sentuhan akhir, tidak lupa ditambahkan perasan jeruk nipis, acar dan taburan bawang goreng.

Citarasa Seafood Pada Olahan Mi: Mi Celor Khas Palembang.

source: @cookinganytime

Kita semua tahu, kalau Kota Palembang sangat terkenal dengan hidangan pempeknya. Namun Anda tidak boleh mengesampingkan satu-satunya olahan mi dari kota ini, mi celor namanya.

Baca juga: Hidangan Khas Kota Palembang yang Wajib Anda Coba

Olahan mi yang biasa dijadikan menu sarapan Orang Palembang ini, terbuat dari mi kuning yang dimasak dengan berbagai macam bumbu. Sedangkan untuk kuahnya, terdiri dari kuah santan dan kuah hasil rebusan udang atau yang biasa disebut kaldu udang.

Baca juga: Cara Membuat Kaldu Dari Udang

Selain itu, tidak ketinggalan perpaduan telur ayam, udang dan tauge sebagai pelengkapnya. Cita rasa seafood terasa semakin kental saat Anda mencicipi mi celor dengan perpaduan daging dengan kuah kaldu udangnya.

Dimasak Di Atas Arang, Bakmi Jawa Khas Yogyakarta.

source: google image

Salah satu hidangan wajib yang Anda coba saat berwisata di Kota Yogyakarta adalah Bakmi Jawa. Sama dengan Mi Aceh, Bakmi Jawa juga diberikan tiga pilihan penyajian, yaitu goreng, rebus dan tumis atau yang biasa orang Jawa bilang dengan istilah ‘mi nyemek’.

Baca juga: Cara Membuat Mie Nyemek Praktis

Satu hal yang membuat Bakmi Jawa berbeda dari lainnya adalah cara memasak yang menggunakan bara arang, sehingga akan terasa lebih sedap dibanding dengan menggunakan kompor. Untuk isiannya pun juga sangat spesial, yaitu penggunaan telur bebek dan suwiran ayam kampung yang membuat Anda semakin sulit untuk menolaknya.

Olahan mi memang kerap menjadi alternatif disaat orang malas untuk mengonsumsi nasi. Bahkan, saat ini sudah banyak merek-merek mi instan dengan berbagai macam rasa. Namun, tetap saja olahan mi nusantara selalu setia berada di hati penggemarnya.

Di atas adalah sebagian kecil dari olahan mi yang ada di Indonesia, dan masih banyak olahan mi nusantara yang belum KAWN ulas. Untuk itu, jika Anda punya daftar mi nusantara lainnya yang bisa KAWN ulas, silahkan tulis di kolom komentar ya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!