5 Olahan Ayam dari Berbagai Daerah Di Indonesia, Buat Nafsu Makan Anda Memuncak!

-

Karena rasanya yang enak dan mudah diolah, membuat olahan ayam merupakan masakan yang sangat digemari masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Mungkin cukup sulit mencari orang yang tidak suka dengan makanan berbahan dasar ayam, terkecuali jika ia seorang vegan.

Baca juga: Mari Lirik Bisnis Katering Vegan yang Kian Menarik

Selain kaya akan budaya dan suku daerah, Indonesia juga kaya akan aneka ragam kulinernya, salah satunya adalah masakan berbahan dasar ayam. Lantas, olahan ayam apa saja yang bisa Anda temukan di berbagai daerah di Indonesia? Seperti yang KAWN lansir dari cookpad.com, berikut daftarnya:


Ayam Goreng Kalasan

Source: Google Image

Olahan ayam pertama yang KAWN ulas adalah Ayam Goreng Kalasan. Jika Anda warga Yogyakarta tentunya sudah tidak asing dengan olahan ayam satu ini. Karena, Kalasan sendiri merupakan nama kecamatan di Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Ayam yang digunakan adalah jenis ayam kampung. Dalam pengolahannya, sebelum digoreng, Ayam Kalasan diungkep dengan beberapa bumbu-bumbu, seperti bawang putih, daun salam, lengkuas, serta santan kelapa.

Baca juga: Bukan Hanya Sebagai Penyedap Masakan, Kenali Ragam Manfaat Kesehatan dari Rempah-Rempah Berikut ini

Karena proses inilah yang akan membuat bumbu meresap hingga bagian dalam daging ayamnya.  Dalam penyajiannya, Ayam Goreng Kalasan dilengkapi dengan serundeng yang ditaburkan pada bagian atas ayam, sehingga saat Anda mencicipinya akan terasa renyah diluar dan gurih didalamnya, bagaimana, sungguh menggugah selera bukan?

Ayam Bumbu Bali

Source: Google Image

Ayam Bumbu Bali adalah salah satu olahan ayam yang sangat digemari di Pulau Bali. Beberapa bumbu yang dibutuhkan untuk membuat Ayam Bumbu Bali, seperti lengkuas, daun jeruk, tomat, kecap manis, kemiri, bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, garam serta terasi.

Baca juga: 5 Makanan Khas Bali yang Terkenal Enak, Rasa Unik dan Cocok di Lidah

Karena bumbu rempah-rempah yang cukup banyak menggunakan cabai, tentu saja akan membuat citarasa yang cukup pedas dan lezat pada makanan ini. Tidak lupa juga, sajikan dengan nasi hangat, merupakan perpaduan yang cukup sempurna untuk menggoyang lidah Anda.

Ayam Pop

Source: Google Image

Setelah kita main-main di Tanah Jawa dan Bali, rasanya kurang jika tidak memasukkan olahan ayam dari Tanah Minang untuk diulas. Ayam Pop adalah salah satu masakan olahan ayam yang berasal dari sebuah rumah makan sederhana di daerah Bukittinggi, Sumatera Barat.

Baca juga: 11 Makanan Khas Sumatera Barat, Lamak Bana dan Bikin Ketagihan!

Walau diracik dengan bumbu yang cukup sederhana, seperti bawang putih, bawang merah dan santan, namun ayam pop memiliki citarasa yang begitu gurih. Rahasianya adalah metode ungkep yang digunakan untuk mengolah ayam ini, yaitu ayam kampung diungkep dengan bumbu-bumbu, lalu direbus dan digoreng tidak begitu lama.

Ayam Cicane

Ayam cicane adalah masakan olahan ayam khas Samarinda, Kalimantan Timur. Olahan ayam ini biasanya digunakan sebagai hidangan utama dalam upacara adat. Namun seiring berkembangnya zaman, banyak masyarakat mengonsumsinya sehari-hari.

Baca juga:

Citarasa unik akan Anda dapati saat mencicipi olahan ayam ini. Selain gurih karena menggunakan santan, Anda juga akan merasakan sensasi rasa asam karena proses melumuri ayam dengan Asam Jawa. Sajikan bersama nasi hangat, tentu saja akan menambah nafsu makan Anda disaat perut lapar.

Garang Asem Ayam

Source: Google Image

Mungkin ini adalah satu-satunya olahan ayam yang disajikan dengan dibungkus daun pisang. Garang asem merupakan makanan tradisional khas Jawa Tengah.
Garang asem adalah masakan olahan ayam yang dimasak dengan cara dikukus yang didominasi oleh rasa asam. Jika ditambah dengan irisan cabai, garang asem akan terasa semakin menggugah selera dengan tambahan rasa pedasnya.

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Garang Asem yang Enak, Gurihnya Bikin Nagih

Cara mengolahnya pun cukup sederhana. Beberapa bumbu yang mesti disiapkan adalah bawang putih, bawang merah, cabai, santan dan yang paling penting adalah tambahan bumbu belimbing wuluh. Belimbing wuluh lah yang membuat olahan alam ini terasa asam segar.

Itulah beberapa masakan olahan ayam dari berbagai daerah yang ada di Indonesia, yang pastinya membuat nafsu makan Anda memuncak. Selain kelima olahan ayam diatas, mungkin Anda ada rekomendasi olahan ayam lainnya? Silahkan tulis di kolom komentar ya!